Pengertian Komputer Peranan dan Fungsinya dalam Kehidupan


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer adalah suatu alat yang dapat dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah ditentukan. Kata computer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki sebuah pekerjaan melakukan perhitungagn aritmatika, dengan atau tanpa sebuah alat bantu, tetapi arti kata tersebut kemudian diubah menjadi sebuah mesin. Pada mulanya pengolahan informasi sudah hampir eksklusif berhubungan dengan suatu masalah aritmatika, tetapi komputer modern dapat dipakai untuk mengerjakan berbagai tugas yang mungkin tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat suatu alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik yang mulai dari abakus dan seterusnya, sampai komputer elektronik yang kontemporer. Istilah yang cocok serta lebih baik untuk arti yang luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sebuah sistem pengolah informasi". Selama bertahun-tahun sudah terdapat beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer" serta berbagai kata yang berbeda tersebut sekarang dapat disebut sebagai komputer.

Kata computer pernah dipergunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang melakukan sebuah perhitungan aritmatika, dengan ataupun tanpa mesin sebuah pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer tersebut pernah digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk mendeskripsikan "orang yang menghitung" kemudian tahun 1897 kata tersebut juga pernah digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Pada selama Perang Dunia II kata computer menunjuk kepada para pekerja wanita dari Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya yaitu menghitung jalan artileri perang dengan menggunakan alat bantu seperti mesin hitung.

Slide Rule
Slide Rule

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung yang pertama yaitu mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin yang tergolong sederhana seperti slide rule juga dapat dikatakan sebagai komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian komputer menurut para ahli :
  1. Hamacher
  2. Menurut Hamacher, komputer merupakan sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi input digital, yang kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa sebuah informasi.
  3. Blissmer
  4. Komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, antara lain : menerima input, memproses input yang dimasukkan tadi sesuai dengan programnya, menyimpan berbagai perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan juga menyediakan output dalam sebuah informasi
  5. Fuori
  6. Komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu untuk dapat melakukan sebuah perhitungan skala besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta berbagai operasi logika tanpa campur tangan dari manusia itu sendiri.
  7. Elias M. Awad
  8. Komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses sebuah data yang disajikan dalam bentuk data digital serta data kontinyu atau analog.
  9. Larry Long dan Nancy Long
  10. Komputer merupakan alat hitung elektronik yang dapat menginterpretasikan serta melaksanakan berbagai macam perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, serta beberapa operasi-operasi logik
  11. Donald H. Sanders
  12. Komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi sebuah data yang cepat serta tepat dan sudah dirancang dan diorganisasikan supaya dapat bekerja secara otomatis untuk menerima serta menyimpan data input tersebut, memprosesnya dan menghasilkan sebuah output, bekerjanya dikendalikan oleh suatu program yang sudah tersimpan di dalam memori penyimpanan dan program tersebut dapat dikenal dengan nama sistem operasi.
  13. Williams, Sawyer
  14. Komputer adalah suatu mesin yang multiguna yang dapat di program, yang menerima data dan memproses atau memanipulasinya ke dalam suatu informasi yang dapat kita gunakan.
  15. Gordon B. Davis
  16. Komputer merupakan tipe alat khusus menghitung yang memiliki sifat tertentu yang sudah pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers.

Namun, secara umum dapat kita tarik kesimpulannya bahwa komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai hal, antara lain :
  1. Menerima input
  2. Mengolah input
  3. Memberikan suatu informasi
  4. Menggunakan suatu program yang telah tersimpan pada memori komputer
  5. Dapat menyimpan suatu program dan hasil pengolahan
  6. Bekerja secara otomatis.

Dari pengertian komputer tersebut terdapat 3 hal penting bagi sebuah komputer. 3 hal penting tersebut dapat mewakili keseluruhan dari fungsi yang dapat dijalankan oleh sebuah komputer, yaitu :
  1. Input data
  2. Pengolahan data
  3. Output data
Itulah pengertian komputer dan 8 pengertian komputer menurut para ahli.

No comments

Powered by Blogger.