Viral Fenomena Perubahan Waktu dari Perbatasan Manokwari Papua Barat, Pergantian WIB dan WIT Ternyata Bisa Terlihat Langsung!

Viral di media sosial video yang menunjukkan perubahan jam atau zona waktu dari WIT ke WIT, yakni dari Papua Barat perbatasan Manokwari.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @toms223, Rabu, 27 Desember 2023 terlihat perubahan zona waktu di Papua Barat perbatasan Manokwari langsung terlihat jelas.

Pasalnya, dalam video yang viral di media sosial itu, jam yang ditunjukkan di sebuah ponsel usai melewati perbatasan sangat terlihat perubahannya.

Jam yang tertera saat berada di perbatasan Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan bisa menunjukkan perubahan jam yang sangat jauh berbeda.

Seorang pria menunjukkan dengan jelas perubahan zona waktu yang ada di perbatasan Papua Barat tersebut.

Terdapat perubahan waktu di perbatasan, dari Waktu Indonesia Barat (WIB) menjadi Waktu Indonesia Timur (WIT).

“Fokus ke jamnya ya apa namanya, kita sekarang berada di perbatasan antara Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan tepatnya di kampung Masabui. Di sini ada fenomena zona waktu, zona waktu di daerah sini dia akan berubah ke Waktu Indonesia Barat,” ucap seorang pria dalam unggahan akun TikTok @toms223 tersebut.

Dalam video yang merekam perjalanan seorang pria memakai mobil itu dari Manokwari Barat ke Manokwari Selatan itu cukup viral.

BACA JUGA:   Kisah Inspiratif : Perlakuan Guru Kepada Murid yang Mencuri ini Sungguh Mengharukan

Pria tersebut dengan jelas mengabadikan momen perbedaan zona waktu dengan sangat jelas.

Bahkan, menurut pria dalam video tersebut, perubahan waktu itu hanya saat melintasi jembatan dan bukit, dan zona waktu langsung berubah.

Ketika melewati bukit tersebut, waktu akan normal kembali.

“Sekarang kita tepat di sini 17.44 WIT nanti sampai di jembatan situ dia akan kembali ke jam 15.00 WIB dia akan kembali ke Waktu Indonesia Barat sedangkan kita posisi sekarang di Papua kita tahu Papua itu Waktu Indonesia Timur ya zona waktu Indonesia timur selisih 2 jam dengan pulau Jawa,” tutur dia.

“Kita sudah mulai ke arah jembatan iya teman-teman lihat dia sudah berubah fokus jam nya sudah berubah ke 15.44 WIB nanti setelah jembatan ini dia akan kembali ke waktu normal,” imbuhnya.

Terlihat, dari seluruh waktu yang ditunjukkan dalam layar handphone itu pukul 15.44 WIB seketika berubah menjadi 17.46 WIT setelah melewati jembatan dan bukit tersebut.

“Ini zona waktu yang langka di Papua khususnya di daerah Papua Barat mungkin juga di Indonesia hanya di daerah sini,” ucap dia.

“Coba kita hitung mundur ya, berubah kan dia kembali ke waktu normal oke Waktu Indonesia Timur jadi 17.46 WIT. Oke teman-teman sedikit informasi tadi siang saya lewat sini saya tidak percaya, makanya sore saya ulangi lagi ternyata betul memang di sini ada perbedaan waktu,” sambungnya.

BACA JUGA:   Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid dan Doanya, Muslim Wajib Tahu

Sontak saja video tersebut viral dan ditonton ribuan kali oleh masyarakat Indonesia. (*)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *