Cara Memperbaiki Komputer yang Tiba-tiba Mati Restart Sendiri

Komputer Tiba-tiba Mati Sendiri Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER YANG TIBA-TIBA MATI RESTART SENDIRI

Di jaman teknologi milenial saat ini keberadaan laptop atau komputer adalah perangkat yang tidak dapat dielakkan lagi, mau tidak mau harus dimiliki. Terlebih di jaman Pandemi, dimana siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar dari rumah saja. Adalah sebagai suatu keperluan yang mesti, demi mempermudah tugas atau pekerjaan, dan hanya sarana belajar.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop ini, mulai dari menulis, menggambar, menghitung, desain, edit video, video call, kalau ada jaringan internet atau wifi, bisa browsing atau berselancar di dunia maya, bekerja, berbisnis, sampai main game juga ada.

Namun seperti halnya barang pakai lainnya suatu alat atau perangkat itu ada batas waktu pemakaian atau kerusakan. Tidak terkecuali deengan peralatan teknologi jenis ini, apalagi komputer atau laptop hampir dipakai setiap hari, bekerja tanpa henti.

Maka Jika anda menggunakan laptop dan komputer secara terus menerus bahkan ada yang sampai lebih dari 24 jam nggak mati-mati, tanpa memperhatikan kondisi laptop tersebut cepat atau lambat pasti akan mengalami kerusakan atau error. Cepat atau lambat akan muncul permasalahan atau kerusakan yang terjadi, dan hal ini pasti mengganggu produktivitas kita.

Pengguna teknologi tidak akan pernah lepas pasti akan menemui yang namanya error system hingga error hardware (perangkat keras). Oleh sebab itu sangatlah bijak yang kalau kita bisa merawat dan memperhatikan segala permasalahan serta bisa mengatasi kendala yang terjadi sedikt baik kendala ringan maupun beratnya.

Adanya lonjakan turun naiknya aliran listrik menuju alat-alat elektronik yang tersambung, bisa menjadi biang keladi atau penyebab semua permasalahan itu terjadi. Perbedaan kelembaban suhu serta debu yang menghinggapi bisa menjadi penyebab dan memperparah kondisi.

Keawetan perangkat teknologi itu sangat bergantung pada pemakaianya, semakin sering digunakan maka semakin cepat kerusakannya. Misal kalau peralatan itu jarang digunakan, maka sampai 5 tahun pun laptop ini tetap awet tetapi teman saya yang sering bermain game berat dengan laptop mengalami banyak masalah mulai dari keyboard rusak, lcd rusak, baterai rusak, ram hangus dsb.

Tapi bukan berarti peralatan itu tidak boleh dipakai, buat apa juga dibeli kalau tidak dipakai, tapi cara memakai atau menggunakan peralatan itu yang jadi permasalahan. Adakah yang empunya alat itu telaten dan pandai merawat. Tidak dipakai sembrono dan sembarangan.

Kerusakan pada laptop atau komputer dibagi menjadi 2 katagori yaitu :

1). Kerusakan Hardware (kerusakan perangkat keras akibat bekerja tanpa henti)

2). Kerusakan Software (kerusakan program atau perangkat lunak akibat virus, update system yang tidak suppor atau sebab error sistem lainnya)

Salah satu permasalahan yang yang sering terjadi oleh pengguna laptop atau komputer, yaitu laptopnya atau komputernya sering mati restart sendiri secara tiba-tiba, tanpa diketahui apa sebabnya. Saat sedang asyik-asyiknya mengetik di aplikasi office, berselancar di internet atau tugas lain seperti mengedit foto, desain atau merender video, tiba-tiba laptop atau komputer mati tak sempat menyimpan data.

Komputer atau laptop yang mati restart sendiri secara tiba-tiba, seperti kehilangan arus listrik, tidak akan dapat menyimpan data yang belum di save1. Biasanya laptop ada baterai cadangan yang mengatasi kendala arus listrik yang turun naik, tidak seperti komputer yang tidak menggunakan Stabilizer atau UPS. Processor komputer yang bekerja tak kan sempat menyimpan data terakhirnya yang belu di save. RAM juga belum sempat membersihkan cache sehingga bila  laptop dinyalakan ulang biasanya muncul pesan error untuk repair atao restore system yang blackout tadi.

BERIKUT INI ADALAH CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER YANG TIBA-TIBA MATI RESTART SENDIRI

Pages ( 1 of 5 ): 1 2345Next »

Berikan Ulasan Di sini