Inilah yang Harus Kamu Lakukan Jika Di Gigit Ular Berbisa, Lipan, Kalajengking dan Tertusuk Paku Berkarat

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Jika Digigit Ular Berbisa, Lipan, Kalajengking atau Tertusuk Paku Berkarat

Seringkali kali kita mendengar banyak orang yang meninggal karena digigit oleh ular berbisa, lipan, di sengat kalajengking dan juga infeksi karena tertusuk paku berkarat. Ketika kamu atau keluarga teman kerabat kena gigit ular.

Namun kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara penanganan atau pertolongan pertama yang benar terhadap korban.

Karena ketidak-tahuan inilah yang telah banyak menyebabkan banyak korban tewas karena “bisa” atau racun tersebut telah menyebar dalam tubuh si korban.

Ingatlah, pertolongan pertama dapat menyelamatkan nyawa seseorang, oleh karena itu anda wajib mengetahui cara pengobatan atau pertolongan pertama yang musti dilakukan jika ada yang mengalami musibah tersebut.

Inilah yang harus segera anda lakukan :

1. Sediakan minyak goreng/minyak sayur yang baru satu sendok makan.

2. Sediakan kain perca atau robek kain/baju sudah tidak layak pakai yang bahannya dari benang (kapas) ukuran 10 x1 0 cm. Jangan memakai bahan nilon atau katun.

3. Sediakan satu buah geretan/korek api/mancis.

4. Gulung kain perca dengan telapak tangan, kemudian celupkan satubagian (ujungnya) ke dalam minyak goreng! Selanjutnya bakar bagian yang basah oleh minyak goreng tadi.

BACA JUGA:   Kisah Pria Asal Agam Diputusin Cewek karena Gaji UMR, Kini Nasibnya di Rantau Bikin Haru

5. Biarkan beberapa detik sampai api menyala dan cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh besi paku.

6. Banyak cambukan antara 8-10 kali, jangan lebih dari 10 kali, karena akan menyebabkan luka bakar pada kulit yang di cambuk.

7. Apabila anak anda masih berumur 2-5 tahun, cukup 5 kali saja.

8. Hilangkan rasa kasihan terhadap korban disaat anda mencambuk bagian yang luka, karena rasanya sangat sakit dan perih. Niscaya racun/bisa yang menjalar ke dalam tubuh akan berkurang.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *