Sering Diabaikan, 3 Bagian Tubuh Ini Ternyata Menua Lebih Cepat dari Wajah

Sering Diabaikan, 3 Bagian Tubuh Ini Ternyata Menua Lebih Cepat dari Wajah!

Beauties, ternyata ada tiga bagian tubuh yang menua lebih cepat dibandingkan wajah. Sayangnya, masih banyak perempuan yang lalai dan hanya fokus pada wajah saja.

Dalam kebanyakan kasus, ketika membicarakan tanda-tanda penuaan, para perempuan akan menargetkan wajah.

Setiap hari melakukan perawatan cukup intens dengan memakai tabir surya, anti aging demi mencegah kerutan pada wajah namun sering melupakan bagian tubuh lainnya yang juga perlu dirawat.

Yups, sekarang waktunya mengarahkan pandangan kamu ke bagian kulit tersebut.

Berikut 3 area tubuh yang sering diabaikan, padahal bisa menua lebih cepat dari wajah!

1. Siku dan Lutut

Bagian tubuh yang menua lebih cepat/Foto: Pexels.com/Arthousestudio

Beauties, sadar nggak sih, kulit di sekitar persendian kamu terus-menerus menekuk dan meregang hingga akhirnya membuatnya kendur. Berbeda dengan kulit di wajah, kulit di bagian siku dan lutut kurang mendapat perhatian hingga di kemudian hari, kamu akan melihat kulit di bagian tersebut menjadi kusam dan kering karena paparan sinar matahari dan hilangnya kolagen.

Dikutip dari Eminence, kulit lutut umumnya mulai mengendur sebelum kulit di bagian kaki lainnya. Lutut memiliki banyak tulang, tendon dan ligamen, tapi tanpa lemak dan otot, sehingga bagian ini menjadi salah satu bagian tubuh yang lebih cepat menua. Lutut dan siku yang menua akan terlihat berlubang dan tulangnya pun terlihat menonjol.

Mulai sekarang, cobalah merawat lutut dan siku dengan pelembap yang mengandung minyak argan, karena kaya akan antioksidan sehingga menghaluskan dan melembapkan tampilan kulit. Kamu juga bisa merawatnya dengan shea butter yang merupakan pelembap tinggi trigliserida dan asam lemak. Bahan pelembab emolien ini membantu merevitalisasi dan memperbaiki kulit.

2. Dada dan Leher


Bagian tubuh yang menua lebih cepat/Foto: Pexels.com/Arthousestudio
Bagian tubuh yang menua lebih cepat/Foto: Pexels.com/Ardmin

Ngaku deh, pasti kamu rajin mengaplikasikan pelembap di wajah, namun terkadang melupakan area leher. Beauties, mengoles tabir surya di leher bahkan tak mencegah penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan volume dan elastisitas. Hal tersebut karena penurunan produksi kolagen dan elastin, yang artinya, kulit kehilangan kemampuannya untuk bangkit kembali dan mempertahankan bentuknya.

Kulit dada dan leher sangat tipis, tarikan gravitasi bisa dengan cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, lho! Sama dengan lutut dan siku, merawat dada dan leher bisa dengan pelembap yang mengandung minyak argan dan shea butter.

3. Tangan


Bagian tubuh yang menua lebih cepat/Foto: Pexels.com/Moosephotos

Kulit dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu usia dan paparan sinar matahari dari waktu ke waktu. Kulit di seluruh tubuh terdiri dari epidermis (lapisan terluar), dermis (lapisan tengah) dan subkutis (lapisan bawah). Dermis mendukung struktur kulit, yang terdiri dari kolagen, elastin dan serat lainnya yang membuat kulit kamu tampak halus dan kenyal.

Nah, Beauties, tidak ada bagian tubuh yang lebih jelas daripada tangan kamu saat terjadi penuaan, karena kerutan dan bintik-bintik akibat aging cenderung muncul dengan jelas di tangan.

Dilansir dari Healthy, dokter kulit bersertifikat Kally Papantoniou, MD, FAAD, mengatakan bahwa perubahan hormonal menyebabkan hilangnya elastisitas kulit dan hilangnya volume di punggung tangan. Perubahan ini menyebabkan tampilan kulit terlihat kusam dan pembuluh darah sangat menonjol.

Hilangnya kelenjar minyak secara bertahap menyebabkan tangan menjadi kering dan berkerut. Selain penuaan alami, penuaan juga akan terjadi ketika tangan yang merupakan bagian tubuh paling sering terpapar matahari tidak kamu rawat dengan baik, bahkan kamu pun tidak memberinya tabir surya. Padahal, kerusakan akibat sinar matahari adalah penyebab terbesar terjadinya penuaan sebelum waktunya.

Kamu bisa sering-sering mengoleskan tabir surya setidaknya SPF 30 atau lebih pada tangan, entah kamu berada di luar ruangan atau hanya di dalam rumah. Seperti yang diketahui, sinar matahari juga bisa menembus kaca sehingga di dalam ruangan pun kamu tetap membutuhkan tabir surya.

Itulah 3 bagian tubuh yang menua lebih cepat dibanding wajah, jadi kamu harus mulai merawatnya dari sekarang.

 9,957 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *