7. Suzy

10 Aplikasi Edit Foto Instagramable di HP Smartphone

10 Aplikasi Edit Foto Instagramable di HP Smartphone

Memotret dari smartphone maupun kamera profesional tetap membutuhkan software untuk mengoptimalkan hasil foto yang sempurna. Sebab ada kalanya tidak semua hasil tangkapan kamera menghasilkan jepretan yang baik dan sesuai keinginan.

Seringkali terdapat noise pada foto. Misalnya, hasil jepretan yang tidak tajam atau nge-blur, di bawah kondisi cahaya gelap (low light), hasil terlalu gelap, bocor, dan sebagainya. Padahal foto tersebut mungkin memiliki momen yang bagus dan tak mungkin diulang.

Kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan kehadiran software atau aplikasi editing foto yang tidak hanya berbasis di personal computer (PC), namun juga dapat di-install pada smartphone.

Aplikasi edit foto ini dapat meningkatkan fokus atau ketajaman pada subjek utama foto, bahkan mengubah foto biasa menjadi luar biasa keren.

Pengguna dapat menambahkan beragam efek, seperti efek aesthetic yang memiliki tone warna kekinian dan tentunya cocok diunggah di media sosial. Berikut 10 aplikasi edit foto terbaik dan Instagramable yang dapat digunakan pengguna smartphone Android maupun iOS.

1. Adobe Photoshop Lightroom

Lightroom tak jauh beda dengan aplikasi edit foto melalui PC milik perusahaan pengembang perangkat lunak (software) kenamaan Adobe. Cara kerjanya pun hampir sama dengan Adobe Photoshop.

Lightroom memiliki berbagai efek yang menarik. Selain itu lightroom dapat memperbaiki foto dengan meningkatkan kualitasnya, hasilnya foto lebih tajam dan tidak menghasilkan blur.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat menghilangkan noda jerawat di wajah dengan bantuan adjustment brush dan spot removal. Pengguna juga dapat merubah latar belakang foto dengan gambar yang diinginkan.

2. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Nik Software, namun sekarang sudah diambil alih oleh Google. Snapseed memiliki fitur edit foto yang beragam, seperti pengaturan tone image, teknik cropping gambar, brush, HDR, pengaturan kontras, efek vignette, hingga pengaturan potrait atau landscape.

BACA JUGA:   Cara Merubah Ukuran Aspect Ratio Video di Adobe Premiere Pro

Setidaknya snapseed memiliki 29 efek dan filter yang dapat menyulap foto menjadi artistik. Selain itu, snapseed juga mendukung foto dengan format RAW dan DNG, kemudian pengguna dapat mengekspornya ke format JPG.

Aplikasi yang mulai dirilis sejak Desember 2012 ini memiliki fitur hasil editan yang dapat langsung dibagikan di media sosial seperti facebook dan instagram.

3. VSCO

VSCO memiliki keunggulan yang memberikan puluhan filter dengan konsep film analog atau vintage. Fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik dan lebih artistik. Selanjutnya, filter tersebut masih dapat dikulik dengan mengatur adjustment hingga memberikan efek vignette.

Namun fitur yang tersedia di VSCO tak seluruhnya gratis, untuk mengakses filter yang lebih aesthetic lainnya, pengguna diwajibkan untuk upgrade VSCO Premium.

4. Photo Lab

Photo Lab memiliki beragam efek dan filter yang menyenangkan. Pasalnya pengguna dapat membuat karikatur berwarna tanpa susah-susah mengeditnya lewat aplikasi dari PC.

Setidaknya terdapat 900 efek, 36 filter, dan lebih dari 30 frame yang dapat digunakan. Kemudian setelah selesai mengedit, pengguna dapat menyimpan foto ke galeri atau membagikannya ke beragam media sosial.

Juga, dalam pengaturan Anda dapat mengaktifkan ubin langsung sekunder, yang menampilkan 9 gambar terakhir yang diedit dan dapat digunakan untuk meluncurkan aplikasi.

Beberapa efek yang tersedia seperti collages for multiple photos, stylish photo filters, beautiful frames, realistic photomontages, creative artistic effects, serta masih banyak efek lainnya menjadikan foto pengguna lebih menarik dan artistik.

Meski dapat dinikmati secara gratis, namun Photo Lab tidak bebas iklan, beberapa pop-up iklan sering muncul dan cukup mengganggu. Namun, pengguna tetap dapat menghilangkannya dengan membeli aplikasi premium yang disediakan.

BACA JUGA:   Sepakat Cerai, Maell Lee Ogah Beri Nafkah Mutah, Ratna Juwita: Dasar Lelaki Tak Bertanggung Jawab

5. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi edit foto, pembuatan kolase serta media sosial yang dapat dinikmati pengguna smartphone tipe Android maupun iOS. Selain itu, pengguna dapat langsung membagikan hasil editan melalui akun Facebook atau Instagram.

Selain itu, aplikasi yang didirikan sejak November 2011 silam ini memiliki desain yang sangat menarik untuk memudahkan pengguna mengedit foto baik dengan filter atau efek lucu.

PicsArt difasilitasi secara gratis untuk pengguna, terdapat juga fitur gambar sendiri yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah kreatifitas.

6. Pixlr

Pixlr disebut-sebut memiliki jutaan kombinasi efek dan filter yang dapat digunakan seluruhnya secara gratis. Apalagi didukung fitur Pixlr yang juga memiliki fitur auto-fix yang dapat secara otomatis menyesuaikan warna pada gambar maupun foto yang membuatnya memiliki hasil akhir yang keren.

Pixlr juga memiliki fitur yang sedikit rumit. Pasalnya terdapat fitur pembuatan sketsa atau doodle yang memerlukan keahlian dasar dalam pembuatannya. Pixlr juga dilengkapi fitur pembuatan kolase foto dengan berbagai pilihan tata letak dan latar belakang.

Namun demikian, Pixlr tidak bebas iklan. Beberapa pop-up iklan sering muncul dan cukup mengganggu. Namun, pengguna tetap dapat menghilangkannya dengan
membeli aplikasi premium yang disediakan.

7. Canva

Canva merupakan salah satu platform desain grafis yang sempat trending di Indonesia. Pasalnya Canva menyediakan berbagai fitur bagi pengguna untuk membuat grafik media sosial, presentasi, poster, dan konten visual lainnya.

Canva memiliki font dan gambar latar belakang yang beragam dan sangat menarik. Aplikasi yang ada sejak 2012 lalu di Australia ini membuat pengguna dapat mengkreasikan diri dengan membuat gambar yang berisikan quotes, lalu mengunggahnya di media sosial.

BACA JUGA:   Video Macet Saat Diputar di Laptop dan Android | MindaFilm.com

Apalagi Canva sangat digandrungi mahasiswa yang ingin menampilkan presentasi dengan gaya yang aesthetic.

8. Unfold

Unfold didesain untuk pengguna Instagram yang kerap mengunggah momen di Snapgram, apalagi bagi pengguna yang memiliki ketertarikan pada editing foto yang artsy atau memiliki nilai seni.

Unfold menawarkan berbagai template yang artistik dengan ketersediaan font yang artsy. Pengguna mulai tahun ini juga dapat mengedit foto biasa atau video menjadi format GIF atau foto gerak singkat.

9. Prisma

Prisma menjadi sangat menarik bagi pengguna usai pertama kali kemunculannya pada 2016 silam. Konsepnya yang mampu mengubah foto biasa menjadi karikatur yang detail menjadikan Prisma memiliki banyak penggemar.

Prisma seolah hadir dalam balutan seni yang berbeda dari aplikasi editing foto lainnya. Beberapa efek artistik juga tersedia yang semakin menambahkan nilai artsy pada foto pengguna.

10. PicSay

PicSay didesain memberikan efek lucu seperti pembuatan doodle hingga foto dengan percakapan seperti komik. Pengguna juga dapat mengganti latar belakang gambar menjadi sesuatu yang lebih menarik.

Selain itu, PicSay memiliki dua jenis versi penggunaan yakni versi gratis dan pro. Tak hanya itu, PicSay juga dilengkapi dengan fitur remove red eye yang biasanya disebabkan jepretan foto dengan teknik flash.

Setelah melihat keberhasilan edit foto menggunakan aplikasi instagramable tersebut, kira-kira aplikasi mana yang akan kamu pilih untuk dapat mulai berkreasi untuk menghasilkan hasil foto keren dan untuk unggahan media sosialmu?

 41 total views,  1 views today

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *