Beda lensa fix denganlensa zoom?

Lensa fix ataw prime lens, adalah lensa yang tak bisa zoom. So untuk meng-komposisikan photo, baik yang jauh atau dekat, Anda terpaksa bergerak maju atau mundur. Nggak kebayangkan repotnya?

Mungkin banyak yang bertanya, untuk apa pake lensa fix? mendingan lensa zoom! apalagi banyak lensa fix yang harganya lumayan mahall. Ada beberapa alasan, kenapa lensa fix itu masih terus diminati, terutama para photografer yang sudah berpengalaman.

1. Light & Weight (KECIL - RINGAN)

Hampir semua lensa fix punya ukuran yang kecil dan lebih ringan. Hal ini mungkin membuat kita lebih leluasa bergerak kesana kemari dan tidak cepat letih kalau membawa kamera saat bepergian atau perjalanan jauh.

2. Bukaannya yang Besar
Hampir semua lensa fix juga memiliki maksimal bukaan besar seperti f/1.4 dan f/1.8. Di banding lensa zoom standar, bukaan f/1.8 dapat mengumpulkan cahaya 4-8 x lebih banyak (2 sampai 3 stops) sehingga sangat ideal untuk mengambil photo di dalam ruangan yang gelap. Selain itu juga, bukaan yang besar memudahkan Anda untuk membuat latar belakang bokeh atau menjadi blur.
Lensa Nikon 35mm (50mm) sangat populer untuk kamera pemula Nikon
Lensa Nikon 35mm atau 50mm sangat populer untuk kamera pemula Nikon

3. Photo Quality

Rata-rata semua photo yang dihasilkan oleh lensa fix itu lebih tajam dan lebih baik dari photo yang dihasilkan lensa zoom. Selain itu distorsinya juga lebih terkendali.

4. Baik dan Bagus untuk Belajar

Lensa Fix memaksa kita bergerak dan mencari angle terbaik. Supaya hasil photo  bisa lebih baik.

5. Photo CLOSE-UP / MACRO

Semua lensa makro yang bagus adalah lensa fix. Lensa zoom ada juga yang memiliki kemampuan makro, tapi sangat jauh kualitasnya dibanding lensa fix. Lensa makro @ lensa yang dapat mengambil objek photo yang sangat kecil menjadi terlihat sangat besar.
Misalnya: serangga atau bunga

Dengan beberapa keunggulan tersebut maka lensa fix sangat penting sebagai alat photography di masa lalu dan di masa yang akan datang.