5 Software Video Editing yang Ringan di Laptop atau PC

Editing merupakan permainan imajinasi dan kreativitas untuk membuat sebuah video dengan keinginan kita. software editing merupakan alat bantu untuk mengembangkan hasil akhir dari sebuah skrip atau skenario yang kemudian direkam oleh kamera video dan diakhiri dengan editing, yang mana editing adalah tahap akhir dari proses produksi.

Berikut adalah:

5 Software Video Editing yang Ringan di Laptop atau PC

1. MOVIE MAKER

Spoiler for :


Windows movie maker merupakan software editing bawaam dari microsoft windows me, xp, dan vista. Merupakan software untuk menggabungkan dan mengedit video yang cukup mudah penggunaanya.

Membuat video dengan movie maker ini tidak terlalu sulit. Selain dapat merekam gambar dengan menggunakan webcam pada laptop atau komputer, kita juga bisa mengambil gambar atau video dengan camera Handphone smartphone, Camera DSLR atau camera camcoder dengan cara import video, image, music sebagai bahan untuk pembuatan video keunggulan dari software ini kita tidak perlu menginstal terlebih dahulu, kapasitas sebagai software bawaan menjadikan software ini lebih ringan.

Tidak perlu memberikan tambahan spek khusus pada komputer kita. tapi fitur dan fasiliatas yang dimiliki windows movie maker masih terbatas jika dibandingkan dengan software pengelola video lainnya.

2. SONY VEGAS PRO

Software Sony Vegas atau Vegas Pro ini merupakan salah satu software yang cukup lengkap fitur interface editnya sehingga bisa digunakan sebagai software edit Pro atau semi pro, namun masih sangat ringan digunakan baik di PC ataupun laptop untuk proses editing.

Keunggulan lain dari Vegas pro adalah file sampahnya tidak banyak atau bahkan hampir tidak ada, tidak seperti Adobe Premiere Pro, baru sebentar ngedit aja terus langsung penuh, dan spek komputer yang dibutuhkan juga gak tanggung-tanggung, spek dewa.

Pada pengeditan video, Vegas Pro dapat mendukung penggunaan skrip sebagai automation editing ataupun efek dalam pembuatan proyek video. File project yang dihasilkan vegas akan berakhiran .veg. dengan demikian, pemilihan vegas sebagai editor video dapat memberikan kebebasan dalam berkreasi membuat video, tanpa memerlukan spesfikasi hardware yang tinggi namun, dapat memberikan bentuk timeline pengeditan yang bagus dengan kinerja software yang ringan.

Sony vegas ini atau Vegas Pro Admin pernah pake lama  Itu dari versi Sonic foundry vegas РSony Vegas 4 (sejaman dengan Adobe Premiere 6.0 atau 6.5, Sony Vegas 5, Sony Vegas 6, Sony Vegas 7(Paling bagus) Masih bisa render VCD (mpeg 1), Mulai dari Vegas Pro 8, mulai banyak kendala (bug) , Vegas Pro 9, update sedikit dari versi 8, vegas pro 10 skip РVegas Pro 11, 12, 13. Sejak Vegas Pro 15 sudah ganti ke software lain, yang lebih berat, tapi lebih profesional.

3. COREL (ULEAD) VIDEO STUDIO


Ulead Video Studio merupakan salah satu basic software editing, atau biasa juga disebut software rumahan.

Software ini juga sering dikategorikan sebagai software editing untuk pemula. kita bisa instal aplikasi ini di komputer rumah dengan spek yang standar. Namun standarnya aplikasi ini tidak membuat ulead video studio menjadi software yang biasa saja. Kita bisa membuat karya video dengan kualitas gambar dan editing yang bagus dengan software ini.

Dalam perkembangannya Ulead Video Studio sudah mengeluarkan beberapa bersi dari versi 6,7,8,9,10 dan 11. Secara global tidak ada perubahan yang sangat berarti dari berbagai versi pada software ini, tetapi pada dasarnya tetap sama dan mudah untuk dimainkan.

4. ADOBE PREMIERE PRO

Spoiler for :


Adobe Premiere Pro dibuat oleh Adobe system Inc, yang merupakan pembaharuan dari beberapa versi adobe premiere. Adobe premiere pro merupakan salah satu software yang popular digunakan secara luas, karena software ini sudah memenuhi beberapa kebutuhan untuk Broadcast. saat ini adobe premiere merupakan salah satu keluarga besar adobe creative suite. namun untuk memulai proses pengeditan pada software ini tidak semudah beberapa software yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dari segi kualitas, ketiga software diatas belum mampu menyaingi Adobe Premiere Pro. Kelengkapan fitur dan tools yang ada pada software ini sangat komplit bahkan hampir bisa dibilang sempurna. Kita bisa menambahkan beberapa plug in yang dijual terpisah. Untuk menjalankan software ini kita perlu persiapan spesifikasi komputer spek tinggi minimal RAM 4 -128 GB Space HDD minimal 100 GB – Puluhan Terry (Ribu) GB.

 

5. Short Cut

Software atau aplikasi editing video Short Cut adalah aplikasi yang Ringan dan Gratis

1 thought on “5 Software Video Editing yang Ringan di Laptop atau PC

Berikan Ulasan Di sini