Seberapa Pentingkah Fungsi Drone Buat Videographer

Mengapa Fungsi Drone Penting Dalam Memudahkan Kita?

Saat ini hampir dibeberapa media baik televisi, film layar lebar, maupun di internet kita dapat menemukan gaya pengambilan gambar seperti mata elang (Hawk Eyes). Hal ini tentu menambah pengalaman dan keseruan tersendiri bagi yang menyimak, dan disitulah fungsi drone menjadi vital.
Masih ingat dengan kasus macet yang menimpa Tol Brebes saat lebaran kemarin? Atau Sejumlah aksi unjuk rasa damai yang terjadi hari ini? Bagaimana stasiun televisi mendapatkan gambar dari atas kerumunan massa yang memadati jalan?
Atau pernahkah anda melihat iklan luar atau film – film terkenal di Hollywood yang mengambil gambar si tokoh utama dari dekat kemudian menjauh? Ya, itu semua karena mereka menggunakan sebuah alat bantu pengambil gambar yang dikenal dengan nama drone. Apa itu Drone?
Drone pertama kali diistilahkan sebagai pesawat tanpa awak. Drone awalnya digunakan oleh angkatan militer AS sebagai bagian dari peralatan tempur untuk mengintai musuh. Namun seiring dengan perkembangannya, fungsi drone beralih ke dunia hiburan, media massa, bahkan penunjang pekerjaan.
Drone atau pesawat tanpa awak dalam dunia militer terdapat 2 macam, pesawat yang dikendalikan dengan remote kontrol dan pesawat yang dipasangi sistem untuk bergerak sendiri. Tentu saja untuk drone yang dijual bebas adalah drone dengan kendali remote kontrol saja.
mengapa fungsi drone penting bagi kehidupan kita
Salah satu tipe remote control milk Dji
Seperti yang dijelaskan diatas, mengapa fungsi drone begitu populer saat ini? Kita tahu bahwa jarak pandang manusia terbatas ruang lingkupnya, begitupun dengan pengambilan gambar yang dilakukan oleh kamera. Karena itu kita memerlukan sebuah alat untuk menambah ruang lingkup penglihatannya.
Dulu, banyak produser luar negeri yang rela merogoh kocek jutaan dollar untuk mendapatkan shooting yang maksimal dengan menyewa sebuah helikopter. Dengan adanya drone, tentu menghemat pengeluaran harga produksi bukan?
Selain dibidang perfilman, fungsi drone juga seringkali terlihat pada liputan berita terkini. Meliput kemacetan sepanjang tol kini bukan jadi kendala. Bahkan Kepolisian RI juga memiliki unit yang khusus memegang drone guna mengurai kemacetan.
Tak melulu urusan pekerjaan, jika anda melakukan jogging di hari Minggu, bisa ditemui anak – anak muda yang sedang mengendalikan drone untuk sekedar ber-selfie ria, atau merekam keramaian di alun – alun. Hal ini tentu jauh lebih aman daripada harus melakukan adegan – adegan selfie ditempat tinggi yang berbahaya.
Saat ini merk drone yang terkenal dipasaran adalah drone DJI Phantom yang dikeluarkan oleh DJI. Mengapa dji terkenal? karena Dji adalah salah satu perusahaan yang fokus pada fungsi drone sebagai penangkap gambar. Mereka tidak hanya menjual drone namun juga menjual berbagai macam kamera yang dipasang pada drone.
Mengapa fungsi drone penting bagi kehidupan kita
Drone merk Dji Phantom 3 yang populer
Untuk harganya sendiri, Drone DJI Phantom 3 yang populer dijual seharga US$ 999 atau setara dengan Rp. 12,9 jutaan. Dji Phantom 3 menawarkan rekaman video hingga 4K dengan kamera 12 Megapixel. Kelebihan drone ini dibanding drone lain adalah fitur layar HD yang bisa digunakan untuk memantau gambar yang diambil saat drone diterbangkan.
Sebenarnya masih banyak perangkat serta merk yang memiliki fungsi drone dengan harga yang jauh lebih murah. Jika anda memiliki pesawat remote control, tinggal gantungkan webcam atau kamera wireless untuk memantau hasil rekamannya. Atau jika anda memiliki kamera seperti Go-Pro, anda juga bisa meletakkannya dibawah pesawat.
Itulah fungsi drone sebagai perangkat yang memudahkan pekerjaan manusia. Tidak hanya di Industri perfilman, warta berita ataupun institusi keamanan saja, kontraktor bangunan pencakar langit juga seringkali menggunakan jasa drone untuk menangkap gambar bangunan dari atas gedung.

No comments

Powered by Blogger.