5 Fakta Ceramah KDRT Oki Setiana Dewi Bikin Gempar, Akhirnya Minta Maaf

Oki Setiana Dewi tengah menjadi buah bibir. Ceramahnya yang membahas tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menuai polemik di masyarakat.
Hal itu bermula dari unggahan video yang menampilkan Oki Setiana Dewi ketika sedang berdakwah. Istri dari Ory Vitrio itu menyampaikan ceramah terkait kasus KDRT yang dialami oleh seorang wanita.

Isi ceramah yang disampaikan oleh Oki Setiana Dewi dinilai menormalisasikan praktik KDRT, Bunda. Banyak orang mengecam pandangan Oki mengenai perilaku kekerasan yang harus ditutupi.

Bunda, berikut ini fakta-fakta terkait video ceramah Oki Setiana Dewi yang menghebohkan publik:

1. Video ceramah disebar lewat Twitter

Kehebohan ceramah Oki Setiana Dewi bermula ketika akun TikTok @okisetianadewi13 mengunggah sebuah video pada Rabu (2/2/22). Video itu kemudian viral di Twitter ketika diunggah ulang oleh akun @bijikambingg.

Dalam video itu, Oki menceritakan kisah pasangan suami istri yang tinggal di Jeddah. Pasangan ini bertengkar dan sang suami memukul wajah istrinya hingga menangis.

Pada waktu yang sama, orang tua istri itu datang dan menanyakan keadaan sang putri. Akan tetapi, wanita itu menutupi KDRT yang dilakukan sang suami dengan dalih bahwa ia menangis karena terlalu bahagia bertemu orang tuanya.

BACA JUGA:   SKENARIO TERBURUKNYA Dari Tagar Indonesia Terserah

“Suaminya dari kejauhan deg-degaan, ‘Ya Allah istriku ini pasti ngadu sama mertuaku ini nih bahwa tadi baru dipukul’. Orang tuanya tanya kepada si perempuan ini, anakku kenapa? kok kamu nangis matanya sembab. Istri mengatakan, ‘Ibu Ayah Ya Allah, aku tuh tadi berdoa sama Allah, aku tuh nangis karena rindu sama ibu dan ayah. Eh tahunya Allah langsung jawab doa aku, aku semakin terharu jadi aku nangis tuh rindu, bahagia bisa ketemu ibu dan bapak,” tutur Oki dalam ceramahnya.

Kisah tersebut ditutup dengan pernyataan Oki soal bagaimana harus bertindak bila berada dalam situasi tersebut. Ia mengatakan bahwa kita tak perlu menjelek-jelekkan pasangan kita, Bunda. Pasalnya, ia menilai bahwa saat ini banyak orang melebih-lebihkan cerita soal pasangan mereka.

“Suaminya dari kejauhan, ‘Ya Allah nih istri padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya itu, aku baru dipukul, ada KDRT kekerasan dalam rumah tangga’. Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya enggak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan gitu. Tapi istrinya mengatakan, ya Allah aku tuh nangis karena aku rindu sama bapak dan ibu. Suaminya luluh hatinya, istriku itu masyaAllah menyimpan aibku sendiri ya Allah luar biasa. Makin sayang dan cinta suami tersebut,” sambungnya.

BACA JUGA:   Bayi Kelahiran Januari Berpeluang Besar Jadi Bos dan Kaya Raya, Benarkah...?

Atas pernyataan itu, Oki Setiana Dewi menuai kritik dari publik. Banyak orang mengecam kakak dari Ria Ricis itu. Baca di halaman berikutnya.

Simak juga kata psikolog tentang bahaya KDRT, dalam video berikut:

2. Oki Setiana Dewi banjir kritik

Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT lansung menjadi atensi publik. Banyak orang menilai ucapan Oki dapat membuat korban KDRT menjadi segan untuk membela diri mereka.
Pasalnya, warganet menilai bahwa tindakan kekerasan dalam rumah tangga bukan merupakan suatu aib yang harus ditutupi, Bunda.

“Sabar boleh, menutupi aib suami boleh, tapi kalo udah sampai tahap kekerasan itu bukan lagi tentang bagaimana menghargai suami. itu udh berkaitan dengan hak kemanusiaan, ada hukumnya. please lah, jadi istri yg baik bukan berarti lo harus terima kalo badan lo dijadiin samsak suami,” tulis akun @te***.

“Nutup aib suami bukan nutup kdrt dari orang lain. Get help sis, imagine how many women suffering from abusive relationship and endure all the pain just to be obligated to their husband,” kata @se***.

3. Tanggapan Komnas Perempuan

Tak hanya netizen, ceramah Oki Setiana Dewi juga disorot oleh Komnas Perempuan. Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi memberikan pendapat soal isi ceramah tersebut.

BACA JUGA:   Video Hasil Render Burning Laging Macet atau Sendat-sendat

“Dari ceramah itu ada tiga poin, yaitu pertama, tidak masalah suami memukul istri. Kedua, istri tidak boleh menceritakan kekerasan yang dialaminya karena merupakan aib rumah tangga, dan ketiga, tidak mempercayai korban dan menilai dilebih-lebihkan,” kata Siti Aminah Tardi kepada detikcom melalui pesan singkat, Kamis (3/2/2022).

Siti Aminah mengatakan bahwa sebaiknya, Oki Setiana Dewi harus memberikan penjelasan kepada jamaahnya untuk mengerti aturan hukum. Kekerasan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan dalam hukum Islam dan negara, termasuk suami yang menampar istri.

“Lebih banyak korban yang tidak melapor atau bercerita. Korban-korban baik yang melapor ataupun tidak, tidaklah melebih-lebihkan apa yang dialaminya, tapi mencoba mendapatkan keadilan dan pemulihannya termasuk mencari bantuan untuk mendapatkan bantuan dan dukungan,” tuturnya.

Setelah ceramahnya viral, kini giliran Mamah Dedeh yang ikut menjadi sorotan. Ia beberapa kali menyampaikan dakwah tentang KDRT dengan pandangan yang bertolak belakang dari Oki Setiana Dewi.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *