Pentingnya Belajar Video Editing di Era Globalisasi

Apapun pekerjaan atau profesi kita saat ini, apapun usaha yang digeluti, apapun disiplin ilmu yang didalami, tidak ada ruginya mengenal dunia video editing, bahkan justru banyak untungnya dan penting.

Mungkin menjadi video editor belum dianggap profesi yang bergengsi, ya itu dulu, sekarang tidak lagi. Malah justru sebenarnya sangat menunjang dan menopang profesi pekerjaan dan status bergengsi itu sendiri.

Investasi yang paling baik adalah Investasi Ilmu Pengetahuan. Tidak Susah Menjaganya Bahkan Meringankan beban kita, tidak seperti Investasi dana atau harga, siang malam kita pusing memikirkan dan menjaganya.

Sejak semakin glamournya dunia maya terutama dengan kehadiran sosial media yang semakin hari semakin menggila.

Sudah mulai dikenal dan digandrungi apa yang namanya Youtuber, Selebgram, bahkan para artis sendiri sudah mulai banyak yang mencari dan mengumpul liker follower subscriber dengan membuat channel youtube fanpage facebook ataupun promote akun instagramnya. Bagi artis mungkin agak sedikit lebih mudah. Sedang yang bukan artis harus lebih berjuang dan berstrategi dalam usahanya mencapai tujuan yang diinginkan.

Itu semua adalah fenomena gunung es. Di balik itu ada orang-orang bekerja sekaligus sebagai content creator, cameramen, editor video. yang kerjanya di depan layar monitor, tapi sangat penting peranannya, penentu kesuksesan youtuber, selebgram atau apa aja termasuk produk atau jasa yang di-promote-kan dalam bentuk video, di berbagai bentuk channel atau situs, apakah itu youtube, instagram, facebook dll. Justru itu di sini kita harus memahami betapa ..

Pentingnya Belajar Video Editing di Era Globalisasi


Menguasai teknik editing sama sekali tidak ada ruginya. Pernah saya serius menawarkan/ajarkan kepada saudara saya yang kerja sebagai assisten dosen sambil kuliah S2, dia cuek aja ... belagak nggak butuh. Eh tahunya ... Pas sudah pindah ke luar daerah, dan dapet tugas bikin media pembelajaran / presentasi ... perlu edit-edit video! Baru dia telpon.

Lha dulu kemana mas? Kenapa cuek aja ditawari secara Gratis belajar Video Editing?
Mentang-mentang kita nggak lulus kuliah kali ya? Gengsi dianya kali belajar sama orang gak lulus kuliah, lalu disepelekan ...?

Mengenal dunia editing itu rumit tapi mengasyikkan. Mengerti teknik editing membuat kita jadi masyarakat cerdas dan kreatif. Dan orang kreatif dimana pun keberadaanya akan selalu dicari orang. Jadi bukan cuma nonton aja bisanya. Be Creative! Jadilah ayam Kampung, Jangan jadi ayam Ras. Yang hidupnya nunggu makanan datang. Ayam Kampung mencari makanan itu keluar!

Generasi ayam ras atau ayam negeri - maunya makan disuapin/disediain ... Jadilah seperti ayam kampung - mandiri, berusaha sendiri dan berdikari ...

BACA JUGA:
  1. Pengertian Video Editing
  2. Sejarah Video Editing
  3. Dasar-dasar Video Editing
Baca : 5 Software Editing Video Terbaik

Satu hal yang perlu digaris bawahi, skill video editing itu PENTING, dan memang sangat penting. Minimal skill kemampuan yang dasar-dasar dan yang simple-simple saja, itu cukup memadai. Keperluannya nanti bukan saja untuk sarana hiburan semata, bahkan untuk mendulang rupiah dan dollar, ratusan hingga ribuan dollar, jutaan, puluha juta, bahkan ratusan juta?!Tapiitu tidak mudah. Perlu perjuangan dan Latihan.

Banyak di antara editor itu yang tidak punya skill atau background editing video sama sekali. Atau dengan kata lain, editing vidio bukan pekerjaan utamanya. Tapi karena tuntutan penghasilan atau hanya untuk sekedar sering-sering sharing, memaksakan diri belajar mengedit video, sampai BISA, dan ternyata memang BISA! Hasilnya sungguh sangat menakjubkan. 

Cuma justru sangat disayangkan dan sedikit ironi, sedikit aja, ada kalau tidak banyak, ada "pakar" video editing, yang pekerjaannya sehari-hari bersusah payah meliput acara, kemudian mengedit videonya, siang malam, kadang smapai pagi, kalau tidak tahu cara lebih memberdayakan karya sesuai profesinya, supaya lebih menghasilkan lagi, malah dengan cara yang lebih mudah walaupun perlu ilmu khusus. 

Soal rejeki itu smua di tangan Tuhan,Its oke. Cuma mbok ya sangat di sayangkan saja toh, susah payah mencari rezeki, kadang dengan jalan mondar mandir bawa kamera, kadang berlari sana berlari sini, kmudian duduk atas kursi hingga pagi, mainkan keyboard dan mouse untuk bikin video liputan itu sehingga sampai jadi atau layak ditonton. Jadi kuli "razor" and "V" sehari-hari. Kadang tidak selalu ada job, alias ada musimnya sepi. Sedangkan dengan skill yang dimiliki itu bisa mendulang rupiah dengan lebih mudah, kalau tahu ilmunya.

Oke itu intro pentingnya skill video editing dalam kehidupan, pada kali ini saya akan berbagi sedikit tips, bagaimana me-render video di Vegas Pro (terserah itu Vegasnya itu terserah Versi berapa Baik itu Vegas Pro 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, atau apa pun program software editingnya, maaf di sini tidak membahas softwarenya itu Original atau Bajakan). Di sini hanya membahas bagaimana cara merender hasil final video, bisa menghasilkan hasil final akhir render dengan Kualitas HD Quality, tapi file tetap ringan dan gambar Kualitas Bagus alias Cling.

  1. Definisi Pengertian Video Editing
  2. Sejarah Video Editing
  3. Tujuan Video Editing 
  4. Dasar-dasar Video Editing
  5. Manfaat Pentingnya Video Editing dalam Kehidupan Modern

Penelusuran yang terkait dengan pentingnya video editor
  • sebutkan 3 fungsi pembuatan video editing
  • pengertian editing video menurut para ahli
  • artikel editing video
  • tujuan editing video
  • pengertian editing audio
  • fungsi dalam tahapan editing video
  • apa yang dimaksud dengan timeline dalam editing video
  • sejarah editing video

2 comments:

  1. mantap gan... artikelnya berguna banget bagi yang butuh dan saya membutuhkannya.
    sayang banget nih kalau kamu tidak punya skill editing
    memang apasih manfaat menjadi video editor ?

    banyak banget sob, kamu bisa mempunai gaji yang besar, menjadi youtuber terkenal, berbagi ilmu dengan mudah dan sangat difahammi bagi pemula.

    so, ayo belajar video editor karena sangat banyak dicari oleh orang sekitar loh. dan sering di pakai keseharian
    belajar bareng bersama #dumetschool dan #vizerweb
    http://www.vizerweb.com/2018/08/mengapa-kamu-harus-belajar-video-editing.html

    #belajar #videoeditor #videoediting #dumetschool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Dumet school kah? Wah kebetulan. Bisa bekerja sama nggak? inbox no WA saya di 0811-661-160.

      Delete

Powered by Blogger.