Trik Promosi Meningkatkan Omzet Bisnis Cetak Foto Video Editing


Bisnis cetak foto bisa jadi merupakan bisnis yang surut di tengah kemajuan teknologi sekarang ini. Banyak orang umumnya telah mengabadikan dan menyimpan foto mereka secara digital pada ponselnya masing-masing. Lalu bagaimana cara meningkatkan omzet usaha cetak foto?

Istijanto Oei, pengajar dan konsultan bisnis Prasetiya Mulya Business School, mencoba menawarkan solusinya. Usaha layanan cetak foto biasanya dibuat satu paket dengan layanan studio foto. Namun usaha cetak foto pun dapat bergerak sendiri tanpa perlu ada studio. Pasalnya banyak orang yang telah memotret dengan kameranya sendiri, dan mereka hanya perlu sarana cetaknya saja.

Untuk segmen pasar tersebut, Anda harus berfokus untuk membuat semakin banyak orang mencetakkan fotonya di tempat Anda. Untuk itu Anda harus menawarkan nilai lebih dalam jasa cetak foto. Nilai lebih yang dimaksud misalnya dengan memberi layanan editing foto.

Orang yang telah memotret dengan kameranya sendiri, umumnya hasilnya biasa saja. Jika bisnis cetak foto Anda dilengkapi layanan professional editing, maka bisnis Anda punya nilai tambah. Editing yang dilakukan misalnya dapat membuat hasil gambar lebih kontras, lebih tajam, dapat manghapus bagian yang tidak diinginkan, pemotongan ukuran foto, hingga mungkin manipulasi gambar sesuai keinginan konsumen. Nilai tambah juga dapat dilakukan dengan memberi border pada gambar foto, mengganti latar belakang foto, dll.

Intinya, layanan editing foto bertujuan untuk membuat hasil gambar yang kualitasnya biasa saja, menjadi lebih bagus. Layanan ini dapat diberikan dengan ketentuan tertentu, misalnya pelanggan boleh mendapat layanan editing gratis, asalkan mencetak dalam jumlah minimal 5 foto. Jika pelanggan hanya mencetak satu foto, Anda dapat menerapkan beban ongkos editing.

Layanan seperti ini tentu akan menarik minat konsumen. Untuk promosi, jangan lupa pasang pengumuman berupa brosur atau standing banner yang
mencantumkan informasi layanan atau penawaran istimewa tersebut. Iklan akan membuat orang tertarik.

Cara lain dalam berpromosi misalnya dapat Anda lakukan dengan menawarkan layanan Anda ke komunitas. Komunitas sasaran usaha cetak foto sangat luas, mulai dari ibu-ibu, remaja putri, siswa SMA, hingga kalangan perkantoran atau komunitas jejaring sosial di interet. Cara-cara promosi melalui komunitas dan internet dapat menekan biaya promosi. (*/Swa)

No comments

Powered by Blogger.