3 Cara Membuat Artikel untuk Website dengan Mudah

Menulis artikel sebenarnya sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Selain itu memiliki kemampuan menulis artikel dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Bagi seorang blogger atau pemilik website, menulis artikel adalah hal yang wajib jika ingin memiliki blog atau website yang selalu update. Karena roh atau nyawa dari sebuah website adalah artikel yang bagus dan menarik. Tanpa artikel sebuah website bisa dikatakan hanya sampah yang berserakan di dunia internet.

Belajar menulis artikel sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi setiap orang, hanya terkadang orang sering terbentur dengan hal-hal sepele yang justru menghambat proses belajar menulisnya. Nah sebelum memutuskan untuk memulai menulis sebuah artikel, ada baiknya menyimak tips dibawah ini, hal-hal yang harus di hindari ketika ingin menulis artikel.
  • Terlalu banyak pertimbangan dalam memutuskan tema apa yang akan di ambil. Jika ingin piawai dalam menulis artikel sebaiknya jangan pernah ragu dalam mengambil sebuah tema tulisan. Sepanjang tema yang akan anda ambil memiliki banyak referensi dari berbagai sumber. Namun anda juga harus sadar diri untuk tidak pernah dan jangan pernah mengambil suatu tema yang sama sekali anda tidak memahaminya. Oleh karena itu Tema yang terbaik adalah tema yang cukup anda kuasai atau tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Terlalu banyak memikirkan mukadimah. Mukadimah yang baik dalam suatu artikel memang penting, namun jika sewaktu anda hendak menulis, anda kebingungan dengan mukadimah sebaiknya abaikan saja mukadimah dari sebuah artikel.
  • Terlalu sering menghapus tulisan yang sudah ditulis. Menghapus tulisan yang salah pengejaan mungkin wajib, tapi menghapus tulisan yang sudah mengalir dan menganggapnya tidak sesuai akan menjadi penghambat dalam belajar menulis. Justru yang seharusnya anda lakukan adalah membiarkan tulisan yang sudah mengalir dan menyesuaikannya dengan tulisan yang baru.

Menulislah seperti layaknya kita bicara. Itu konsep terbaik bagaimana cara belajar menulis sebuah artikel dengan mudah. Cobalah anda melakukan aktifitas monolog atau bicara sendiri didepan sebuah kaca, tentukan tema yang ingin anda bicarakan, kemudian lakukan monolog dengan santai seolah-olah anda sedang bercerita pada diri anda sendiri. Hasilnya anda akan mendapatkan sebuah artikel unik jika percakapan monolog anda tadi anda tuangkan kedalam tulisan.

Lantas bagaimana dengan kaidah menulis dan tata bahasa dalam menulis. Anggap lalu saja semua kaidah menulis  dan tata bahasa, sepanjang tata bahasa anda tidak melantur dan tidak melahirkan sebuah artikel yang berbahasa rusak, saya pikir itu tidak akan menjadikan masalah bagi anda.

Kita harus ingat, kegiatan menulis artikel untuk sebuah website atau blog, bukanlah suatu bentuk ujian yang membuat anda menjadi tidak lulus atau lulus. Tujuan kita menulis artikel adalah menuangkan ide-ide kreatif kita kedalam bentuk tulisan dan menampilkannya di blog kita. Hanya itu saja dan tidak lebih. Jadi kenapa kita harus takut untuk menulis jika tidak ada resiko yang harus kita ambil.

Saya pernah di tanya oleh seorang teman saya, "Mengapa saya harus belajar menulis artikel? dan apa manfaat bagi saya jika saya punya kemampuan menulis artikel. Jawaban saya cukup panjang namun singkatnya adalah dengan memiliki kemampuan menulis artikel kita sama saja menciptakan peluang baru bagi diri kita, saat ini begitu banyak layanan menulis artikel dengan bahasa indonesia maupun dengan bahasa inggris, dan harga dari sebuah artikel bahasa indonesia dengan jumlah kata 300 hingga 500 kata memiliki nilai sekitar tiga puluh ribuan per artikel. Bayangkan jika anda seorang yang hobi menulis dan memiliki kemampuan menulis, berapa rupiah yang akan anda ciptakan hanya dengan menulis.

Kesimpulannya, Menulis artikel itu tidak serumit yang kita bayangkan, cukup meluangkan waktu sejenak dan menentukan tema yang hendak anda tulis, lalu biarkan jari anda menari di atas keyboard dan mengalirkan semua apa yang ada dan terlintas di kepala anda.

No comments

Powered by Blogger.