Contoh Struktur Organisasi yang Baik dan Benar

7 Contoh Struktur Organisasi yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya

Dalam sebuah organisasi, tentu diperlukan suatu struktur kepengurusan agar segala urusan organisasi bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya sesuai tujuan.

Setiap anggota akan diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai jabatan masing-masing dan harus mengikuti tatanan yang berlaku.

Penting juga bagi sebuah organisasi untuk memiliki struktur organisasi dengan tujuan memperjelas alur kerja dan jabatan.

Nah, berikut ini akan Mamikos bagikan beberapa contoh struktur organisasi yang baik dan benar sebagai referensi untuk organisasi kamu.

Informasi Terbaru Contoh Struktur Organisasi yang Baik dan Benar

Apakah organisasi kamu sedang bingung merumuskan struktur organisasinya? Jika iya, kamu mungkin membutuhkan beberapa referensi berupa contoh struktur organisasi lain.

Perlu kamu ketahui bahwa sebuah struktur organisasi harus dibuat sejelas mungkin agar tugas, tanggung jawab, dan alur komunikasi bisa berjalan dengan tata aturan yang telah dibuat.

Berikut akan MindaFilm.com rekomendasikan 7 contoh struktur organisasi yang baik dan benar yang bisa kamu jadikan referensi untuk organisasimu.

Mengenal Pentingnya Struktur Organisasi

Sebelum membahas tentang contoh-contoh struktur organisasi, Mamikos akan terlebih dahulu menjelaskan seputar pentingnya sebuah struktur organisasi.

Pada dasarnya, struktur organisasi merupakan diagram yang menunjukkan rantai perintah, hubungan pekerjaan, tanggung jawab, rentang kendali dan pimpinan organisasi berfungsi sebagai kerangka kerja dan tugas pekerjaan yang dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara formal.

Melalui struktur organisasi, kamu bisa melihat alur perintah yang mengindikasikan jabatan pekerjaan yang wajib dipertanggungjawabkan oleh tiap anggota organisasi.

Dengan menyusun struktur organisasi, kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana pembagian kerja dan bagaimana fungsi serta kegiatan yang berbeda dapat dikoordinasikan dengan baik.

Kamu juga bisa mengetahui spesialisasi dari suatu jabatan, saluran perintah, hingga penyampaian laporan.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bahwa tidak ada tumpang tindih jabatan, wewenang, maupun tanggung jawab yang diemban oleh masing-masing anggota organisasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari adanya sebuah struktur organisasi.

Fungsi Sebuah Struktur Organisasi

1. Memberikan Kejelasan Tanggung Jawab

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, setiap anggota organisasi pasti akan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Dalam konteks tersebut, struktur organisasi berfungsi untuk memberikan kejelasan tentang tanggung jawab tersebut.

Tujuannya adalah agar tidak terjadi tumpang tindih jabatan serta tanggung jawab anggota.

2. Menjelaskan Kedudukan Dan Koordinasi Antar Anggota

Struktur organisasi juga berfungsi sebagai penjelas kendudukan serta posisi tiap anggota organisasi. Dengan begitu, bagan struktur organisasi juga akan mampu memperjelas alur komunikasi agar tercipta koordinasi yang baik antar anggota organisasi.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahpahaman dan tugas bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, struktur organisasi juga bisa berfungsi sebagai dasar untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dan membutuhkan komunikasi antar jabatan bersangkutan.

3. Menunjukkan Jalur Hubungan Anggota

Selanjutnya, struktur organisasi juga berfungsi sebagai penjelas suatu jalur hubungan antar anggota. Dalam melaksanakan tugasnya masing-masing, setiap anggota organisasi harus bisa terlihat dengan jelas.

Tujuannya adalah agar pekerjaan bisa dilaksanakan secara lebih efisien dan mampu memberikan keuntungan bagi anggota organisasi.

4. Sebagai Pengendalian dan Pengawasan

Terakhir adalah fungsi struktur organisasi sebagai pengendalian dan pengawasan. Dengan struktur organisasi, jabatan yang lebih tinggi akan mampu melakukan pengendalian dan pengawasan kepada anggota dengan jabatan yang berada di bawahnya.

Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kinerja para anggota dan menilai apakah mereka mampu mengerjakan tugas, fungsi, dan tanggung jawab masing-masing dengan baik.

Daftar Lengkap Contoh Struktur Organisasi yang Baik dan Benar

Nah, sekarang sudah jelas pentingnya memiliki struktur organisasi? Untuk kamu yang tergabung dalam suatu organisasi dan belum memiliki struktur yang jelas, maka ada baiknya jika kamu membuat struktur organisasi bersama anggota yang lain.

Setiap organisasi seharusnya memiliki struktur yang jelas agar pembagian kerja, jabatan, dan tanggung jawab juga menjadi jelas, baik itu perusahaan, organisasi nirlaba, hingga organisasi kelas.

Berikut ini adalah daftar lengkap 7 contoh organisasi yang bisa kamu coba terapkan jika organisasi kamu belum memiliki struktur.

1. Contoh Struktur Organisasi Sekolah

Contoh struktur organisasi yang pertama adalah untuk organisasi sekolah. Contoh struktur organisasi sekolah yang Mamikos berikan di atas adalah struktur kepengurusan sekolah yang dimulai dari kepala sekolah hingga siswa.

Dalam contoh di atas, dapat dilihat bahwa terdapat pembagian jabatan yang jelas beserta garis koordinasinya. Hal tersebut sangat memudahkan setiap anggota organisasi untuk mengetahui tanggung jawab serta alur komunikasi yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu urusan.

Beberapa jabatan yang sekiranya ada di dalam organisasi sekolah seperti contoh meliputi:

– Kepala Sekolah
– Komite Sekolah
– Kepala Tata Usaha
– Wakil Kepala Sekolah (Bidang Kurikulum, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana atau Humas)
– Staf
– Koordinator
– Guru
– Siswa

2. Contoh Struktur Organisasi Sederhana

Selanjutnya adalah contoh struktur organisasi sederhana yang bisa diterapkan di organisasi kecil dengan anggota yang tidak terlalu banyak.

Sama seperti contoh sebelumnya, contoh struktur organisasi di atas juga memberikan pembagian jabatan yang jelas dan telah dilengkapi juga dengan adanya garis koordinasi.

Meskipun sederhana, contoh di atas juga mampu memberikan kejelasan kepada para anggota organisasi akan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh masing-masing jabatan.

Untuk organisasi yang sederhana, kamu tidak perlu merinci terlalu banyak jabatan. Cukup beberapa jabatan vital sebagai pondasi berjalannya kegiatan organisasi. Sesuai contoh, kamu mungkin butuh Ketua, Sekretaris, Bendahara, Kepala Bidang, LitBang, dan anggota.

3. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Sebuah perusahaan tentunya juga sangat membutuhkan sebuah struktur organisasi yang jelas agar bisnisnya bisa berjalan dengan lancar.

Seperti contoh struktur organisasi selanjutnya yaitu untuk organisasi berupa perusahaan kecil.

Dalam contoh struktur organisasi di atas, dapat dilihat bahwa ada pembagian jabatan yang lebih spesifik untuk para anggotanya.

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui tugas serta lingkup pekerjaan dari masing-masing jabatan di perusahaan tersebut.

Nah, beberapa jabatan yang sekiranya harus ada untuk sebuah organisasi perusahaan bisa menjalankan aktivitasnya adalah sebagai berikut.

– Direksi
– Direktur Utama
– Direktur Umum, Bagian Keuangan, dan Personalia
– Manajer
– Anggota Divisi

4. Contoh Struktur Organisasi Komunitas

Nah, kalau contoh struktur organisasi yang satu ini akan sangat cocok untuk diterapkan di suatu komunitas tertentu.

