Mengenal Pergerakan Camera Movement dan Camera Angle

Low Camera Angle

Low Camera Angle

Low Camera Angle
Low Camera Angle

Teknik pengambilan gambar oleh juru kamera yang memposisikan kamera berada dalam posisi di bawah objek bidikan, atau setara dengan arah jarum jam menunjuk angka pukul 15.05. sampai dengan 17.50, atau sudut 95 derajat samap 170 derajat.
Pengertian lain memberikan penjelasan bahwa pengambilan teknik ini dilakukan dengan posisi kamera berada di bawah obyek dengan sudut kemiringan tertentu ke arah bawah dan posisinya bisa berada di sekitar bawah objek, bisa kiri, kanan, depan ataupun di belakang objek tergantung dari permintaan sutradara yang men-direct-nya.

  • Fungsi teknik ini adalah untuk menciptakan karakter objek menjadi berkekuatan tinggi, terlihat perkasa, dan pandangan objek dalam bidikan kamera terlihat perspektif yang meninggi hingga sang objek seperti seorang jagoan yang macho.
    Teknik ini cocok dipakai untuk menerangkan genre film Action atau Film FTV/sinetron horor, action dimana pengaplikasiannya menunjukkan detil objek secara jelas dengan karakter yang di bawahnya.
    Misalnya suasana yang menceritakan 2 orang lagi bertengkar, dan si tokoh yang menjadi jagoan akan lebih kuat jika ekspresi kemarahannya diambil / dishoot lebih jelas dengan teknik Low Angle.

  • Penggunaan teknik ini juga hanya sebagai aksen saja dalam menciptakan gambar agar lebih terlihat menarik dan dramatis. Persentase penggunaan tak lebih dari 5 % saja dari keseluruhan pengambilan gambar total dalam suatu alur cerita / plot yang difilmkan *

  • Teknik ini akan menciptakan gambar lebih baik lagi jika digabungan dengan Moving Camera sehingga obyek terlihat lebih hidup dalam memerankan karakter yang diperankannya.
    Pemakaian alat untuk menerapkannyapun bermacam-macam:

  • Bisa mengunakan tangan sambil jangkok, atau dengan
  • Menggunakan dolly Rell Camera, jimyjib atau Camera Crane seperti film-film produksi Amerika (Hollywood) dan India (Bollywood) yang teknik pengambilan gambarnya sungguh mengagumkan.

  • Pengadegan yang menunjukkan pemakaian LOW ANGLE dalam beberapa frame pada saat melakukan shooting di lapangan, seperti terlihat salah satu seorang cameramen yang sedang melakukan pengambilan gambar.
    Film Cowboy produksi dari Amerika mengilustrasikan dua orang yang siap tempur dalam suatu arena *

BACA JUGA:   Amanda Manopo Ternyata Berstatus Janda, Pernah Nikah di Umur 18 Tahun

5. Frog Angle

Facebook Comments
Pages ( 5 of 7 ): « Back1234 5 67Next »

Berikan Ulasan Di sini