Spek Komputer Minimal Untuk Video Editing Format 4K

Spek Komputer Minimal Untuk Video Editing Format 4K

Ingin mengedit cuplikan Video berformat 4K?  

Membutuhkan mesin yang lebih besar dan lebih baik untuk menangani semua data itu?  

Menentukan sistem komputer terbaik untuk mengedit cuplikan 4K sedikit lebih rumit daripada hanya melihat persyaratan sistem perangkat lunak pengeditan yang ingin Anda gunakan.  

Anda perlu mempertimbangkan keseluruhan alur kerja produksi Anda untuk menentukan persyaratan minimum pekerjaan yang Anda lakukan, bukan minimum perangkat lunak yang akan dijalankan.

Untuk memulai, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan tentang proyek Anda. Apa jenis rekaman yang akan Anda edit: R3D, CinemaDNG, ProRes, XAVC S, mp4? Seberapa kompleks proyek Anda: tembakan tunggal, kamera tunggal, multi-kamera, animasi, VFX? Apa format output Anda? Berapa lama Anda harus mengirimkan suntingan Anda? Akhirnya, apakah Anda mengedit secara online atau offline?

Offline Editing, Nothing to Do With the Web

Pengeditan offline mengacu pada pengeditan proxy rekaman sumber asli; Pengeditan online adalah memotong materi asli. Jika Anda tidak harus segera mengirimkannya maka Anda bisa mengeditnya secara offline. Pengeditan offline juga bisa menjadi pilihan bagus jika Anda hanya mengirim HD. Lihat "Mengenal Mengedit Offline" untuk informasi lebih lanjut tentang topik ini.

Dimana pengeditan offline membutuhkan lebih banyak waktu dan ruang penyimpanan, ini memungkinkan Anda mempermudah dalam mengedit rekaman Anda. Ini bisa membantu sistem yang kurang kuat berjalan lebih lancar. Jika Anda bekerja dengan cuplikan minimal 4K dan pengeditan terakhir Anda tidak terlalu lama, seperti promo singkat atau video musik, pengeditan offline mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

Formats Matter

Format rekaman digital bervariasi dari kamera ke kamera. Format rekaman membuat perbedaan besar dalam memenuhi kebutuhan sistem pengeditan Anda. Jika Anda mengedit rekaman dari kamera 4K seperti GoPro HERO4, JVC GY-HMQ10, atau Sony FDR-AX1, maka tuntutannya tidak lebih dari HD kompresi rendah karena bitratenya serupa.

Namun, jika Anda bekerja dengan cuplikan dari kamera RED, Blackmagic Ursa Mini atau Sony NEX-FS700, file 4K mentah memiliki bitrate yang jauh lebih tinggi, yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan dan daya pemrosesan. Mengedit rekaman 4K mentah membutuhkan lebih banyak tenaga kuda dan penyimpanan daripada format terkompresi. Selain itu, suntingan multi-kamera, VFX, dan tenggat waktu yang ketat biasanya memerlukan sistem yang jauh lebih hebat.

The Speed You Need

Kami akan memecah segalanya menjadi dua kategori: pengeditan offline - dan kerja online terbatas - dan pengeditan online, yang berarti tingkat masuk yang baik untuk beberapa aliran 4K, VFX dan gradasi warna pada atau mendekati waktu nyata. Spesifikasi ini bagus untuk PC dan Mac karena tidak banyak perbedaan pada perangkat keras.

CPU: Processor
Offline Editing: Intel Core i7 2.3GHz four-core
Online Editing: Dual Intel Xeon 2GHz six-core
Sekarang sebagian besar perangkat lunak pengeditan mendukung rendering GPU, daya CPU kurang penting daripada sebelumnya. Catatan: Prosesor AMD tidak terdaftar karena kurangnya dukungan untuk PCIe 3.0 di sebagian besar motherboard AMD, yang menghambat kinerja GPU terbaru. Prosesor AMD masih bisa digunakan, namun harus dipasangkan dengan GPU yang lebih bertenaga.

GPU: Video Card
Offline Editing: NVIDIA GeForce GT 750M
Online Editing: Dual NVIDIA GeForce GTX 760M

Selalu periksa kompatibilitas perangkat lunak pengeditan Anda dengan kartu video Anda untuk memastikan bahwa GPU rendering dan beberapa GPU didukung. GPU AMD atau GPU NVIDIA yang kompatibel dan sebanding dapat digunakan. Kartu GeForce yang tercantum di atas adalah garis dasar. Sementara banyak GPU memiliki kemampuan rendering video yang lebih besar daripada sistem CPU dan RAM, ingat GPU membutuhkan cukup kekuatan untuk menggerakkan monitor display sistem Anda selain merender video.

Saat melakukan pemantauan di 4K, Anda dapat memperbaiki kinerja sistem dengan mengambil beberapa beban kerja dari GPU Anda dengan menggunakan kartu RED ROCKET, dekoder Blackkagic Design DeckLink 4K Extreme atau Matrox's Mojito 4K. Penting untuk dicatat bahwa dengan perkembangan REDCINE-X PRO, Anda sekarang dapat menggunakan rendering GPU daripada memerlukan kartu Red Rocket untuk mempercepat transkode rekaman R3D.


RAM – Memory
Offline Editing: 8GB RAM
Online Editing: 32GB RAM

RAM relatif murah jadi jangan berhemat disini. Ingat, ketika Anda menjalankan program intensif RAM seperti Adobe's Photoshop atau After Effects bersamaan dengan perangkat lunak pengeditan Anda, kebutuhan RAM Anda mungkin meningkat.

Storage

Offline Editing: Dedicated hard drive 7200rpm atau SSD untuk media
Online Editing: Dedicated hard drive 7200rpm atau SSD untuk file proyek dan array RAID bergaris

Kebutuhan penyimpanan Anda bergantung pada seberapa banyak rekaman sumber yang Anda harapkan bisa Anda tangani. Umumnya, penyimpanan media Anda harus berukuran tiga sampai empat kali ukuran cuplikan sumber proyek. Misalnya, jika Anda menyunting secara offline di laptop, drive USB 3.0 berukuran 3TB mungkin cukup memadai, namun jika Anda melakukan pengambilan gambar secara online dari tangkapan empat kamera dengan 4K mentah, Anda mungkin memerlukan RAID 12TB.

Anda ingin memastikan bahwa setiap hard drive yang Anda gunakan berputar pada 7200rpm atau lebih cepat untuk throughput data yang mulus. Selain itu, dengan menyimpan file media dan proyek Anda pada drive terpisah dari program dan sistem operasi Anda, Anda akan melihat peningkatan kinerja. Terlepas dari hype baru-baru ini tentang SSD, tidak semua SSD secepat yang mereka klaim. SSD adalah pengganti yang baik untuk drive boot dan drive proyek, tapi tidak untuk drive raid array kecuali jika Anda memerlukan kecepatan lebih tinggi. Dalam jangka panjang, biaya per GB hard drive adalah solusi yang lebih terjangkau.

SSD adalah pengganti yang baik untuk drive boot dan drive proyek, tapi tidak untuk drive raid array kecuali jika Anda memerlukan kecepatan lebih tinggi. Dalam jangka panjang, biaya per GB hard drive adalah solusi yang lebih terjangkau.
Untuk pengeditan online 4K, Anda memerlukan array disk bergaris tiga disk atau lebih untuk memastikan kecepatan data. Anda juga memerlukan perangkat keras RAID controller juga. Waspadai pengendali RAID yang lebih murah yang berbasis software; Ini lebih lambat dan menggunakan CPU dan RAM sistem Anda yang menghalangi kinerja keseluruhan.
Photo of server hard drive array

Motherboard

Apakah Anda sedang melakukan pengeditan offline atau online, Anda pasti ingin mencari motherboard yang mendukung semua komponen Anda saat ini sambil memberi Anda ruang untuk berkembang. Motherboard yang baik akan memiliki setidaknya tiga sampai empat port PCIe x16 yang semuanya dapat digunakan dengan kecepatan penuh untuk kartu video, kartu RAID dan kartu monitor. ASUS, GIGABYTE dan Supermicro membuat motherboard berkualitas. Ingat, sebagian besar motherboard laptop tidak mendukung kartu add-on.
Photo of girl with motherboard

Audio

Banyak chipset audio on-board mengambil suara dari motherboard, suara bising yang terkadang terdengar saat Anda menggerakkan mouse. Kartu audio khusus tidak selalu memecahkan masalah ini; Selanjutnya, mereka mengambil ruang berharga di dalam komputer Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kartu suara eksternal. Untuk $ 100, Anda bisa mendapatkan M-Audio M-Track yang menggabungkan kartu suara eksternal dan mixer dua saluran dengan dua input XLR.

So What’s All This Going to Cost

Anda dapat membeli laptop yang dilengkapi dengan benar ke pengeditan offline seperti Dell Precision M6800, HP ZBook 17 atau Apple 15-inch MacBook Pro Retina Display seharga kurang dari $ 3.500. Kombinasikan itu dengan harddisk USB 3.000rpm USB 3.0 atau hard drive Thunderbolt yang harganya sekitar $ 150 dan Anda siap untuk mengedit secara offline. Anda mungkin bisa menemukan solusi desktop untuk lebih sedikit lagi.

Untuk pengeditan online, Anda memerlukan sistem yang dikonfigurasi khusus atau dibuat khusus yang cenderung berkisar dari sekitar $ 8.000 dan lebih tinggi. Ada banyak perusahaan yang menawarkan Mac dan PC khusus untuk diedit. HP telah bermitra dengan RED pada HP Z820 RED Edition yang telah dibangun di pembaca kartu RED. Tentu saja, jika Anda sedikit ahli perangkat keras, Anda bisa membangun sistem Anda sendiri dan menghemat ribuan.

Your Software Makes a Difference

Sebagian besar paket perangkat lunak pengeditan tidak mendukung semua codec dan jenis file yang digunakan oleh kamera 4K. Demikian juga, mereka tidak semuanya bekerja dengan baik dengan semua kartu video yang tersedia. Jadi yang terbaik adalah melihat persyaratan sistem untuk perangkat lunak pos yang Anda rencanakan untuk dijalankan terutama kartu video yang direkomendasikan atau yang disertifikasi karena telah diuji oleh perusahaan perangkat lunak dengan perangkat lunak. Ingatlah bahwa seringkali spesifikasi perangkat keras yang tercantum minimum untuk memiliki fungsi perangkat lunak, kecuali jika Anda memiliki banyak kesabaran dan waktu luang Anda akan menginginkan sedikit lebih banyak dalam kekuatan sistem.

Learn the 8 Secrets to Making a Stellar First Video 

Petunjuk sederhana ini bisa membuat video pertama Anda terlihat seperti produksi profesional. Baca lebih banyak..Saat ini Adobe Premiere Pro CC dan Apple Final Cut Pro X adalah solusi editing teratas yang memiliki dukungan asli untuk CinemaDNG. DiVinci Resolve juga memiliki dukungan asli CinemaDNG dan terus memperluas kemampuan pengeditannya. Sony Vegas Pro 13 memiliki dukungan terbaik untuk cuplikan XAVC-S dan XDCam. REDCODE (R3D) didukung secara native oleh semua paket perangkat lunak pengeditan utama dan memiliki keuntungan besar dalam posting yang memungkinkan Anda memilih resolusi pemutaran. Misalnya Anda bisa memotong 4K R3D pada resolusi 1/4 (1080) dan memiliki performa yang mirip dengan editing offline di HD. Ini bisa menghemat banyak waktu dan ruang penyimpanan. Lightworks dan EDIUS Pro 7 menawarkan sedikit dukungan codec asli di luar R3D, walaupun kenyataan bahwa pada dasarnya mereka secara otomatis mengedit secara offline dengan transcoding kebanyakan rekaman pada impor memastikan lingkungan pengeditan yang lebih stabil.Mengedit pembaruan perangkat lunak sering dan dukungan asli untuk file kamera biasanya merupakan prioritas. Sebelum Anda membeli, periksa situs web untuk mendapatkan pembaruan untuk melihat format yang didukung.Jika Anda berencana untuk mengedit 4K dengan Avid Media Composer 7, mendukung FrameFlex 4K, namun perhatikan bahwa Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan produk kecuali Anda mengerjakan sistem bersertifikat Avid. Ini adalah sesuatu yang perlu diingat saat mempertimbangkan pilihan sistem.

Don’t Forget the Monitoring

Jika Anda membangun sistem pengeditan 4K yang baru, mudah dikonsumsi dengan kebutuhan GPU dan penyimpanan dan lupakan solusi pemantauan. Meskipun Anda dapat terus menggunakan monitor komputer HD untuk antarmuka pengeditan Anda, penting untuk menggunakan monitor video eksternal 4K untuk menonton rekaman saat Anda mengedit, terutama jika Anda menguasai 4K.Monitor 4K secara bertahap menjadi lebih murah dan sebagian besar editor, sekarang ada beberapa solusi terjangkau. Seiki Digital merilis SE39UY04 39 inci UHD TV (resolusi 3840x2160) yang memiliki harga eceran $ 599 dan dapat dihubungkan melalui HDMI. Reproduksi warna SE39UY04 adalah bawah standar sehingga menjadi pilihan yang buruk untuk pemantauan warna; Namun, Anda dapat memasangkannya dengan monitor dengan resolusi lebih rendah dengan reproduksi warna yang bagus untuk pekerjaan koreksi warna Anda.Dell mengumumkan tiga monitor 4K yang mereproduksi 100 persen ruang warna sRGB menjadikannya pilihan bagus untuk gradasi warna. Dell UltraSharp 32 Ultra HD Monitor (UP3214Q) dijual seharga $ 3.500, di mana UltraSharp 24 Ultra HD Monitor (UP2414Q) adalah $ 1.400. Dell UltraSharp 28 Ultra HD Monitor (P2815Q) diperkirakan akan rilis sekitar tahun ini dan ritel seharga $ 700.

