Cara Merekam dan Mengedit Video di TikTok dan Aplikasi Edit Video PC

Tutorial Cara Edit Video TikTok

TikTok adalah tentang memposting video pendek untuk dunia, atau fanbase Anda, untuk dilihat dan disukai, dibully, ditertawakan atau bergabung.

Tetapi apa yang terjadi jika Anda membuat kesalahan video? Mungkin Anda salah mengedit video atau ada sesuatu yang salah.

Apakah mungkin untuk mengedit video TikTok setelah Anda mempostingnya?

Sayangnya, TikTok tidak memungkinkan banyak ruang pengeditan setelah video diunggah.

Anda tentu dapat menghapus video Anda dan mengunggahnya kembali, menghapus hal-hal yang tidak Anda sukai sebelumnya.

Dan jika Anda benar-benar menyukai video tersebut, tetapi tidak menyukai judul yang Anda tinggalkan, ada metode cepat yang dapat Anda gunakan yang tidak melibatkan pembuatan ulang video.

Bisakah Mengedit Video TikTok Setelah Posting?

Ada beberapa peringatan yang perlu dipahami sebelum Anda langsung masuk ke dalam inti editing.

Pertama dan terpenting, sebagian besar alat pengeditan tidak tersedia untuk Anda setelah video diunggah, terutama sebagian besar efek visual yang digunakan selama pengeditan awal video.

TikTok (sebelumnya Musical.ly) adalah aplikasi ringan berbasis rumahan dan bertujuan untuk video pendek.


TikTok tersedia di perangkat iOS dan Android dan difokuskan untuk memungkinkan pengguna membuat video pendek, yang sebagian besar berdurasi 15 detik.

Meskipun, pengguna dapat menggabung video ini menjadi 60 detik.

Dengan lebih dari 1 miliar unduhan dan 800 juta pengguna aktif bulanan, TikTok tidak diragukan lagi merupakan aplikasi yang sangat populer tidak hanya di Asia, tetapi juga di negara-negara Barat.

Bahkan, TikTok sekarang tersedia di 154 negara dan 75 bahasa berbeda.

Menurut statistik terbaru, aplikasi telah diunduh lebih dari 130 juta kali di Amerika Serikat saja.

Jika Anda suka membuat video untuk dibagikan kepada dunia (atau hanya teman Anda), maka Anda mungkin tertarik untuk membagikan video Anda di TikTok.

Jika Anda ingin lebih menonjol dari keramaian dengan video yang diproduksi lebih baik, maka Anda perlu belajar cara mengedit video Anda untuk membuatnya lebih efektif dan lebih menarik perhatian pemirsa.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengedit video di TikTok. Ada beberapa pendekatan berbeda untuk melakukan ini, dan kita akan membahas masing-masing.

Editor Bawaan TikTok

TikTok memiliki editor bawaannya sendiri yang dapat melakukan banyak tugas dasar, termasuk menambahkan filter, mengaburkan, menambahkan soundtrack, dan banyak lagi.

Mari kita lihat interface dasar.

Saat Anda meluncurkan TikTok, aplikasi dimulai dengan menunjukkan video yang menurut Anda akan Anda sukai.

Anda dapat menghentikannya kapan saja dengan mengetuk ikon “+” dan memulai video Anda sendiri, yang memunculkan antarmuka pengeditan dan perekaman.

Mari kita mulai dari sudut kiri atas dan berkeliling layar. Saya akan menggunakan versi Android dari aplikasi untuk panduan ini, tetapi versi iOS sangat mirip.

Ikon “X” membatalkan sesi perekaman dan pengeditan Anda.

Perintah “Add a sound” menampilkan perpustakaan suara TikTok, yang sangat luas dan luas. Anda dapat memilih lagu, mencari kata kunci, melihat daftar putar, dll.

Anda tidak dapat mengunggah suara Anda sendiri – meskipun Anda dapat mengatasi batasan itu dengan menggunakan editor eksternal, yang akan kita bahas di bagian selanjutnya, atau dengan memainkan musik yang ingin Anda gunakan di latar belakang saat Anda membuat rekaman.

Anda ketuk tombol ini sebelum mulai merekam sehingga video Anda dapat disinkronkan dengan lagu atau suara yang Anda pilih.

Tombol “Balik” berubah dari depan ke kamera belakang Anda, berguna untuk mengambil video selfie.

Tombol “Kecepatan” memungkinkan Anda mengubah kecepatan perekaman / pemutaran video Anda. Pengaturan berkisar dari 0,1x hingga 3x, yang berarti Anda dapat memutar video Anda mulai dari gerakan lambat 10: 1 hingga gerakan cepat 3: 1.

Tombol “Kecantikan” mengaktifkan atau menonaktifkan mode Kecantikan; semua mode ini hanya menghilangkan sedikit bayangan.

Tombol “Filter” membuka perpustakaan filter TikTok, dikategorikan ke dalam bagian “Potret”, “Hidup”, dan “Getaran”.

Ini adalah filter yang relatif bersih yang melakukan hal-hal seperti memodifikasi palet warna dan kontras gambar, dan mereka diatur secara numerik daripada dengan nama yang cerdas.

Anda dapat kembali ke tampilan dunia tanpa filter (gila, saya tahu!) Dengan memilih filter pertama di bawah bagian “Potret”, berlabel “Normal”.

Tombol “Timer” membuka antarmuka penghitung waktu yang menampilkan garis waktu video hingga 60 detik.

Anda dapat mengetuk titik di mana Anda ingin berhenti (dari 1 hingga 60 detik) dan kemudian ketuk “Mulai Pemotretan” untuk memulai perekaman otomatis tanpa harus menahan tombol perekaman.

Di bawah “Lainnya” (ikon tiga titik yang familier), Anda akan menemukan sakelar untuk beralih antara mode 15 detik dan mode 60 detik, serta sakelar untuk flash Anda.

Di sebelah kanan tombol perekaman adalah tombol “Unggah”, yang membuka galeri video di ponsel Anda dan memungkinkan Anda memilih video untuk diunggah.

Ini adalah bagaimana Anda bisa membuat video dibuat atau diedit di alat lain ke dalam umpan TikTok Anda.

Tombol perekaman (lingkaran merah besar) jelas merupakan tombol yang Anda tekan ketika Anda ingin memulai perekaman tanpa menggunakan timer.

Tombol “Efek” membuka perpustakaan besar efek khusus TikTok, mulai dari perangkat tambahan digital hingga layar terbagi hingga filter augmented reality (AR).

Di sinilah Anda pergi untuk menambahkan mata googly raksasa, efek pusaran pelangi, dan semua perangkat tambahan video lainnya. Ada bagian untuk efek “Trending”, “Wajah,” dan “Hewan”.

Merekam Video

Setelah Anda menyiapkan filter, efek, opsi waktu, dan semua yang Anda butuhkan untuk video Anda, Anda dapat menekan rekam dan mulai merekam.

Saat Anda mulai merekam video, bilah kemajuan mulai mengisi di bagian atas layar, menunjukkan berapa lama perekaman Anda.

Ini membantu Anda mengatur waktu sendiri dan tidak membaca rekaman. 15 detik tidak terlalu lama!

Ketika Anda selesai merekam, tekan tombol rekam lagi. Antarmuka sedikit berubah:

Mengedit Video Anda

Di sebelah kanan tombol perekaman, sekarang ada dua tombol baru.

Tombol X membatalkan perekaman segmen ini, dan tombol centang menyimpannya dan membawa Anda ke antarmuka pasca pemrosesan.

Di antarmuka ini, segmen video Anda akan diputar di autoloop.

Anda dapat menekan tombol kembali untuk kembali ke antarmuka perekaman untuk memperluas segmen.

Anda dapat menggunakan tombol “Potong” untuk mempersingkat video Anda.

Tombol “Mixer” membawa Anda ke antarmuka mixer, yang memungkinkan Anda mengatur tingkat suara relatif antara suara yang Anda rekam dan soundtrack yang Anda pilih sebelumnya.

“Select Sound” membuka antarmuka suara dan memungkinkan Anda memasukkan musik atau suara dari perpustakaan TikTok, seperti di layar sebelumnya.

Cara Mengedit Segmen pada TikTok

Tombol “Efek” melakukan sesuatu yang sangat berbeda dengan di layar sebelumnya.

Ini membuka perpustakaan efek yang berbeda, bersama dengan garis waktu video Anda, memungkinkan Anda untuk menerapkan efek hanya untuk bagian video.

Ini adalah fitur yang sangat kuat dan merupakan tempat banyak efek inovatif yang Anda lihat dalam video TikTok dibuat.

Tombol “Set Cover” memilih bingkai dari video Anda sebagai penutup untuk video yang dilihat pengguna lain ketika mereka sedang menelusuri video.

Ini memungkinkan Anda memilih bingkai representatif alih-alih hanya frame pertama video, yang mungkin kosong atau membosankan.

Tombol “Filter” menerapkan filter ke seluruh segmen, seperti yang terjadi pada antarmuka pra-perekaman.

Tombol “Stiker” membuka perpustakaan stiker, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan stiker animasi ke video.

Setelah memilih stiker, Anda dapat menyeretnya ke sekitar layar untuk mengubah di mana ia muncul saat video diputar.

Akhirnya, tombol “Next” membawa Anda ke antarmuka posting.

Posting Video Anda

Antarmuka pengiriman adalah tempat Anda mengirimkan video Anda ke ekosistem TikTok untuk kesenangan (semoga) orang lain.

Anda dapat mengetikkan deskripsi video Anda, bersama dengan #hashtags dan info ke teman-teman Anda.

Anda dapat mengatur video menjadi Publik, hanya terlihat oleh teman Anda, atau hanya terlihat oleh Anda. (Ini memungkinkan Anda menyimpan video untuk mengerjakannya nanti tanpa pekerjaan Anda yang setengah jadi dilepaskan ke alam liar.)

Anda dapat mengatur agar komentar aktif atau tidak aktif, dan Anda dapat mengizinkan atau melarang duet dan bereaksi terhadap video.

Anda juga dapat secara otomatis membagikan video ke akun media sosial lainnya seperti Twitter.

Di bagian bawah layar, ada tombol “Konsep” (yang menyimpan video untuk konsep) dan tombol “Posting”, yang mengirimkan video Anda ke dunia.

Seperti yang Anda lihat, editor video bawaan cukup kuat dan mungkin cukup untuk sebagian besar pengguna.

Namun, jika Anda ingin benar-benar serius tentang nilai-nilai produksi Anda, maka Anda mungkin ingin memeriksa bagian selanjutnya.

Menggunakan Editor Eksternal

Jika Anda menggunakan editor eksternal untuk melihat video TikTok Anda, Anda akan dapat melakukan lebih banyak lagi. Editor TikTok cukup kaya fitur, tetapi itu bukan editor video lengkap.

Namun, sebelum Anda dapat menggunakan editor video lain, Anda harus terlebih dahulu mengunduh video Anda dari TikTok.

Untuk mengunduh video, Anda harus mempostingnya terlebih dahulu. Itu tidak bisa hanya di folder konsep Anda; itu harus diposting ke situs.

Jadi atur sakelar “siapa yang dapat melihat ini” pada video menjadi “pribadi”, lalu poskan videonya.

Setelah diposting, Anda dapat mengetuk profil Anda di TikTok, pilih video, lalu pilih ikon tiga titik dan pilih “Unduh” untuk menyalin video ke perangkat lokal Anda.

Editor Video Berbasis Aplikasi

Ada sejumlah aplikasi pengeditan video yang tersedia untuk ponsel cerdas atau tablet Anda. Mereka memiliki keuntungan karena nyaman dan praktis.

Mereka memiliki kelemahan karena tidak benar-benar jauh lebih kuat atau kaya fitur daripada editor TikTok bawaan.

Namun, mungkin ada baiknya mencoba mereka jika mereka memiliki fitur spesifik yang Anda inginkan.

Di Android, aplikasi pengeditan video yang populer termasuk PowerDirector, Timbre, Vizmato, YouCut, dan InShot. Pengguna iPhone mungkin ingin memeriksa iMovie, Splice atau Filmmaker Pro Video Editor untuk iOS.

Editor Video Desktop

Editor video desktop menawarkan jauh lebih banyak potensi untuk melakukan pekerjaan pengeditan video yang serius.

PC atau Mac Anda secara signifikan lebih kuat daripada ponsel cerdas Anda dan memiliki layar berukuran penuh dan alat antarmuka yang lebih tepat juga.

Jika Anda akan pergi dengan rute ini, saya akan merekomendasikan editor yang memerlukan biaya.

Ada editor gratis di luar sana, dan beberapa di antaranya sangat bagus, tetapi sekali lagi, Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik daripada editor TikTok bawaan tanpa membayar.

Berikut adalah beberapa editor yang lebih baik di luar sana.

Adobe Premiere Elements

Adobe Premiere Elements adalah versi yang lebih ringan dari perangkat lunak pengeditan video Adobe Premiere CC.

Elemen menjaga fitur utama dari induk yang lebih besar tetapi memotong banyak hal yang hanya dibutuhkan oleh para videografer, untuk menjaga harga tetap rendah dan kurva pembelajaran dapat dikelola.

Jika Anda pernah menggunakan produk Adobe sebelumnya, Anda akan langsung di rumah dengan Elements. Elemen memiliki fitur seperti sejumlah besar alat, efek video, dan opsi manajemen perpustakaan media yang membuatnya ideal bagi pengguna TikTok yang berencana melakukan banyak video berbeda.

Premiere Elements berharga $ 99, tetapi ada uji coba gratis yang tersedia sehingga Anda dapat melihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa membayarnya.

Avid Media Composer

Avid Media Composer tidak memiliki uji coba gratis tetapi tersedia hanya dengan $ 19,99 per bulan.

Studio Video Corel

Ada suatu masa ketika Corel adalah perusahaan perangkat lunak grafik komputer peringkat pertama, dan perusahaan itu masih memiliki reputasi yang kuat di dunia pengeditan video. Corel VideoStudio adalah editor video tingkat konsumen yang sangat kuat. Meskipun tidak setingkat dengan Avid Media Composer, itu tidak semahal atau sulit untuk dikuasai. Ini memiliki banyak fitur profesional dan antarmuka pengguna yang tidak sulit untuk dilibatkan.

Corel Video Studio hadir dalam versi Pro seharga $ 69 dan versi Ultimate seharga $ 99. Keduanya sangat kuat dan dapat menangani video TikTok Anda dengan mudah. Ada juga uji coba gratis.

Kiat dan Trik untuk Pembuatan Video

Saat Anda mulai serius membuat video untuk Tik Tok, ada banyak kiat tingkat lanjut yang ingin Anda ketahui. Berikut adalah beberapa yang terbaik yang kami temukan.

Gunakan Editor Video Desktop

Jika Anda membuat dan mengedit banyak video, Anda akan dengan cepat menemukan bahwa editor bawaan, dan bahkan editor berbasis aplikasi yang tersedia, sementara cocok untuk pembuat biasa, hanya saja tidak memiliki fitur lengkap set dan kinerja suite pengeditan video penuh pada komputer desktop. Tidak hanya tampilan pada komputer desktop yang jauh lebih baik untuk melihat file video Anda, tetapi tingkat kinerja desktop atau CPU laptop dan memori juga akan jauh lebih unggul daripada smartphone kelas atas.

Investasikan dalam Kamera Video + Tripod

Smartphone memiliki kamera yang hebat hari ini untuk ukuran dan biaya mereka, dan – seperti halnya sisi editing video – kamera smartphone Anda sangat memadai untuk memulai. Tetapi begitu Anda melewati tahap awal, Anda akan ingin berinvestasi dalam kamera video berukuran penuh yang bagus. Untungnya, Anda bisa mendapatkan kamera video digital yang sangat bagus dengan harga mulai dari $ 40 hingga $ 100. Fitur yang harus dicari termasuk input untuk mikrofon eksternal, zoom optik, layar LCD besar untuk membingkai pemotretan Anda, kemampuan untuk menghasilkan file video beresolusi lebih rendah, dan white balance manual, fokus, dan kontrol eksposur. Bahkan jika Anda tidak menggunakan kamera ukuran penuh, Anda harus berinvestasi dalam tripod – kamera ini akan menstabilkan kamera Anda dan membuat video menjadi sangat stabil, serta memberi Anda cara mudah untuk menyesuaikan sudut dan posisi kamera.

Terangkanlah

Pencahayaan sangat penting. Bergantung pada jenis video yang Anda buat, Anda mungkin benar-benar ingin mengandalkan pencahayaan alami (jika Anda memiliki lingkungan yang tepat dan tidak keberatan memotret hanya pada siang hari) tetapi bagi sebagian besar pembuat, Anda membutuhkan pencahayaan buatan. Lampu terbaik adalah LED berenergi tinggi – mereka menghasilkan cahaya putih terang yang sangat cocok untuk pekerjaan video dan fotografi. Jika Anda melakukan video area besar dengan tarian atau gerakan, Anda ingin pengaturan tiga cahaya – lampu kunci (atau tempat), lampu isi, dan lampu latar. Pembuat video yang melakukan lebih banyak self-style di-wajah Anda seharusnya berinvestasi dalam ring ring, seperti yang kami rekomendasikan di akhir artikel ini.

Background itu Penting

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Berikan Ulasan Di sini