Resmi Cerai 16 Desember, Din Syamsuddin Nikahi Cucu Pendiri Gontor

Kabar bahagia datang dari mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Hari ini (3/1/2021), Din resmi mempersunting cucu dari pendiri Pondok Pesantren Gontor yaitu Rashda Diana.

Pernikahan ini berlangsung terbatas di rumah pimpinan Ponpes Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Kepala KUA Mlarak Muhamad Auliyaussofi mengatakan kepada awak media, jika prosesi berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh kedua pihak keluarga.

Rashda Diana merupakan wanita ketiga yang dipersunting oleh Din. Istri pertama Din bernama Fira Beranata dan dikaruniai 3 anak laki-laki.

Ketua Umum Muhammadiyah saat ini, Anwar Abbas mengaku sebagai salah satu orang yang menyaksikan lika-liku perjalanan cinta Din Syamsuddin.

Anwar membuat catatan untuk Din yang dibagikannya kepada wartawan dengan judul ‘Din Syamsuddin Adalah Adikku dan Doa Kita’. Diketahui, Anwar juga merupalan salah satu yang diundang dalam acara tersebut.

Setelah Fira meninggal pada 2010 lalu, Din menikahi Novalinda Jonafrianty pada tahun 2011.

“Lebih kurang setahun kemudian dia pun menemukan tambatan hatinya untuk dijadikan sebagai pendamping hidupnya. Aku lihat dia senang dan bahagia. Tapi sayang setelah beberapa tahun berkeluarga, badaipun datang menerpa. Apa yang terjadi biarlah mereka berdua saja yang tahu akan duduk masalahnya,” kata Anwar Abbas dalam tulisannya yang dibagikan ke wartawan.

Menurut Anwar Abbas, Din sebenarnya sangat sayang pada Novalinda dan berusaha menyelamatkan rumah tangganya.

“Berbagai cara dan upaya telah dilakukannya. Ibarat orang berjalan dia telah sampai keujungnya. Tapi Tuhan yang di atas sana tampaknya sudah punya ketentuan tersendiri untuknya, sehingga takdir membawanya ke arah yang berbeda,” kisahnya.

Anwar Abbas menuturkan Din dan Novalinda berpisah secara baik-baik. Perceraian itu juga sudah dibahas bersama.

“Cuma yang membuat aku gembira di tengah sedih yang aku rasa, mereka berpisah karena Allah dan bercerai juga karenaNya juga. Mereka bicarakan perpisahan mereka secara baik-baik walau harus berurai air mata,” tutur Anwar Abbas.

Din dan Novalinda resmi bercerai pada 16 Desember 2020 setelah gugatan yang diajukan Novalinda dikabulkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Hari ini, Din resmi menikah dengan Rashda Diana.

Anwar Abbas juga bicara soal sosok Rashda Diana. Dia menyisipkan doa untuk Din dan sang istri.

“Untuk itu sekarang sebagai orang yang dekat dengannya mari kita sama-sama berdoa, memohon kepada Allah SWT, supaya beliau akan bisa lebih bahagia di saat usianya yang sudah menapak semakin tua,” ungkap Anwar Abbas. (*)

 2,568 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *