Uang Baru Indonesia Palsu Hati-hati Penipu

Pada akhir tahun 2016 lalu, Bank Indonesia secara resmi mengeluarkan 11 seri baru uang rupiah. Informasi tersebut telah terdengar hingga semua lapisan masyarakat. Kendati demikian, belum semua masyarakat menerima uang keluaran baru dari Bank Indonesia.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui bentuk dan rupa dari uang terbaru. Seperti yang dialami oleh seorang penjual cincau dalam cerita ini.

Ia baru saja menerima uang baru senilai Rp 10.000. Uang tersebut ia terima dari seorang pembeli. Sempat merasa ragu dengan uang yang diterimanya, ia bertanya kepada pembeli lainnya.

Setelah menunjukkan selembar uang bergambar pahlawan Frans Kaiseipo, pembeli itu pun menjawab. "Ini palsu, Pak. Tuh ada tulisan mainannya, Pak."

Kisah lengkap tentang penjual yang menerima uang palsu ini dibagikan oleh netizen bernama Erick Masterlie melalui akun Facebooknya.

foto: facebook.com/@emasterlie

Dikutip brilio.net dari akun Erick pada Jumat (7/4), berikut kutipan cerita lengkapnya.

"Iseng2 jajan cincau di deket rumah. Habis bikin es cincaunya, si bapak yang jual nanya gw sambil tunjukin duit.

Bapak (B): "dek mau nanya ini uang asli apa ngga yah?"
Gw: "ini palsu pak. Tuh ada tulisan mainannya pak. Dapet darimana?"
B: "tadi sebelumnya ada yang beli, kasihnya sambil dilipet, sempet liat sebentar trus ragu. Udah bapak panggil tapi udah jauh. Yang beli pake mobil juga tuh."

Seriously, yang ngasih ini udah pasti sengaja. Buat siapapun yang ngelakuin ini, hidup lu ga bakal berkah. Sampe segitunya mau kerjain rejeki orang. Beli mobil mampu, tapi beli cincau musti gitu.

Buat si bapak jual es cincau. Mudah2an rejekinya makin dilancarkan.

Nb: sorry for the rant. I didn't use to make this kind of post. But seriously, this really pissed me off."

foto: facebook.com/@emasterlie

Pada selembar uang yang diterima penjual cincau memanglah uang palsu. Terdapat kata 'BANK MAINAN KITA' dan 'UANG MAINAN'.

foto: facebook.com/@emasterlie

Banyak netizen menilai orang yang menyerahkan uang palsu kepada penjual ini dilakukan secara sengaja. Tak sedikit yang mengecam aksinya. Postingan ini telah dibagikan kepada ratusan akun di Facebook.

Akun bernama Kazuki Kana Masa berkomentar, "la bayar pake uang mainan! Gila kasian tu yg jualan... modalnya jd ilang!!!""

"Miris..kasihan yang gk bisa membaca pasti ketipu karna hampir sama..," tulis akun Amin Sugiyanto.

"Bukanya ngasih lbih mlh nipu, matinya bgmna ntar tuh orang," cecar akun Iswanto Dimas.

Sementara itu, akun Arief Santos ikut mendoakan semoga penjual mendapat rejeki pengganti. "Astaghfirullah.. tenang ja pak, pasti dapat penggantinya lebih baik lagi koq... aamiin."

Duh, tega bener ya itu pembelinya? Kejadian ini bisa jadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dalam menerima uang. Hati-hati Penipu Uang Baru Indonesia Palsu.

No comments

Powered by Blogger.