Pilih Hydrogel HP atau Tempered Glass untuk Screen Protector

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, kini varian smartphone yang tersedia di pasaran sangat beragam.

Salah satu segmen smartphone yang sering jadi sorotan publik adalah varian flagship yang biasanya meluncur dengan banderol mahal, sebab memang membawa spesifikasi yang tidak main-main.

Semakin mahalnya smartphone, tentu proteksi maksimal menjadi satu kebutuhan yang mendesak, khususnya bagi pengguna yang ingin menjaga kondisi smartphone-nya tetap prima dalam jangka waktu yang lama.

Selain menggunakan casing, sebagian besar pengguna smartphone menggunakan pelindung layar berbagai tipe di pasaran untuk mencegah retaknya layar smartphone. Dua jenis pelindung layar yang sedang populer saat ini adalah tempered glass dan hydrogel.

Mana yang terbaik antara 2 pelindung layar ini?

Perbandingan tempered glass vs hydrogel screen protector

Responsivitas sentuhan

Mungkin sebagian besar dari pembaca sudah pernah mencoba pelindung layar jenis tempered glass. Pelindung layar jenis ini biasanya hadir dalam ketebalan mulai dari 0,3 – 0,5 mm yang bisa jadi memengaruhi sensitivitas digitizer terhadap sentuhan jari.

Kendati demikian, biasanya pengguna tidak serta-merta merasakan penurunan sensitivitas yang drastis hingga mengganggu pemakaian smartphone. Aspek lain yang berkaitan dengan ini adalah sensasi taktil yang ditawarkan oleh tempered glass sangat mirip dengan layar smartphone sebelum ditutup pelindung layar.

BACA JUGA:   Viral Kisah Ibu Muda Tak Rela Bayinya Diminta Keluarga Suami, Padahal Pas Hamil Tak Pernah Dinafkahi

Sedangkan pelindung layar jenis hydrogel atau yang biasa disebut dengan liquid glass ini jauh lebih tipis dari tempered glass, beberapa varian hydrogel yang mainstream di pasaran mengklaim punya ketipisan hingga 100 nanometer yang jika dipasangkan ke layar HP, kamu enggak bakal melihat bagian tepinya.

Pada aspek responsivitas sentuhan inilah hydrogel atau liquid glass screen protector unggul, sebab ketipisannya yang jauh lebih superior dari pada tempered jelas membuatnya lebih sensitif terhadap sentuhan jari.

Daya tahan

Tujuan utama dari pelindung layar, ya jelas untuk melindungi layar. Mengenai itu, tempered glass dan hydrogel memiliki perbedaan yang cukup seginifikan.

Pada dasarnya, tempered glass adalah lempengan kaca yang disertai perekat. Jadi, praktisnya smartphone kamu punya 2 lapisan kaca ketika menggunakan tempered glass, yang mana jelas menambah proteksi dari benturan dan mencegah kaca smartphone retak.

Di sisi lain, hydrogel terbuat dari bahan elastis yang bisa merenggang. Pada esensinya, fungsi hydrogel adalah untuk menahan goresan, bukan untuk mengurangi dampak benturan seperti tempered glass.

Pada aspek daya tahan, tempered glass jelas pemenangnya sebab dari ketebalan dan material yang digunakannya lebih superior dari pada hyrdogel atau liquid glass.

Estetika layar

Setelah mengetahui keunggulan masing-masing dari segi responsivitas dan proteksi, berikutnya adalah estetika layar. Meski sebenarnya tidak secara langsung memberi fungsi, estetika layar bisa memengaruhi kenyamanan pengguna secara subjektif.

BACA JUGA:   Hasil Otopsi Jenazah Vanessa Angel dan Suami Bikin Merinding, Roy Suryo Ngode Sopir Ngebut

Banyak dari varian tempered glass yang beredar memiliki bagian tepi yang tidak mengikuti kurva layar, sehingga menghasilkan pembiasan cahaya ketika dilihat dari sudut menyamping. Kamu bisa menemukan ini pada bagian tepi potongan tempered glass yang memberi impresi jelas bahwa ada lapisan layar ekstra di smartphone kamu.

Sedangkan hydrogel terlihat sangat menyatu dengan layar, memiliki tepian yang tipis dan menempel erat dengan pinggir layar smartphone yang memiliki kurva. Ini membuat pengoperasian lebih nyaman karena jari tidak akan “tersangkut” ke tepian pelindung layar seperti pada tempered glass.

Kesimpulan

Kriteria Tempered glass Hydrogel
Tekstur Mirip dengan permukaan kaca layar smartphone (4/5) Cenderung lebih lunak, tetapi tetap nyaman di jari (4/5)
Tampilan Bagian tepi bisa mengganggu estetika smartphone (3/5) Menyatu dengan layar, yaris tidak terlihat (4/5)
Kenyamanan pemakaian Bagian tepi bisa menghalangi jari (3/5) Layar tetap responsif sebab tipis (4/5)
Kemudahan pemasangan Sangat mudah sebab permukaan yang rata dan kaku (4/5) Tergolong sulit karena bahannya lentur (2/5)

Jadi, pelindung layar mana yang terbaik antara tempered glass vs hydrogel liquid glass scree protector? Pilihannya kembali ke kamu, ada aspek yang perlu kamu tinggalkan demi proteksi yang maksimal, berlaku juga sebaliknya.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *