Ian, Bocah yang Viral karena Bantu Jalan Ambulans yang Kena Macet, Sang Ibu Ungkap Rahasia Anaknya

Ian, Bocah yang Viral karena Bantu Jalan Ambulans yang Kena Macet, Sang Ibu Ungkap Rahasia Anaknya

“Kiri depan, kiri depan, terus, terus, terus”. Begitu kira-kira teriakan Muhammad Andrian (7), bocah penjual tisu di simpang Jalan Kiaracondong-Soekarno Hatta, Kota Bandung, ketika membantu membukakan jalan bagi ambulans yang membawa pasien gawat darurat.

Aksi spontan bocah yang karib disapa Ian ini terekam kamera pada Sabtu (8/5/2021) lalu dan videonya viral di media sosial Instagram.

Dalam unggahan video di akun Instagram @adalahkabbandung, Ian tampak cekatan melambaikan tangannya pertanda meminta jalan kepada sejumlah pengemudi mobil yang menghalangi ambulans.

Ian, Bocah yang Viral karena Bantu Jalan Ambulans yang Kena Macet, Sang Ibu Ungkap Rahasia Anaknya
Ian, Bocah yang Viral karena Bantu Jalan Ambulans yang Kena Macet, Sang Ibu Ungkap Rahasia Anaknya

Saat ditemui di simpang Jalan Kiaracondong-Soekarno Hatta, Ian bercerita tentang aksinya membantu ambulans menembus kemacetan yang kerap terjadi di lokasi tersebut.

“Waktu itu kan lagi macet, terus Ian suruh kepinggir mobil-mobil (yang menghalangi laju ambulans). Kasihan kan, ambulans-nya bawa yang lagi sakit,” ungkap Ian kepada Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

BACA JUGA:   Masya Alloh, Kisah Hidup Endang Irawan, Driver Gojek yang Hidupi Ratusan Santri

Tangkapan layar Instagram Viral di media sosial video aksi heroik seorang bocah membuka akses jalan untuk ambulans di tengah kemacetan. Ian ternyata bukan satu kali saja membantu ambulans membelah kemacetan di simpang jalan tempatnya berjualan tisu.

Ketika ada ambulans yang terjebak macet, dia selalu meminta izin kepada orangtuanya yang juga berjualan di tempat yang sama untuk membantu melancarkan jalan.

“Habis, kalau lampunya hijau, enggak ada ambulans lewat. Tapi kalau merah, ada ambulans lewat,” ungkapnya dengan nada polos. Ian mengaku kasihan jika ada ambulans yang terjebak macet.

Dia khawatir nyawa pasien malah tidak tertolong. Ian memastikan aksinya dilakukan dengan sopan. “Di dalam ambulans kan ada orang sakit, orang kecelakaan, kasihan. Ian suruh minggir mobilnya, tapi Ian enggak pukul mobilnya,” akunya.

BACA JUGA:   Memilukan, Suami Tinggalkan Jenazah Istrinya di Kos, Rupanya Keluar Cari Utang untuk Biaya Pemakaman

Di tempat yang sama, Tini Martini (32), ibu dari Ian mengatakan, anaknya selalu sigap ketika mendengar suara ambulans meski jaraknya masih jauh.

“Waktu itu (dalam aksi yang terekam video viral) Ian lagi makan. Tiba-tiba minta izin sama saya mau bantuin biar ambulans-nya bisa lewat. Saya bilang sok aja, tapi hati-hati banyak motor ngebut.

Memang tiap ada ambulans Ian langsung bangun. Padahal masih jauh ambulans,” tuturnya. Tini mengaku sempat heran mengapa Ian selalu membantu ambulans menerjang kemacetan.

Setelah ditanyakan, Ian ternyata sangat menyukai kendaraan tersebut. Tini berharap, aksi yang dilakukan Ian bisa menjadi contoh untuk masyarakat agar memberikan prioritas jalan kepada ambulans meski dalam kondisi macet.

BACA JUGA:   Miris, Bocah 7 Tahun Dapati Ibunda Tewas Gantung Diri

“Ian memang senang sama ambulans, makanya sering bantuin,” ucap dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Viral, Video Bocah 7 Tahun Bantu Buka Jalan Ambulans yang Terjebak Macet, Ini Cerita di Baliknya”,

 1,188 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *