Tak Ingin Jadi TKW Lagi, Srigati Kembangkan Industri Rumahan

Tak Ingin Jadi TKW Lagi, Srigati Kembangkan Industri Rumahan

Saat ini Srigati (40) warga Desa Mekarjaya Kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur dapat tersenyum sumringah. Kini Dia lebih percaya diri mengembangkan usaha Industri Rumah Tangga (IRT) yang dilakoninya.

Usaha rumahan yang di lakukanya yakni membuat bermacam kue-kue yang di pasarkan di sekitar Desa, juga melalui media sosial Facebook.

Belum lama ini Dia sudah mendapatkan ijin UMKM yang di terimanya dari Pemerintahan Daerah setempat berkat dukungan dari Bupati Lampung Timur terhadap industri UMKM.

Berkat penurunan corona dan mulai kembalinya aktifitas di masyarakat, market pemasaran UMKM yang dikelolanya mulai berjalan lancar.

Ibu dua anak dan mantan TKW Arab Saudi ini sebelumnya hanya menjadi ibu rumah tangga, suaminya hanya buruh serabutan di perladangan.

Kepulanganya 2 tahun lalu menjadi TKW di Arab Saudi, Dia berharap bisa membantu Suaminya menambah perekenomian dengan berusaha mengembangkan Umkm membuat kue-kue persanan dari sekitar Desanya.

“Dulunya belajar saat masih menjadi TKW. Disela-sela menjadi PRT, saya berkeinginan bisa punya usaha di kampung nantinya. Dan berharap pulang bisa mengembangkan keahlian saya ini” terang Srigati, ditemui dikediamanya, (3/10/2021).

Usai pulang kampung, dengan susah payah Srigati perlahan-lahan menjalankan usahanya.

“Gara-gara Corona macet usaha saya, soalnya gak ada orang hajatan dan sepi perayaan apapun. Kini alhamdulilah berjalan lagi dan mulai banyak pesanan” ujarnya.

Walau omset yang diterimanya dalam usahanya tak menentu karena tergantung pesanan. Namun Srigati mengaku usahanya mampu menambah kebutuhan ekonomi keluarganya.

“Kalau omset gak pasti sih mas, tapi bisa mencukupi ekonomi kami dan enggan untuk menjadi TKW lagi” akunya.

Srigati juga mengharapkan kepada Pemerintah Daerah juga bisa mensuport bantuan kepada pelaku industri kecil rumahan sepertinya. (Red)

Artikel Sumber: https://www.aksimediatv.com

 11,810 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *