BPTP Provinsi Perkenalkan Kalung Anti Virus Corona di Tanah Datar Sumbar

BPTP Provinsi Perkenalkan Kalung Anti Virus Corona di Tanah Datar Sumbar

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, (BPTP) Sumbar Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si bersama jajaran melakukan kunjungan ke Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, Senin (13/7/2020).

Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar turut mensosialisasikan temuan baru mereka tentang tanaman ekaliptus (eucalyptus) sebagai tanaman yang mampu mencegah virus corona atau Covid-19 kepada pemerintah daerah di Sumatera Barat.

Rombongan BPTP disambut Bupati diwakili Sekda Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kadis Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir, Kadis Pertanian Yulfiardi, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis serta undangan lainnya di ruangan kerja Sekda.

Kepala BPTP Jekvy menyampaikan, ia bersama jajarannya diminta untuk menyampaikan tentang ekaliptus kepada jajaran pemerintah daerah sehingga bisa disampaikan juga kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Tahun 1972, Korban Pesawat Jatuh Terjebak Selama 72 Hari di Pegunungan Andes Terpaksa Memakan Tubuh Penumpang Lain untuk Bertahan Hidup

“Ekaliptus ini dari hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Batlitbangtan), mampu mematikan virus corona dan dijadikan antivirus,”ujarnya.

Jekvy menambahkan, ekaliptus bukan dijadikan serum namun dikemas dalam bentuk kalung, salep, hingga difuser.

Produk Kementan ini bertujuan untuk menjadi tameng atau perisai terhadap penyebaran virus corona yang diketahui menyebar melalui droplet atau percikan. Aroma terapi dari ekaliptus inilah yang mampu membunuh virus corona sampai 80% ketika dipakai selama 30 menit. Ke depannya akan dikembangkan lebih lanjut.

Sementara itu, Sekda Irwandi menyampaikan, terima kasih atas kunjungan ini, banyak informasi dan masukan yang diperoleh untuk kemajuan Tanah Datar ke depan khususnya bidang pertanian.

BACA JUGA:   + Layout News and Magazine theme

Dari banyak hal yang disampaikan rombongan BPTP Sumbar, tambah Irwandi, dianggap sebagai salah satu bahan evaluasi bagi Pemerintah Tanah Datar.

“Perihal Ekaliptus menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua dan tentu akan disampaikan kepada masyarakat melalui media informasi. Dan untuk perihal program inovasi tentu ini menjadi catatan khusus terutama bagi OPD terkait untuk bisa digiatkan lagi, dan tentunya disesuaikan juga dengan anggaran yang tersedia,”ujarnya.

Di akhir kegiatan BPTP menyerahkan kalung antivirus Corona produk Kementan kepada Sekda Irwandi.

https://mindafilm.com/2020/07/tarif-artis-ftv-hh-rp-20-juta.html

Apa Komentar Anda