5 Alat Studio Di Fotografi

Wednesday, August 28, 2019 : August 28, 2019

0 comments

5  Alat Studio Di Fotografi




Dalam dunia fotografi istilah tersebut memang sangat sering terdengar di telinga. Padahal kebanyakan orang awam memahami bahwa fotografi hanyalah sekedar pencet Shutter dan hasilnya terlihat pada layar LCD. Ya, jika Anda ingin lebih mendalami dunia fotografi otomatis harus mendalami tentang pencahayaan. Sekali lagi, tanpa adanya cahaya tidak akan ada yang namanya foto. Tetapi yang menarik bahwa cahaya atau lighting dapat dimanfaatkan agar foto lebih kreatif serta menarik. Hampir 100% foto studio memanfaatkan fitur-fitur perangkat yang mengeluarkan cahaya agar fotonya terlihat unik dan bagus. 


1.Oktagon Softbox


Berfungsi untuk merefleksikan cahaya dari lampu flash sehingga lebih merata dan tidak ada hotspot cahaya,selain itu Oktagon Softbox juga menghasilkan efek bayangan yang lembut.Usahakan menggunakan Oktagon Softbox yang memiliki ukuran minimal mendekati subjek/objek. Sebagai contoh untuk memotret makanan, anda cukup menggunakan softbox ukuran 60cm, sedangkan untuk memotret model ukuran penuh, anda bisa menggunakan softbox ukuran 180cm.

2. Standar Reflektor

Biasanya setiap pembelian lampu flash studio dillengkapi dengan standar reflector yang menghasilkan cahaya yang keras dan sangat kuat dengan sudut pancaran terbatas.

3. Snoot


Snoot digunakan untuk mengarahkan pencahayaan ke bagian tertentu saja agar mendapatkan efek spot, Alat ini biasanya digunakan di diatas dan dibelakang objek untuk menyinari rambut sehingga objek terpisah dengan latar belakang. misalnya untuk Hairlight.

4. Payung Studio



Payung Studio digunakan untuk menghasilkan efek bayangan yang lebih halus serta pancaran cahaya yang lebih luas di bandingkan dengan standar reflector. Alat ini sangat efektif digunakan pada pemotretan yang membutuhkan cakupan area cahaya yang luas, namun dibanding dengan standar reflector pancaran cahaya dari payung ini lebih sulit di arahkan.White Convertible UmbrellaShoot Throught Umbrella/Transparance Umbrella.

5. Triger 



Alat ini dipasang di kamera anda agar lampu studio bisa menyala saat tombol rana kamera ditekan, pemasangan alat ini dimaksudkan agar fotografer dapat leluasa bergerak tanpa direpotkan oleh kabel sinkronisasi yang terpasang dikamera.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 comments :

Copyright © 2019 MindaFilm - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com