Video Hasil Render Burning Laging Macet atau Sendat-sendat

Bagi seorang Video Editor baik yang menggunakan apapun softwarenya, baik menggunakan keluarga software Adobe family, atau Sony, Pinnacle, Edius, Shortcut, atau lainnya.

Data Video Sendat-sendat atau patah-patah, terutama yang sudah di burning adalah masalah crusial.

Video patah-patah kemungkinan ada beberapa sebabnya.

Kalau patah-patah di play di komputer atau Laptop berarti file berat, atau

Cek fps (speed video) yang digunakan apakah masih di area maximum yang direkomendasikan atau sudah lewat jauh.

 

Kalau video berada di kepingan CD/VCD, atau DVD patah-patau atau macet di Player. Cek Playernya dengan memutar VCD/DVD lain. Kalau Lancar berarti Proses burningnya.

Selain Spek komputer yang disarankan untuk game dan editing. Harddrive atau DVD/CD Writernya yang Bagus dan sesuai kapasitar umur yang disarankan.

Atau sudah melebihi.

Cek hasil burning … apakah putih polos atau ada garis-garis?

Belum ada batasan berapa lama CD/DVD writer boleh digunakan. Atau berapa banyak batas yang boleh dipakai. Misalnya 1000, 2000 atau berapa.

Sebab kualitas CD DVD Writer sendiri berbeda-beda. Dan apakah, CD Writer itu dipake untuk membuka CD/DVD yang rusak, membuka file misanya, yang sudah berdebu, atau yang sudah rusak atau parah kondisinya tidak?!

Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menjaga Kualitas Hasil Render Burning, sebaiknya:

1). Ganti CD/DVD writer secara berkala, apalagi kalau banyak dipake burning atau copy. 2). Jangan dipakai untuk membuka file yang CD/DVDnya sudah rusak.

Upgrade Komputer

Cara Mengatasi Video Hasil Render Burning VCD DVD Sony Vegas Pro Macet atau Sendat.

Sungguh lemas, kalau mendapat komplen dari klien kalau  sekiranya Output akhir, result video editing dalam format CD/VCD/DVD macet-macet, sendat-sendat ketika diputar atau di-play oleh klien di depan mata kita.

CD macet atau patah-patah atau  nge-lag atau lagging banyak penyebabnya.

Sudah capek-capek syuting vidio, ngedit berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan ternyata hasil render video final, ternyata patah-patah atau malah berhenti stop sama sekali.

Bukan editor atau videografer handal namanya kalau karena ada masalah sedikit terus menyerah dan berhenti berusaha. Terus cari solusi sampai membuat video yang lebih baik dan tidak lagging, patah-patah atau stopped not responding.
Selagi bisa kenapa tidak diusahakan mencari solusinya. Hasil final akhir video sendat-sendat, patah-patah atau mati total (stopped playing) sama sekali mungkin diakibatkan oleh banyak sebab/hal. Namun seringnya oleh beberapa hal berikut ini:

Baca Juga:
Gagal Render Tidak Bisa Render di Sony Vegas Stopped
Render Video di Sony Vegas Berhenti oleh sebab yang tidak diketahui

Cara Mengatasi Video Hasil Render Sony Vegas Pro Macet-macet atau Sendat atau patah-patah?
Kemungkinan Penyebab:

Storage atau media penyimpanan saat pengambilan shooting kurang support. Kamera keluaran terbaru sekarang menggunakan media penyimpanan berupa memori internal dan external. Jika media yang external tidak support, seperti yang diperlukan memori MMC/SDHC class 10, tapi yang digunakan adalah class 6 atau di bawahnya, yang kecepatan writingnya lambat, jadilah hasil akhir render macet/nge-lag atau sendat-sendat.

Proses Editing. Komputer yang digunakan kurang standar, sehingga berat. Akhirnya pas dirender ya berat, dan hasilnya sendat-sendat. Sebaiknya hindari menggunakan laptop atau komputer, apalagi yang spek rendah. Mutlak penting komputer editing yang memadai.

Proses Burning. Ganti perangkat burning secara berkala atau setiap 1000-2000 keping.

Cara Mengatasi Video Macet-Macet atau Lagging:
Untuk mengatasi hasil vidio macet-macet atau nge-lag, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Render Video ke format AVI. Coba render project yang di timeline Editing ke format video DV *.AVI dulu, bisa PAL DV (4:3) atau PAL DV WIDE (16:9), baru kemudian dirender ulang ke format yang diinginkan MPEG2 atau mpeg 1. Tapi kelemahan kekurangan cara ini, biasanya kualitas video jadi ngedrop atau turun, gambar kurang tajam. Tapi lebih baik dari pada ngelag atau atau patah-patah kan.

  2. Cek DVD/CD Writer/Burner. Kalau file vidio diplay di komputer lancar, tapi Play CD/VCD/DVD sendat-sendat atau macet-macet, ada kemungkinan proses burning atau Burner (DVD/CD Writernya) itu sendiri yang bermasalah. Coba ganti Writer/Burner yang Baru. Dan sebaiknya secara berkala mengganti CD/DVD writer supaya hasil yang buruk bisa diantisipasi

Catatan Penting:

Sekadar catatan kecil, tapi penting dan perlu diperhatikan.

Usahakan Waktu merender, sebaiknya dilakukan di komputer tidak dilaptop. Juga sediakan komputer yang sehat, yang khusus dipersiapkan untuk merender. Tidak melakukan aktivitas lain yang memperberat kerja komputer/laptop dengan membuka program lain, apalagi program yang berat-berat. Bahkan walaupun cuma sekedar browsing.

Sebaiknya pas render ya kita istirahat atau gunakan komputer/laptop lain untuk pekerjaan lainnya. Komputer lain mengerjakan editan atau kerjaan lain pula.

Demikian juga waktu proses burning (burn) – Hindari atau jangan sama-sekali mengganggu dan memperberat kinerja komputer, yang sudah berat. Komputer yang High End (spek tinggi) aja berat pas ngerender atau ngeburn, apalagi komputer yang low.

Semoga tips tersebut bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Jika ada menemukan ide atau cara baru, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar atau memberi masukan di kolom komentar di bawah ini.

Perlu diketahui, admin juga masih belajar, cuma sekedar berbagi, siapa tahu ada manfaatnya.

Atau silakan add akun facebook admin DI SINI. Terima kasih atau segala perhatiannya. Semoga pekerjaannya sukses dan Lancar.

Related Search:

1 thought on “Video Hasil Render Burning Laging Macet atau Sendat-sendat

Berikan Ulasan Di sini