Viral Video Bendera India Ada di Demo Pendukung Trump di Capitol

Viral Video Bendera India Ada di Demo Pendukung Trump di Capitol

Sebuah video viral memerlihatkan bendera India dikibarkan dalam demo pendukung Presiden Donald Trump di Gedung Capitol, Washington DC.

Sontak, rekaman itu menjadi perbincangan di “Negeri Bollywood”, dengan netizen kebanyakan melontarkan kritikan.

Bendera berwarna saffron, putih, dan hijau dengan Ashoka Chakra di tengahnya dikibarkan di luar Gedung Capitol Rabu (6/1/2021).

Tidak dijelaskan siapa yang mengibarkan bendera India itu, atau apa yang menjadi motifnya membentangkannya dalam demo pendukung Trump. Anggota parlemen dari Partai Bharatiya Janata (BJP), Varun Gandhi mengunggah video viral itu di Twitter dan memberikan kecaman.

“Mengapa ada bendera India di sana? Ini adalah kondisi yang seharusnya kita tak perlu berpartisipasi di dalamnya,” kecamnya.

BACA JUGA:   Kata KPK soal Jarang Periksa Eks Mensos Juliari: Biar Saja Kalau Tak Mengaku | Liputan6

Dilansir India.com Jumat (8/1/2021), warganet ramai-ramai menyebut orang yang mengibarkannya adalah pendukung Trump.

Pemimpin kongres Shashi Tharoor di twit-nya menyatakan, adanya insiden pengibaran bendera triwarna itu seharusnya menjadi peringatan bagi mereka.

Dia menuturkan, ada beberapa orang India yang mempunyai pikiran sama dengan pendukung presiden berusia 74 tahun tersebut.

Oknum itu, kata Tharoor, menggunakan bendera bukan sebagai bentuk kebanggaan, melainkan sebagai senjata.

“Mereka mengecam siapa pun yang tak sejalan dengan mereka sebagai pengkhianat dan anti-nasionalis. Ini harus dijadikan peringatan untuk kita semua,” ulasnya.

Pemimpin Partai Shiv Sena Priyanka Chaturvedi berujar, yang mengibarkannya seharusnya malu karena sudah mendukung kejahatan di negara lain.

BACA JUGA:   HEBOH, Usulan Adanya Test Keper4wanan Bagi Wanita yang Akan Menikah! Begini Penjelasannya..

Sementara komedian Vir Das menanggapinya dengan lucu. “Wahai orang India yang mengibarkan bendera di #CapitolRiots. Setiap kerumunan itu bukanlah pertandingan kriket!”

Kerusuhan di gedung parlemen AS itu dipicu seruan Presiden Trump bahwa dia dicurangi dalam Pilpres AS 3 November 2020.

Total lima orang tewas dalam kerusuhan tersebut, dengan empat di antaranya adalah pendukung sang presiden dan seorang lagi polisi.

Buntut dari insiden itu, Trump menerima hujatan bahkan dari sesama politisi di Partai Demokrat, dengan muncul seruan supaya dia dimakzulkan.

Artikel Asli https://www.kompas.com/global/read/2021/01/09/213734870/video-viral-ada-bendera-india-di-demo-pendukung-trump-di-capitol?page=1

 30 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *