Cara Merubah Ukuran Aspect Ratio Video di Adobe Premiere Pro

Dalam proses editing menggunakan program program Software editing Adobe Premiere Pro, seringkali terjadi, video yang direkam secara format wide 16:9 tiba-tiba di timeline Premiere Pro berubah skala/ukurannya menjadi 4:3 (kotak) dan itu menjadikan tampilan video jadi tampak lonjong.

Cara Mengubah Ukuran Aspect Ratio Video di Adobe Premiere

Kali ini kami akan berbagi sedikit tips Cara Merubah Ukuran atau Skala Aspect Ratio Video di Adobe Premiere Pro, dan bagaimana cara mengubah aspect rasio beberapa Clip video sekaligus di Adobe Premiere Pro, untuk memudahkan proses editing video anda selanjutnya.

Entah kenapa dan apa sebabnya ini terjadi, yang jelas tetap harus dihadapi.

Masalahannya Clip yang mau diubah skalanya bukan cuma 1 (satu) Tapi banyak, bahkan clip itu beratus bahkan sampai beribu-banyaknya?

Kalau 1, 2 atau beberapa clip saja mungkin kita bisa merubahnya satu per satu dan pekerjaan pun selesai.

Tapi ini sangat bejibun! Adakah cara untuk mengubah skala semua clip video yang lonjong itu sekaligus?

Bagaimana cara mengubah sekalipus aspect rasio banyak Clip video di Adobe Premiere Pro?

Untungnya ada, dan cara ini saya dapatkan sendiri sebagai pengalaman pribadi, dan bukan dari situs rujukan manapun, dan mari kita bahas bagaimana caranya, yang sangat simple dan 1-2 langkah saja.

BACA JUGA:   Teknik Promosi Cara Memasarkan Produk atau Jasa Secara Online Social Media Marketing

Cara Merubah Ukuran Scale Beberapa Clip Sekaligus di Adobe Premiere Pro

Cara untuk mengubah kondisi seperti ini adalah:

Hal ini terjadi mungkin dikarenakan frame video shooting adalah format DV 16:9, dan settingan ukuran format frame Squence format yang tidak sama / lebih besar.

Format Asal  sumber bahan (source file) adalah 4:3 sedangkan ukuran frame lebih besar, makanya berubah sendiri ketika file hasil rekaman dimasukkan ke timeline Squence project Adobe Premiere Pro. Sedangkan di settingan Squence adalah 16:9.

Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah

1.  Buatlah Squence yang sesuai dengan format output final render yang diinginkan – misalnya kalau HD 720 (1280h x 720v), atau kalau HD 1080 : 1440h x 1080v

2. Untuk mengubah ukuran clip pertama, pilih di Ctrl + A untuk men-seleksi salah satu clip yang ada di timeline sequence yang mau disesuaikan skalanya.

3. Kemudian Ctrl + C (copy) transformasi Anda dari panel – Efek (Control Panel) tadi, Kemudian select (pilih) semua clip  (select all clip) sorot semua clip lainnya yang mau diubah ukuran sesuai urutan, atau clip yang ingin diubah atau disesuaikan (diperbesar atau diperkecil) ukuran skalanya  kemudian paste (kalau di Windows  tekan keyborad  Ctrl + V, kalau Apple Mac = Cmd + V).

Pilihan lain akan, jika Anda sudah memiliki semua klip Anda dalam urutan waktu Anda bisa sarang yang urutan ke urutan lain, daripada menerapkan skala Anda dengan urutan bersarang.  

BACA JUGA:   ‘Mereka Berdua Menunggu Momen yang Tepat’ Putri Anne Nangis Tahu Ini! Sosok Ini Sebut Antara Amanda Manopo dan Arya Saloka Akan Ada Berita Besar!

Dengan cara ini, Anda dapat menerapkan efek ke semua clip.

Namun, sepertinya Anda sudah upscaled video Anda, sehingga trik bersarang tidak akan bekerja sebagai urutan bersarang akan dipotong menjadi 16: 9 dan pengurangan ukuran tidak akan memulihkan daerah terpotong.

Kecuali secara manual diubah satu persatu

Catatan tambahan: Efek / Distort / Transform adalah alat yang lebih baik untuk skala, tetapi meningkatkan waktu render.

Jika rekaman Anda adalah interlaced, itu harus diuraikan sebelum scaling.

Semua bahan sumber harus menjadi serupa dengan pengaturan proyek untuk menghindari hasil yang tidak diharapkan selama rendering, melalui klik kanan pada sumber di jendela proyek.  

Jadi, jika Anda menggunakan 4: 3 materi dalam 16: proyek 9, sesuai untuk 16: 9 dari Efek / Distort / Transform lebar untuk 75% dari centang kotak Skala Uniform sebelum skala tambahan. Jadi, eh .. ya, untuk menjawab pertanyaan Anda. 🙂 Lol

Entah mengapa sebabnya. Tips Agar ini tidak terjadi Coba Set Scale defalut Squence.

‘Skala Default untuk Bingkai Ukuran’ preferensi dapat menyebabkan kebingungan karena tidak selalu jelas cara kerjanya, dan bagaimana hal itu mempengaruhi rekaman dalam proyek Anda. 

Singkatnya Adobe Premiere Pro tutorial ini, Maaf kalau penjelasan kurang bisa dimengerti, kurang bisa menjelaskan lebih terang.

BACA JUGA:   Diduga Suspect Corona Sepulang dari Pulau Pasumpahan

Kalau kurang jelas bisa menanyakan langsung atau via koment (respon lambat)  efek preferensi apa yang telah di rekaman Anda dan mengapa hal mungkin tidak selalu tampak untuk bertindak dalam cara Anda berpikir seharusnya ketika preferensi ini atau tidak dipilih.

Jangan lupa like Laman Fb kami untuk update terbaru.

BACA JUGA:

  1. TIPS MENGATASI RASA MALAS DALAM VIDEO EDITIING

  2. PENYAKIT YANG SERING TERJADI PADA PARA EDITOR

 4,402 total views

3 Replies to “Cara Merubah Ukuran Aspect Ratio Video di Adobe Premiere Pro”

  1. Mail Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published.