Badai Kompasu Mulai Mengganas Menuju Selatan Taiwan dan Hongkong, Taiwan Sudah Keluarkan

Badai Kompasu Mulai Mengganas Menuju Selatan Taiwan dan Hongkong, Taiwan Sudah Keluarkan Peringatan Laut

Badai tropis kompasu saat ini berada di dekat selatan Taiwan, kalau menurut rute saat ini, badai ini sedang menuju Taiwan selatan dan juga Hongkong dan Pulau Haiko.

Biro Cuaca Pusat (CWB) mengeluarkan peringatan laut untuk Badai Tropis Kompasu pada hari Minggu kemarin karena intensitasnya terus meningkat dan bergerak melalui Selat Bashi antara Taiwan dan Filipina.

Saat ini kompasu terletak 730 kilometer timur-tenggara Eluanbi, ujung paling selatan Taiwan, bergerak barat-barat laut dengan kecepatan 21 kilometer per jam, kata CWB.

Itu membawa angin berkelanjutan maksimum 83 kilometer per jam dengan hembusan hingga 108 kilometer per jam, menurut biro cuaca.

Badai tropis diperkirakan akan mencapai Luzon, Filipina pada hari Senin dan paling dekat dengan Taiwan pada hari Senin dan Selasa, kata peramal CWB Lin Ping-yu (林秉煜).

Setelah melewati selatan Taiwan, badai ini akan menuju pulau Haiku dan Hongkong akan terkena dampaknya berupa angin dan hujan jika rute tidak berubah.

Dari Senin hingga Selasa, Taiwan timur dan daerah pegunungan di utara kemungkinan akan mengalami hujan lebat atau hujan sangat lebat, menurut Lin.

Sementara itu, angin kencang kemungkinan akan terjadi di wilayah utara Tainan; Taiwan timur; Pulau Anggrek dan Pulau Hijau di lepas tenggara Taiwan; semenanjung Hengchun di selatan; dan pulau lepas pantai Penghu, Kinmen dan Matsu.

Kapal nelayan di wilayah pesisir sekitar Taiwan juga harus tetap waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi, tambah Lin.

Pada hari Senin, suhu siang hari di daerah dari selatan Changhua ke Tainan diperkirakan mencapai 36 derajat Celcius, sedangkan merkuri di Taiwan timur akan berkisar sekitar 27-29 derajat, menurut Lin.

Sumber: https://www.suaraburuhmigran.com/2021/10/badai-kompasu-mulai-mengganas-menuju.html

 7,570 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *