Antara Fakta dan Pesan di Balik Film Munafik 2 - MindaFilm

Antara Fakta dan Pesan di Balik Film Munafik 2

Antara Fakta Nyata dan Pesan di Balik Film Munafik 2

Film Munafik 2 sudah tayang di Bioskop Malaysia sejak bulan Agutus 2018 yang lalu. Di Indonesia, film Munafik 2 resmi ditayangkan di Bioskop pada 26 September 2018. 

Menyuguhkan bebagai cerita yang unik dan berbeda dari film-film horor biasanya, karena ini juga bukan film horror nampaknya. Film Munafik (1) sudah mendapat tempat di hati para penonton di Indonesia. Kehadiran Film Munafik 2 menjadi lebih lengkap koleksi film kemunafikan.

Siapa sih Bela dan sudah ngga sabar banget mau tonton film ini? Sebelum nonton, simak dulu fakta menarik dari film Munafik 2 ini ya!

1. Membawa Pesan Agama

Selain Bukan Film Horor, Ini Fakta Lain Film Munafik 2.
Walaupun sutradara sekaligus pemeran utama sebagai ustaz Adam, Samsul Yusof, mengaku bahwa cerita film ini terinspirasi dari kisah para Nabi. Menggambarkan bagaimana kesulitan yang dihadapi para nabi dan sahabatnya dalam memperjuangkan dan membela Agama Islam. Referensi utama dalam menulis naskah film ini juga dari al-Quran dan kitab-kitab Hadist. Bahkan salah satu nama pemainnya diadaptasi dari Abu Jahal menjadi Abujal.

Namun Pada saat menonton Film ini, bagi generasi 90-2000an akan teringat sebuah kelompok yang di anggap sesat di Malaysia. Pemimpinnya dikenal dengan Abuya - dalam penyebutan tidak jauh beda kedengarannya hampir sama antara Abujal dan Abuya. Kelompok yang dianggap sesat namun berilmu tinggi itu karena memang Abuya dalam perjuangannya sangat luar biasa ilmunya. Beberapa cuplikan dialog dan naskah itu menyebutkan pengamalan syariat di jaman terkini. Hanya saja ritual yang dilakukan jemaah Abuya tidak sama dengan yang di film. Ya ini hanya sebatas film. Tapi film juga punya maksud tertentu, yang terselubung di balik acting dan dialog.

Pernah sebelum ini juga film, serupa di Malaysia juga yaitu Film Abu Ya. Muatan atau The Messagenya hampir sama memojokkan, menyudutkan atau mendiskreditkan perjuangan Abuya. 

2. Melibatkan aktris Indonesia

Selain Bukan Film Horor, Ini Fakta Lain Film Munafik 2 popbela.com/Filzaintanmariezka
Weni Panca merupakan satu-satunya aktris Indonesia yang terlibat dalam film Munafik 2. Weni berperan sebagai wanita misterius yang terus menghantui Ustaz Adam baik dalam mimpi maupun kehidupan nyata. Sebelum terpilih, Weni melakukan casting melalui video dengan membaca naskah yang diberikan. Empat hari setelahnya Weni mendapat kabar dari tim Film Munafik 2 bahwa ia lolos casting untuk berperan sebagai wanita misteri. Uniknya, dalam film ini Weni tidak menggunakan Bahasa Melayu dalam dialognya, melainkan tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

3. Penonton trailer dari Indonesia mencapai 50%

Selain Bukan Film Horor, Ini Fakta Lain Film Munafik 2 popbela.com/Filzaintanmariezka

Gayung bersambut antara penikmat film horor Indonesia dengan tim dari Film Munafik. Berdasarkan data yang mereka miliki, penonton trailer Film Munafik dari Indonesia mencapai hingga 50%. Atas antusiasme yang tinggi itu lah akhirnya tim Film Munafik memutuskan untuk menayangkan film ini di Indonesia.

4. Ditayangkan di Beberapa Negara selain Malaysia

Selain Bukan Film Horor, Ini Fakta Lain Film Munafik 2 star2.com

Film Munafik memang film yang digarap oleh sutradara, artis, dan penulis asal Malaysia. Keberhasilan Film Munafik 2 yang sudah ditonton lebih dari 10% penduduk Malasyia, menunjukkan film ini sukses diterima oleh warga Malaysia. Tidak hanya ingin meraih kesuksesan di tanah kelahirannya, tim dari Film Munafik bekerja sama dengan berbagai distributor film di berbagai negara, seperti Indonesia, Singapura, dan Brunei. Untuk saat ini di Indonesia sendiri, distributor yang berhasil membawa Film Munafik 2 untuk dinikmati masyarakat Indonesia adalah CBI pictures film, atau yang lebih dikenal CGV. Sedangkan untuk di Thailand dan Vietnam masih dalam proses.

5. Merupakan kelanjutan dari film Munafik yang pertama

Selain Bukan Film Horor, Ini Fakta Lain Film Munafik 2 

Ustaz Adam yang kembali menjalani kehidupan normalnya setelah mengalami berbagai kejadian traumatis di film Munafik pertama, kini kembali diuji. Selagi berkhotbah dan membantu orang-orang yang dirasuki setan dan jin, ia masih terus dhantui oleh kematian tragis Maria. 

Tidak hanya itu, muncul juga sosok wanita misterius yang terus mengganggu dan mempertanyakan iman dan nasib Adam. Ustaz Adam dipercaya untuk membantu wanita di desa tetangga yang bernama Sakinah agar bisa terbebas dari ulah seorang ‘munafik’ yang ingin menggoyahkan iman Muslim yang taat kepada Allah SWT, yaitu Abujal.

Makin penasaran ya, Bela? Siapkan nyalimu untuk menonton film Munafik 2, ya!
Antara Fakta dan Pesan di Balik Film Munafik 2 Antara Fakta dan Pesan di Balik Film Munafik 2 Reviewed by Admin on October 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.