Masak Nasi Di Rice Cooker Cepat Basi? Cek Dulu, Bisa Jadi Penyebabkan Karena Ini!

Foto yang memperlihatkan penyebab nasi di rice cooker cepat basi tengah ramai diperbicangkan masyarakat.

Pada foto unggahannya itu, nampak sebuah rice cooker yang sudah dalam keadaan dibongkar.

Yang mengejutkan adalah saat ditemukan banyak bangkai cicak dan kecoa yang sudah mengering di dalam bongkaran rice cooker itu.

Mengutip dari akun Facebook Alif Mustika, dinformasikan bahwa bangkai cicak dan kecoa yang terdapat dalam rice cooker bisa menjadi salah satu penyebab nasi cepat basi.

Selain itu, ditakutkan bangkai cicak atau kecoa yang terdapat dalam rice cooker akan menyebabkan masalah bagi kesehatan.

“Sekedar mengingatkan, karena hanya bengkel yang tahu penyebab nasi cepat basi di dalam magic/penanak nasi. Dan ini penyebabnya, rempeyek cicak dan kecoa,” tulis akun Facebook Alif Mustika pada 30 Maret 2021.

“Satu ekor cicak saja saja yang mati membusuk di dalam magic sudah menyebabkan nasi basi dan tak enak dan sangat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi, jika lebih dari 30 ekor bangkai cicak,” lanjutnya

Oleh sebab itu, akun Facebook Alif Mustika menghimbau agar rice cooker dibersihkan secara rutin.

Ia juga menyarankan supaya tetap menjaga rice cooker dalam kondisi tertutup, walaupun pada saat itu panci teflonnya tengah dicuci.

“Oleh sebab itu, walaupun magic Anda tidak rusak alangkah baiknya dalam 1-2 minggu sekali dibersihkan untuk menjaga kesehatan keluarga Anda, dan sebagai himbauan tutup magic Anda pada saat teflon sedang dicuci, maupun pada kondisi dingin/tidak panas jangan sampai terbuka sedikitpun,” tulisnya.

Pasalnya, cicak sangat mudah sekali masuk. Cicak bahkan mudah masuk melalui celah-celah teflon, saklar otomatis, ataupun lewat bawah piringan panas.

“Karena cicak mudah sekali masuk melalui selah-selah teflon, saklar otomatid di tengah-tengah elemen, kemudian bisa juga lewat bawah piringan pemanas,” ungkap akun Facebook Alif Mustika.

Hal tersebut rupanya telah dibuktikan kebenarannya oleh salah seorang pengguna akun media sosial yang tidak disebutkan namanya.

Pengguna akun media sosial itu membagikan temuannya melalui akun Instagram @makassar_iinfo pada Senin (15/4/2021).

 657 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *