Ukuran Pas foto 4x6

Ukuran Pas Foto di Photoshop 2×3 dan 4×6

UKURAN PAS FOTO DI PHOTOSHOP 2X3 DAN 4X6

Membuat pas foto sendiri ukuran 2×3 3×4 dan 4×6 di Photoshop.

Sebelum ini mungkin kita sudah tahu, sudah pernah melihat pas foto ukuran 2×3, 3×4 atau yang 4×6.

Tapi taukah berapa ukuran sebenarna pas foto tersebut?

Membuat Pas Foto Ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 di Photoshop

Kali ini update tentang cara membuat pas photo dengan berbagai ukuran umum yang biasa dipakai misalnya ukuran 2 x 3, 3 x 4 dan 4 x 6 cm.

Pas foto dengan ukuran tersebut biasanya sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti administrasi pendaftara persekolahan, lamaran pekerjaan, atau bahkan melamar mantan untuk jadi pendamping hidup yang di-SAH-kan.

Pas foto sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan, pas foto untuk buku nikah, juga foto untuk KTP, Ijazah atau sertifikat, dan lain-lain.

Kalau anda sudah bisa mengedit sendiri pas foto menggunakan photoshop, anda tidak perlu lagi datang ke studio photo, karena anda sendiri bisa mengedit foto tersebut.

Cukup  hanya dengan menggunakan Kamera SmartPhone dan mengeditnya sendiri dengan Aplikasi Edit Foto Adobe Photoshop, anda siap mencetaknya.

Tapi tunggu dulu, sudah benarkah ukuran pas foto yang anda buat?

BACA JUGA:   Daftar Harga Cetak Foto 10R 4R 3R - Foto Polaroid - Canvas

Cek di Sini: Berbagai Macam Ukuran Pas Foto

Jadi setelah anda jepret menggunakan kamera hp atau hasil jepretan kamera digital lalu ganti latau atau background.

Tips: Untuk memudahkan Proses pengeditan Pas Foto, sebaiknya gunakan langsung latar belakang atau background foto itu, sebaiknya langsung menggunakan latar background berwarna sesuai dengan permintaannya, misalnya warna merah atau warna biru, itu yang umum biasa dipakai.

Jadi tidak terlalu repot pas ngeditnya, jadi tinggal croping sesuai area ukuran pas foto yang diinginkan … dan PRINT!

Simak juga : Cara Membuat Disain Logo Teks 3D dengan Photoshop

Bagaimana cara membuat ukuran pas foto uk. 2×3 cm, 3×4 cm, 4×6 cm menggunakan photoshop?

Setelah mengetahui ukuran standar pas foto 2×3, 3×4 dan 4×6 realnya atau sebenarnya tidak murni segitu dari dikurangi agak 2 mm untuk area putih sebagai garis pas foto.

Tapi kalau ada hasil foto yang layarnya bermotif macam-macam, maka terpaksa anda harus mengeditnya.

Kalau anda sudah biasa ngedit foto, untuk membuat pas foto dengan photoshop tidak terlalu susah, hanya dibutuhkan teknik seleksi pada foto atau teknik cutting, kemudian ganti background foto (merubah warna background foto).

BACA JUGA:   Daftar Ukuran Kertas HVS A5 A4 A3 A2 A1 A0

Buatlah master pas foto untuk disimpan dengan ukuran lebih besar, misalnya ukuran 3R atau 4R atau lebih besar gapapa. Tapi pas mau di cetak atau mau dikirim harus sesusi presisi ukuran tersebut.

Dan cara mengedit foto menjadi berbagai ukuran jadi lebih mudah, cukup simple dan mudah.

Membuat pas foto dengan photoshop :

1. Buka Start Program Adobe Photoshop …

2. Buka foto yang akan dijadikan pas foto sesui ukuran yang diminta.

3. Kalau background berbeda dari yang di minta, anda harus terlebih dahulu mengubahnya.

4. Cara membuang background yang ada. Buat dulu layer duplicatenya, kemudian Anda buat seleksi terlebih dahulu area yang akan dibuang. Lalu kalau yang terseleksi justru bagian inti, tekan saja Ctrl + Shift + I untuk membalik seleksi (jadi backgroundnya yang terseleksi) lalu kemudian tekan DELETE. Kemudian dengan tool Paint Bucket di Adobe Photoshop, buat layer baru di belakang gambar dan beri warna background sesuai permintaan. Kalau sudah kemudian hilangkan seleksi dengan tekan Ctrl+D dan hasilnya seperti dibawah ini

BACA JUGA:   Aplikasi Edit Foto Wajah Tua Berdua 3 Paling Populer

Membuat Pas Foto dengan Adobe Photoshop

5. Edit Pas Foto, kalau mau cetak/ print sebaiknya edit yang paling besar dulu, misalnya 4×6 dulu baru 3×4 dan 2×3. Untuk pas foto ukuran  4×6 cm, klik pada toolbox yang terletak pada sebelah kiri Adobe Photoshop, setelah tampil, pilih Crop dan di option menu ubah nilai Width = 3,8 cm dan Height = 5,6 cm dan Resolutions = 72 pixels/inch. Area sisa 0,2 cm (2 mm) adalah untuk yang warna putihnya …

Membuat pas foto dengan photoshop

6. Maka Croplah foto tersebut, dan usahakan posisi cropping tidak miring. Hasilnya dari edit foto ukuran 4 x 6 seperti dibawah ini

Ukuran Pas foto 4x6

8. Untuk membuat pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 caranya sama seperti di atas, dan di bawah ini contoh pas foto ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6.

Membuat pas foto dengan photoshop Untuk lebih detailnya mengenai tutorial membuat pas photo,

Demikianlah tutorial cara membuat pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6 cm dengan menggunakan Softwate atau Program Adobe photoshop.

Semoga bermanfaat.

 3,685 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *