Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2020 Versi Forbes

Orang Terkaya di Indonesia

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2020. Pada tahun ini terdapat 2.095 miliarder, di seluruh dunia. Angka itu turun dari tahun lalu yang sebanyak 2.153.

Dari jumlah itu, sejumlah pengusaha asal Indonesia turut masuk dalam daftar. Membanggakan. Sebab, untuk bisa masuk daftar orang terkaya di dunia ini tak mudah.

Forbes memberikan kriteria bahwa para pengusaha harus memiliki harta atau kekayaan lebih dari USD 1 miliar atau atau Rp16,41 triliun (estimasi kurs 16.‬410 per USD). Harta ini berupa aset termasuk perusahaan yang dimiliki, gedung dan bangunan, karya seni dan lainnya.

Berikut ini nama-nama miliarder Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes untuk 2020.

  1. Hartono Bersaudara

Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati posisi orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono memiliki total kekayaan mencapai USD13,6 miliar atau setara dengan Rp217,6 triliun.

Posisi kekayaan itu, membawa dirinya sebagai orang terkaya di Indonesia nomor satu. Sementara dia juga mencatatkan dirinya di posisi 80 dalam daftar orang terkaya dunia.

Sedangkan Michael Hartono, saudara dari Budi Hartono, menempati posisi kedua orang terkaya di Indonesia dan berada di posisi 86 dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan Michael tercatat mencapai USD13 miliar atau setara Rp208 triliun.

Sumber kekayaan utama kedua bersaudara tersebut berasal dari kepemilikannya atas perusahaan rokok Djarum dan Bank BCA.

  1. Sri Prakash Lohia

Menyusul nama Hartono Bersaudara, di urutan ketiga ada nama Sri Prakash Lohia. Perempuan ini berada di urutan ketiga orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD4,3 miliar atau setara dengan Rp68,8 triliun.

Dalam daftar orang terkaya di dunia, Sri Prakash Lohia berada di urutan 414. Sumber kekayaan utamanya berasal dari Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

  1. Keluarga Tahir

Posisi keempat orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Keluarga Dato Sri Tahir. Pemilik dari Mayapada Group yang bergerak di bisnis perbankan, rumah sakit dan real estate memiliki total kekayaan mencapai USD4,1 miliar atau setara Rp65,6 triliun.

Kekayaan Keluarga Tahir ini juga berhasil membawa di urutan 437 dalam daftar orang terkaya di dunia.

  1. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu menempati posisi kelima orang terkaya di Indonesia dengan memiliki kekayaan senilai USD3,5 miliar atau setara Rp56 triliun. Dia juga berhasil menduduki posisi 538 dalam orang terkaya di dunia versi Forbes.

Salah satu sumber kekayaannya berasal dari bisnis kayu yang digeluti sejak 1970-an bernama PT Barito Pacific Timber. Pada 2007, perusahaan itu berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu.

  1. Chairul Tanjung

Pemilik CT Group yang bergerak di bidang layanan finansial, media, ini berhasil menempati posisi keenam atau menjadi orang terkaya ke-648 di dunia versi Forbes. Pengusaha ini memiliki kekayaan senilai USD3,1 miliar setara Rp49,6 triliun.

Berikan Ulasan Di sini