Berbeda dengan struktur organisasi perusahaan yang terkadang cukup formal, struktur organisasi suatu komunitas biasanya lebih fleksibel.

Setiap anggota organisasi bisa membatu satu sama lainnya meskipun mereka tidak berada di lingkup jabatan yang sama.

Meski begitu, setiap anggota organisasi tidak melupakan tanggung jawab utama yang diberikan kepada masing-masing dari mereka.

Dibandingkan organisasi sederhana, struktur organisasi dari komunitas biasanya lebih kompleks. Semakin besar suatu komunitas biasanya akan semakin banyak jabatan penting yang dibutuhkan. berikut beberapa contohnya.

– Pembimbing Komunitas
– Ketua dan Wakilnya
– Sekretaris dan Bendahara
– Ketua Seksi
– Bagian Humas
– Anggota Komunitas

5. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Dagang

Selanjutnya adalah contoh struktur organisasi dari suatu perusahaan dagang yang cukup besar.

Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa pembagian jabatan lebih spesifik lagi dibandingkan dengan struktur organisasi perusahaan kecil.

Selain itu, kamu mungkin juga dapat melihat bahwa garis koordinasi yang ada juga lebih rumit atau kompleks.

Namun, hal tersebut justru mempermudah koordinasi antar anggota karena mereka akan mengetahui harus berurusan dengan siapa untuk suatu pekerjaan yang lebih spesifik.

Seperti yang bisa dilihat pada contoh, jabatan yang ada di dalam suatu organisasi perusahaan dagang biasanya lebih kompleks terutama perusahaan yang sudah besar.

Melihat dari contoh, berikut adalah beberapa struktur kepengurusan yang dibutuhkan di suatu organisasi dagang.

– Pemegang Saham
– Dewan Komisaris
– Komite
– Direktur
– Kepala Unit dan Manajemen
– Anggota

6. Contoh Struktur Organisasi Kelas

Di dalam kelas pun kamu juga tentunya membutuhkan suatu struktur organisasi.

Berikut ini adalah salah satu contoh struktur organisasi yang bisa diterapkan untuk kepengurusan suatu kelas di sekolah.

Kamu bisa menuliskan setiap jabatan beserta dengan namanya, mulai dari wali kelas hingga nama-nama anggota kelas.

Tidak harus formal, kamu juga bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan menghiasnya seperti majalah dinding dan memajangnya di dalam kelas.

Jabatan yang ada di dalam suatu organisasi kelas biasanya tidak terlalu banyak mengingat bahwa urusannya juga tidak banyak.

Beberapa jabatan yang mungkin harus ada di antaranya seperti Ketua Kelas dan Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota.

7. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Industri

Terakhir adalah contoh struktur organisasi kantor pusat dari salah satu perusahaan industri keuangan yang juga besar.

Seperti contoh struktur organisasi perusahaan dagang, contoh yang satu ini juga memiliki pembagian jabatan yang sangat detil dan spesifik.

Tak lupa juga garis koordinasi yang sangat kompleks namun mampu menjelaskan alur komunikasi antar jabatan dengan baik.

Untuk menjelaskan apa yang tidak tercantum di dalam bagan, kamu bisa menambahkan catatan kecil di bagian yang kosong seperti contoh di atas.

Hampir serupa dengan perusahaan dagang, struktur organisasi perusahaan industri juga terdiri atas beragam jabatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

– Pemegang Saham
– Dewan
– Direktur Utama
– Direktur Bagian
– Kepala Divisi
– Anggota

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan untuk beberapa contoh struktur organisasi yang baik dan benar.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa memiliki sebuah struktur organisasi yang baik dan benar itu memang penting bagi suatu organisasi.

Baik itu organisasi kecil maupun organisasi besar, kamu tetap wajib memiliki struktur organisasi untuk mempermudah segala urusan dan pekerjaan yang ada di dalam organisasi.

Sebagai permulaan, buatlah sebuah struktur organisasi sederhana terlebih dahulu dan kamu serta organisasimu bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan ke depannya.

Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

 2,826 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *