Mengenal Pergerakan Camera Movement dan Camera Angle

Low Camera Angle

Low Camera Angle

Mengenal Pergerakan Camera Movement dan Camera Angle

Apa itu camera movement? dan apa itu Camera Angle?

Camera movement atau Pergerakan dan Camera Angle adalah 2 Hal yang berbeda tapi berkaitan erat terutama dalam dunia Fotografi & Videografi (Perfilman).

Sebuah karya Audio Visual atau perfilman dalam format apapun, selalu direncanakan dari berbagai macam aspek agar segala apa yang diciptakan dapat menggiring penonton atau pemirsa ke arah penghayatan terhadap rangkaian gambar-gambar dalam dinamisasi frame, dimana pada akhirnya nanti pemirsa melalui proses imajinasi alam pikiranya itu dapat merasakan arti ketegangan, kegembiraan, ketakutan, kesedihan, keharuan, dibalik alur cerita yang ditontonnya.

Dari banyakanya aspek perencanaan itu, salah satu kunci utama dan daya tarik dalam karya audio visual baik itu dalam format film, sinetron, dil pendek, video clip lagu, konser musik atau format apapun namanya, adalah dari aspek pengambilan gambar adalah yang utama untuk menyampaikan pesan aspek ceritanya.

BACA JUGA:   Meski Bisa Makan Ikan, Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Kucing Tidak Boleh Makan Ikan Mentah

Ada sebuah istilah yang sering kita dengar dan mungkin para pembaca sudah pernah mendengarnya, yaitu dengan kata “Sebuah Gambar lebih banyak bercerita dari pada Seribu Bahasa”.

Pernyataan ini lebih menegaskan bahwa pada aspek visualisasinya sebuah gambar lebih banyak menceritakan atau mengilustrasikan suatu peristiwa dari pada harus menceritakan dengan seribu kata-kata ataupun kalimat.

Deri penjelasan di atas, maka kita bisa simpulkan, bahwa ilustrasi gambar akan menggiring persepsi pemirsa terhadap tersajinya suatu realita imajinasi dalam plot (alur cerita) sebuah film ataupun suguhan program acara audio visual dari salah sebuah film atau tayangan stasiun televisi.

BACA JUGA:   Kesalahan Fatal Kalau Kucing Hanya Diberi Makanan Kering

Dalam penerapannya di lapangan, pengambilan gambar dalam karya audio visual sering disebut dengan istlah Teknik Kamera Elektronik atau lebih disingkat katanya yang lebih sederhana dengan sebutan Teknik Kamera.

Dalam membahas Teknik Kamera Elektronik terdapat 4 komponen yang terkait diantaranya

  1. Camera Angle,
  2. Type of Shot,
  3. Type of Character
  4. Moving Camera.

Untuk memaksimalkan penjelasan supaya lebih detil dan lebih spesifik, kali ini akan dibahas hanya Camera Angel saja. Dan penjelasan secara lengkap akan diuraikan sebagai berikut :

A. Pengertian Camera Angle

Camera Angle dalam pengertian karya audio visual adalah : sudut pengambilan gambar yang menekankan tentang posisi kamera berada pada situasi tertentu dalam membidik obyek.
Pernyataan ini menegaskan, bahwa kamera yang dipakai dalam membidik obyek atau dengan istlah lebih populer “Objek dalam View Camera” itu, menggambarkan tentang keberadaan camera berada di posisi mana dalam keadaan seperti apa.

BACA JUGA:   Inilah yang Harus Kamu Lakukan Jika Di Gigit Ular Berbisa, Lipan, Kalajengking dan Tertusuk Paku Berkarat

Pemakaian Camera Angle ini diharapkan dapat menghasilkan suatu peristiwa atau keadaan objek yang dalam bidikan kamera agar lebih terlihat menarik dan mampu mengilustrasikan kedinamisan suatu keadaan dalam cerita.

Setiap hasil bidikan dalam pandangan kamera mempunyai kandungan makna dan nilai tertentu dari jenis angle yang dipakainya.
Secara lengkap tentang Macam-Jenis Camera Angle tersebut diuraikan sebagai berikut:

B. Jenis Camera Angle

Berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang teknik Camera Angle diantaranya :

1. Top Angle

Pages ( 1 of 7 ): 1 234567Next »

Berikan Ulasan Di sini