101 Strategi Kesuksesan Seorang Videographer dan Photographer

Selain beberapa hal di tulisan sebelumnya yaitu faktor Skill & Idea sebagai cameraman, editor, producer, tool/weapon/peralatan videography yang juga mempengaruhi kesuksesan seorang videographer, cameramen successfull video editor adalah Usaha Promosi dan Keberuntungan.

Inilah Strategi Kesuksesan Seorang Videographer atau Videographer

Baca Juga: 
Strategi dan Manajemen Penting. Strategi Pemasaran, bagaimana cara memenangkan tender (walaupun sebenarnya tidak ada tender) secara terbuka ternyata persaingan tender itu nyata. Bagaimana cara merebut pilihan hati calon client. Perlu strategi.

Managemen Keuangan & Investasi. Ini hal yang tidak mudah kalu tidak mau dibilang sulit. Sebab apa, uang itu kalau ada, berapapun banyaknya, dia akan habis menguap saja. Perlu ada strategi dan manajemen keuangan yang taratur dan terukur. 

Seorang Photographer atau Videographer Perlu punya Investasi. Kenapa, seperti disebut di atas kalau uang itu ada, dia akan habis terus! Kalau tidak pandai-pintai mengalokasikan atau mengatur pos pengeluarannya maka akan ludes dan GIGIT JARI, ketika perlu DANA & KEUANGAN itu SULIT mendapat PINJAMAN. Di sinilah perlunya strategi Keuangan.


  1. Beli Alat yang betul2 perlu, Godaan Racun Belanja Sangat Menggoda. Baru beli sebentar alat yang mahal, keluar alat baru. Begitu seterusnya, teknologi tidak henti-henti. Beli yang betul-betul vital dan
  2. Kamera Aksesoris Pilih-pilih apalagi yang mahal.
  3. Komputer yang mumpuni, Minimal Mid Level di bawah.

Selain yang inti sekali bagi seorang editor adalah Komputer Editing dan segala aksesorisnya. Kenapa, karena katalah ... SOAL upgrade PC ini PENTING, lebih penting dari tool/weapon yg laen, sblm upgrade spek kompi, sy nyesel invest di Gear lain, padahal kerja hampir 24 jam di depan kompi, yg lain sesekali, kayak crane portajib utk shooting video, drone, hanya sesekali dipakai ... klu dibelikan mac atau Kompi spek tinggi ... bikin kerja tambah asik kerja di meja editor!

Jimmy Jib atau Crane sangat keren position dan  moving kameranya, namun itu hanya dilakukan di lapangan, dan jarang sekali atau hanya sesekali dipergunakannya. Sedangkan komputer itu setiap hari setiap saat, bisa 24 jam sehari 7 hari seminggu duduk di depan Komputer. Jadi kalau mau investasi, belilah komputer yang mumpuni spek yang tinggi sekalian lebihkan sedikit dari badget, jangan tanggung2. 

Kalau saya untuk menghemat budget, beli yg seken, 1 level di bawah yang terbaru. Sekarang ini dengan Core i7 3700 RAM 32 GB (4 x 8 GB). HDD 4+3 Terrabyte. Baru Puas. Menyesal saya dulu beli, Portajib dengan harga yang lumayan cukup mahal untuk ukuran kantong editor cameramen kampung. Yang bener-bener make justru orang lain. Tapi nggak apa, untuk pengalaman. Justru itu saya menuliskannya di sini. Semoga ada manfaatnya dan ada yang ngambil pelajaran. Nggak salah dibeli itu portajib, Jimmy Jip, Dollytrack, tapi sesuaikan prioritasnya dan perkembangannya. 


Hal lain Hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan atau keberhasilan seorang videographer juga adalah:

Inilah yang mempengaruhi kesuksesan seorang videographer atau movie maker:
  1. Blogging. Ngeblog atau Blogging pada awalnya adalah sampingan buat saya, belakangan ini baru seriusan, itu yang saya lakukan, kebetulan usaha jasa saya yang dipromosikan lewat blog jadi tambah .... jreng. Lumayan walaupun 1 tahun sekali gajian dari Adsense, tapi dari Usaha yang dipromosiin blog sebagai usaha kerja full time saya sehari2 cukup terbantu ... walaupun blog or website a little few visitor, sepi pengunjung tapi 1 click nilai bisa setara $100 CPC. Untuk kedepannya smoga platorm blogging ini jadi lahan menulis yang serius dan juga untuk dapat passife income sebagai pensiunan ... semoga ...
  2. Promoting
  3. Editing
  4. Learning
  5. Inovating
Jadilah update dan terus belajar! Kecanggihan alat dan piranti lunak itu terus berubah dan bertambah.

No comments

Powered by Blogger.