Definition of Linear vs Non Linear Video Editing

Adik adik dan Teman-teman smua …

Admin sama sekali bukanlah Editor Video yang profesional. Hanya kondisi yang Rejeki yang menjadikan sebagai Video Editor. Mau tau kisahnya BACA DISINI.

Sama sekali tidak terfikir buat saya. sejak kecil untuk menjadi seorang video editor.

Pandangan saya terhadap profesi editor

Bagi saya profesi sebagai seorang editor profesi penting. Mungkin kebanyakan orang suka nonton film. Dari jaman dulu sampai sekarang. cuma medianya aja yang berubah bervariasi, sesuai perkembangan zamannya.

Justru itu menjadi seorang editor adalah penting. Apapun profesinya, entah itu seorang guru, seorang dookter, apalagi penulis. Sebenarnya sangat penting 'bisa' mengedit video. Sayangnya tidak semua orang mau menekuni. Tapi justru disitulah peluang orang yang mau menekuni, sebab langka ?!

Jadi kalau anda ada yang berminat untuk jadi editor, w itu pilihan yang sangat baik, anda tidak akan rugi, saya jamin! Ilmu Pengetahuan, wawasan atau skill video editing, tak akan pernah rugi bila anda menguasainya. Bahkan anda termasuk orang yang sangat beruntung!

Pada kali ini saya akan sedikit berbagi, walaupun informasi ini kecil tapi tak ada salahnya untuk menambah wawasan. Sy sendiri tidak pernah sekolah editing, atau pun kursus dimana2 secara resmi. Banyaknya tidak resmi, bergaul dengan teman yang juga sama belajar editing, waktu itu bersama orang Thailand di Malaysia. Sebenernya sih tidak 'kursusnya' tidak bayar, tapi tiket pesawatnya lumayan mahall. .. sama ja? Nggak lah beda dong! Mau menyusun buku, sambil ngeblog. Berbagi sedikit ilmu yang udah dipelajari dan alami secara langsung tentang proses editing…

Untuk menjadi seoarang editor video tentunya kita harus tau apa itu editing…

Kalo menurutku editing itu adalah proses akhir dari sebuah produksi audio visual. Yaitu proses memilah milah (tau dah bahasa apaan tuh!) gambar / memilih gambar yang kemudian disusun hingga membentuk sebuah informasi atau cerita. Tentunya dengan memperhatikan irama gambar (termasuk inter cut), garis imaginer dan kontinuitas yang baik.

Walaupun sekarang tida begitu diperlukan lagi. Sebagai bahan pengetahuan Proses editing di era saat ini menggunakan dua cara yaitu proses Linier Editing dan Non Linier Editing. Tergantung dari kebutuhan dan situasi yang ada..

Perbedaan Linier Editing dan Non Linier Editing


Linier editing adalah proses editing secara langsung dari kaset (pita) ke kaset (Pita) dengan menggunakan media VTR ke VTR (Video Tape Recorder). Jadi VTR yang satu untuk media playback (tempat kita memilah milah gambar) dan VTR yang satunya lagi untuk media perekam hasil gambar yang kita pilah pilah tadi… saya pernah ngalami ini, ribet alias difficult sekali.


Non Linier Editing (NLE) adalah proses editing yang menggunakan media digital seperti computer. Proses ini tidak langsung seperti Linier Editing, karena audio video yang ada di kaset pita harus di transfer dulu ke Hardisk computer (proses transfer ini biasa disebut Capture). Setelah tahap Capture baru kita bisa melakukan tahap proses editing.

Proses Non Linier Editing ini biasanya menggunakan software yang mendukung proses editing seperti Adobe Premiere, Vegas Pro Avid, Final Cut Pro, Pinacle, Ulead dan masih banyak lagi.. Nah inilah yang kebanyakan digunakan oleh editor-editor masa kini. Terutamanya yang di luar Televisi.

hasil Render (Output) dari Linier Editing adalah Kaset Beta atau MiniDV
Hasil Render (Output) dari Non Linear Editing (NLE) bisa berupa file, VCD, DVD, BlueRay ... dl.


Jadi Kelebihan dan kekurangan Linier Editing dan Non Linier Editing (NLE)

Kelebihan Linier Editing.
– Estimasi waktu lebih cepat karena tidak melalui tahap capture dan rendering.
Kekurangan Linier Editing
– Hanya Cut to Cut (potongan gambar ke gambar lainnya saja) tidak memliliki efek transisi atow efek lainnya…

Kelebihan Non Linier Editing (NLE)
– Bisa menggunakan efek video dan transisi, serta grading color…
Kekurangan Non Linier Editing (NLE)
– Proses Editing lebih lama dibanding Linier Editing karena melalui banyak tahapan…

itu dulu sedikit pengetahuan dari w…
semoga bermanfaat…

Salam Editor

Yudi.

No comments

Powered by Blogger.