Windows Scripting Host (sering disingkat menjadi WSH) adalah sebuah aplikasi yang mendukung fungsi-fungsi skripting di dalam sistem operasi Windows 2000Windows NT Option PackWindows 98Windows XP, dan Windows Vista yang mengizinkan para administrator untuk mengeksekusi skrip-skirp untuk beberapa tugas administratif, baik itu menggunakan cscript.exe maupun wscript.exe.

Windows Scripting Host ini mendukung banyak bahasa skrip, meski yang sering digunakan adalah VBScript dan JScript. WSH mengizinkan skrip-skrip tersebut agar dapat dijalankan secara langsung tanpa harus dimasukkan ke dalam dokumen HTML. Selain VBScript dan JScript, kita juga dapat menambahkan bahasa skrip lainnya seperti Perl atau REXX.
Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Scripting_Host

Baiklah, kita langsung saja ke permasalahan yang pernah saya alami dan akan saya bagikan ke Teman-teman. Kemarin, ketika saya hendak menginstall driver Chipset pada Laptop Toshiba C600, tiba-tiba muncul window seperti pada Gambar dibawah ini.
Windows Script Host Terblokir Oleh Smadav
Saya bingung dengan window yang muncul seperti di gambar di atas, padahal sebelumnya saya sudah sering install driver Laptop tersebut dan baru kali ini mendapati ERROR seperti di atas. Kemudian saya coba searching di MBAH GOOGLE. Saya coba beberapa tutorial untuk mengatasi masalah Windows Script Host yang terblokir atau terdisable, namun masih tetap belum berhasil.


Setelah lama mencoba dan terus mencoba tapi tak kunjung berhasil, kemudian saya mendapati window seperti dibawah ini.
Windows Script Host Terblokir Oleh Smadav
Nah ternyata window tersebut merupakan petunjuk yang dikirim oleh smadav ke saya, HEHE.. Pada Window tersebut kalau di translate artinya: "Windows Skrip dan Makro telah dinonaktifkan oleh Smadav untuk alasan Keamanan. Anda dapat mengaktifkannya..bla, bla, bla....". Intinya Smadav lah yang telah memblokir Windows Script Host pada laptop saya. Untuk mengaktifkan Windows Script Host, silakan cari ion Smadav di taskbar sebelah kanan bawah dekat jam.
Windows Script Host Terblokir Oleh Smadav
Kemudian klik kanan pada ikon Smadav tersebut, klik pada bagian "Allow Windows Script & Macro (Forever)".
Windows Script Host Terblokir Oleh Smadav
Setelah melakukan langkah tersebut, saya kemudian mencoba untuk menginstall kembali driver Chipset pada Laptop saya, dan proses install berjalan lancar tanpa ada gangguan.
Nah, sekian pengalaman saya tentang Cara Mengatasi Windows Script Host yang terblokir atau terdisable oleh Smadav. Mungkin ada yang punya masalah yang sama dengan yang sudah saya alami, artikel ini mungkin dapat membantu anda. Tetapi bagi yang masih mendapat kesulitan silakan Komentar, siapa tau ada Teman-teman blogger yang bisa membantu. Sekian untuk artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi orang banyak.