Hal Penting yang Patut Diketahui Pemilik Drone

Belakangan fenomena drone atau pesawat tanpa awak sering digunakan untuk pengambilan video atau foto yang tak bisa dijangkau dengan alat konvesional.

Namun, bagi para pemilik drone perlu memperhatikan segala sesuatunya, agar benda premium itu tak mudah rusak. Pasalnya, kalau harus mengganti salah kompenennya bisa merogoh kocek jutaan rupiah.
"Pertama, rentan itu dari operator (pilot) yang harus terlatih, itu paling penting. Dia harus punya basic minimal pernah menerbangkan aeromodeling, harus tahu prosedurnya. Kalau tidak, drone akan jatuh dan rusak," ujar Retra dari Cakrawala Creative di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat malam, 31 Oktober 2014.
Cakrawala Creative, yang kerap mengoperasikan drone untuk kebutuhan video, memamerkan drone di booth Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dalam pameran di Indocomtech 2014
Selain itu, kata dia hal yang perlu diperkatikan pemilik drone yaitu baterai. Pasalnya, kata Retra, baterai cukup mahal sekitar Rp1-4 jutaan, bila harus menggantikannya.

"Penggunaan drone tidak boleh over limit karena baterai akan gampang kembung. Baterai ini terbuat dari lithium polimer. Jadi, harus disisakan beberapa volt," ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, pemilik drone harus bisa memperhatikan tempat yang akan diterbangkannya, jangan sampai mencelakakan orang lain.

"Minimal harus save, artinya jangan sampai tempat yang diterbangkan drone bisa menjatuhi orang di bawahnya. Drone ini beratnya bisa dari 2,5 hingga 8 kilogram," kata Retra.

Ia menambahkan, pemilik drone juga perlu mempunyai keahlian dalam membaca cuaca seperti angin. Menurutnya, angin bisa memengaruhi jelejah pesawat tanpa awak tersebut.

"Angin jangan sampai melebihi kekuatan daya tahan drone, karena kalau kecepatan angin yang kuat, bisa kehilangan kendali dan jatuh," ujar Retra.

No comments

Powered by Blogger.