Protect Your Investment

Bahkan jika Anda mengedit di laptop, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan catu daya tak terputus dengan pemantauan voltase dan penyaringan. Sementara UPS standar Anda hanya menyala saat daya padam, model yang lebih maju mencakup penyaringan daya dan perlindungan di bawah dan di atas tegangan. Tegangan rendah dapat merusak elektronik semudah voltase lebih dan merupakan masalah yang umum dan mahal.

Conclusion

Menentukan kebutuhan pengeditan 4K Anda, baik sekarang dan dalam waktu dekat mungkin memerlukan beberapa waktu, namun akan memastikan Anda membeli sistem pengeditan daripada yang dapat menangani semua proyek yang akan Anda kerjakan, jenis rekaman yang akan Anda edit Dan panjang dan kompleksitas hasil editnya. Ingat bahwa spesifikasi minimum mendapatkan kinerja minimum. Pergi di atas minimum untuk kinerja optimal.

SIDEBAR: Building Your Own 4K Editing System for About $4k

Membangun sistem pengeditan sendiri bisa sedikit menakutkan pada awalnya, tapi rig DIY bisa menghemat ribuan dolar. Jika Anda memerlukan bantuan, ada banyak tutorial dan panduan untuk konstruksi komputer secara online. Berikut adalah daftar suku cadang dengan harga yang bersumber dari satu pengecer online, jadi ini harus dianggap rata-rata, karena dengan adanya fluktuasi di pasar, Anda mungkin akan menemukan harga yang lebih besar atau lebih rendah.

CPUs: Dual Xeon 2GHz six-core    $819
CPU Cooler: CoolerMaster Hyper T4 (2)  $60
Motherboard: Supermicro MBD-X9DA7-O   $520
GPU: GIGABYTE GeForce GTX 760 4GB (2) $600
RAM: Kingston 16GB DDR3 1600 ECC (2)  $360
Storage: Boot Drive; Kingston 240GB HyperX 3K SSD  $175
Project Drive; Kingston SSDNow V300 120GB SSD$89
Media Drive; Seagate NAS HDD 2TB (6)  $720
Blu-ray Disc Drive: ASUS BW-12B1ST   $90
Case: Habey RPC-800     $90
OS: Windows 7 Pro 64-bit     $140
Power Supply: Thermaltake Toughpower 1200W  $250
Cables and misc.      $50
Total:        $3,963

Anda bisa menghemat sedikit uang jika Anda tidak memerlukan RAID 18TB dan dapat menggunakan drive yang lebih sedikit; Namun, minimal Anda memerlukan tiga drive bergaris (RAID 0) untuk memiliki penyimpanan media yang cukup cepat untuk 4K. Selain komputer Anda, Anda memerlukan monitor, speaker, UPS dan perangkat komputer yang belum Anda miliki. Itu pada akhirnya bisa membawa biaya hingga $ 6.500.

Untuk memulai, Anda perlu bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan tentang proyek Anda. Apa jenis rekaman yang akan Anda edit: R3D, CinemaDNG, ProRes, XAVC S? Seberapa kompleks proyek Anda: kamera tunggal, multi-kamera, animasi, VFX? Apa format output Anda? Berapa lama Anda harus mengirimkan suntingan Anda? Akhirnya, apakah Anda mengedit secara online atau offline?

Odin Lindblom adalah editor pemenang penghargaan yang karyanya meliputi film, iklan, dan video perusahaan. Odin telah membangun sistem pengeditannya sendiri selama sepuluh tahun terakhir ini.
Server Drives (link is external) and Girl with Motherboard (link is external) images from Shutterstock. 

Search:
tv 4k, samsung 4k, video 4k, lg 4k, tv samsung 4k, samsung tv, smart tv, smart tv 4k, sony 4k, ultra hd 4k, 4k uhd, wallpaper 4k, tv lg 4k, monitor 4k, 55 4k tv, 4k hdr, camera 4k, ps4, 4k movie, ps4 4k, 4k download
ps4 pro 4k, ps4 pro, lg ultrafine 4k display, yuneec breeze 4k, ドンキホーテ 4k, planet earth 2 4k, ドンキ 4k, planet earth 2, supremo 4k, el salvador 4k, dmm 4k, 4k hdr monitor, gopro hero 5,
xbox one s, xbox one s 4k, xiaomi mi drone 4k, tv 4k hdr, 4k hdr, mxq pro 4k, mxq 4k, yi 4k, yi 4k, action camera, tocomsat inet 4k, chromecast, 360fly 4k

2 comments:

  1. RAM dan CPU ane masih dibawah spek requirement, pantesan lemot bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek ngedit mas, sy nyesel menunda upgrade Komputer, Editor sebenarnya harus lebih bagus dari gamer, tapi minimal setara,

      Yang Intinya sekali sih VGA, Menurut saya ngaruh banget waktu render, RAM & PROSESSOR membantu proses waktu ngedit naikkan ...

      Delete

Powered by Blogger.