Viral Uang Rp 15 Juta Hancur Dimakan Rayap, Sudah Disimpan di Bawah Kasur Setahun Lebih

Nasehat Penting Bagi Kamu yang Gila Harta, Ini Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Di dunia ini kita akan menemukan sebagian orang yang ragu di dalam mendapatkan rezeki. Sementara di sisi lain ada orang yang berambisi mencari harta sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkanya.

Syekh Abdul Qadir Jailani dalam Al-Fathur Rabbani wal Faidhur Rahmani, halaman 98 memberi nasehat penting soal rezeki. Beliau mengatakan demikian:

الرِّزْقُ مَقْسُومٌ لايزيد لا ينقص ولا يتقدم ولا يتأخر أنت شاك في ضمان الحق عز وجل، حريص على طلب ما لم يقسم لك، حرصك قد منعك عن الحضور عند العلماء ومشاهد الخير أن تنقص أرباحك وأن يقل زبونك.

Artinya: “Rezeki sudah dibagi (diatur pembagiannya), tidak lebih, tidak kurang, tidak maju, dan tidak mundur. Sementara kamu ragu dengan jaminan Allah dan berambisi untuk menuntut rezeki yang bukan bagianmu? Padahal ambisi atau hasrat itu yang mencegahmu untuk berdekatan dengan ulama dan forum-forum kebaikan karena khawatir keuntungan dan dan pelangganmu berkurang?”

Menurut beliau, rezeki merupakan sesuatu yang pasti akan Allah berikan kepada setiap manusia. Kita tak perlu cemas dalam mencarinya dan tak perlu berambisi.

BACA JUGA:   Cara Merekam dan Mengedit Video di TikTok dan Aplikasi Edit Video PC

Syaratnya kita tetap bergerak agar rezeki sampai di tangan kita.

Terkait apa yang disampaikan Al-Jilani salah satu hadis nabi juga menegaskan demikian:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرِّزْقُ مَقْسُومٌ وكذا الرزق يطلب العبد كما يطلبه أجله

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda, ‘Rezeki sudah dibagi (diatur pembagiannya). Sebagaimana rezeki, ajal pun mengejar manusia,'” (HR Al-Ajaluni fi Kasyfil Khafa).

Yuk, selalu ingat pesan yang disampaikan Al-Jailani ini. Agar kita tidak menjadi budak harta.

Agar kita juga tidak menjadi diri yang miskin, bukan saja miskin harta tetapi juga miskin hati dan pendirian. Wallahu A’lam.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *