Daftar Ukuran Kertas HVS A5 A4 A3 A2 A1 A0

aftar Tabel Ukuran Kertas HVS Standar Cetak

Daftar Ukuran Kertas HVS

aftar Tabel Ukuran Kertas HVS Standar Cetak

Kertas HVS menjadi jenis kertas yang paling populer di kalangan pelajar dan karyawan kantor, setiap harinya mereka banyak menggunakan kertas HVS untuk membuat laporan, tugas kuliah, dan lainnya. HVS sendiri merupakan nama singkatan dari bahasa Belanda yaitu Houtvrijschrijfpapapier artinya kertas tulis yang bebas dari serat kayu, HVS memang kertas yang tidak mengandung serat kayu.

Ukuran Kertas HVS dan Jenisnya

Jenis kertas HVS terdiri dari berbagai macam yaitu A3, B5, B3, folio atau F4 dan kuarto atau A3. Berbagai ukuran kertas ini dipakai sesuai dengan kegunaannya bagi mahasiswa ukuran kertas yang kerap di pakai yaitu A4 atau F3. Skala internasional jenis kertas di bedakan dalam seri A, B, C, F dan juga R

Ukuran kertas HVS menyesuaikan jenisnya berikut jenis dan ukuran dari kertas HVS yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan skala internasional.

Seri A

Seri A biasa dipakai untuk perkantoran, sekolah dan penerbitan, yang paling terkenal dari seri ini adalah jenis kertas A3 dan A4. A4 memiliki ukuran kertas setengah dari A3. Kertas A3 memiliki ukuran 29,7 x 42 cm sedangkan A4 memiliki ukuran 21 x 29,7 cm untuk jenis A4 ada lagi jenis A4 s dengan ukuran 21,5 x 29,7 cm.

Seri B

Jenis seri B dipakai untuk keperluan cetak poster besar atau sebagai media lukis dinding. Seri B ini tidak begitu populer, namun yang paling sering di pakai yaitu seri B3 dan B5. B3 memiliki ukur kertas HVS 35,3 x 500 cm dan ukuran kertas B5 17,6 x 25 cm.

Seri C

Bila ingin menggunakan kertas HVS untuk membuat amplop, map, dan kantor pos, pihak percetakan biasannya memakai seri kertas C sebagai bahan utamanya. Ukuran kertas HVS seri C dibedakan menjadi C0, C1,C2, C3, C4, C5, C6, C7, dan C8. Masing-masing memiliki ukuran yang berbeda yang paling besar adalah C0 degan ukuran 91,7 x 129,7 cm sedangkan yang terkecil adalah C8 dengan ukuran 5,7 x 8,1 cm

Seri F

Berbeda dari seri lainnya seri F ini hanya memiliki satu jenis yaitu F4 dengan ukuran kertas 21 x 33 cm. Kertas seri F4 banyak dipakai untuk keperluan foto copy.

Seri R

Kalian tentu pernah mendengar istilah 3R atau 4R, ya ini adalah jenis ukuran untuk cetak foto. Ukuran ini biasa dipakai sebagai standar dalam menentukan seberapa besar foto akan di cetak. Biasanya ukuran seri R dicetak dengan kertas canvas, glossy, Matt dan inkjet.

Itu tadi ukuran kertas atau jenis kertas yang biasa dipakai dalam skala internasional, lanjut kita bahas mengenai kertas apa saja yang populer di tempat percetakan atau ke tempat foto copy. Ukuran kertas HVS dan jenisnya di sini adalah Legal, Letter, Tabloid, Folio (F4), dan Kuarto (A4).

Legal

Legal memiliki ukuran 27,94 x 35,56 cm, ukuran yang cukup besar namun tidak lebih besar ukuranya dari kertas A3.

Baca juga : Contoh Kartu Nama yang Bisa Mewakili Diri & Perusahaan Anda

Letter

Letter memiliki ukuran 21,59 x 27,94 cm tidak banyak memang yang memakai jenis kertas ini karena ukurannya yang terlalu kecil baik dalam segi lebar maupun tinggi sehingga orang banyak memilih untuk menggunakan kuarto atau folio. Namun secara otomatis komputer atau laptop akan memilih ukuran kertas ini sebagai kertas yang di gunakan jadi pastikan bila anda merubah pengaturan kertas jika tidak ingin menggunakan letter.

Tabloid

Ukuran kertas tabloid 27,94 x 43,18 cm sesuai dengan namanya ukuran ini dipakai dalam pembuatan tabloid.

Berikan Ulasan Di sini