Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 10 Jurusan IPS dengan Gaji Tinggi

Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 10 Jurusan IPS dengan Gaji Tinggi

MINDAFILM.COM – Untuk kamu anak IPS yang ingin mencari jurusan-jurusan yang memiliki gaji tinggi bisa disimak 10 jurusan IPS bergaji tinggi sebagai bahan pertimbangan nanti ketika ingin masuk perguruan tinggi.

Memilih jurusan kuliah itu terkadang gampang-gampang susah. Ada yang bilang perlu disamakan dulu dengan minat dan bakat sehingga kecocokan itu bisa membuat semangat belajar sampai lulus di jurusan yang sesuai passion kita itu.

Atau ada juga yang memilih jurusan dengan mempertimbangkan prospek kerja yang menjanjikan serta bergaji tinggi agar ketika lulus nanti bisa mandiri secara finansial. Dengan gaji tinggi kita tidak lagi merepotkan orang tua bahkan bisa membahagiakan mereka dengan gaji yang kita raih.

Melansir laman aplikasi pendaftaran kuliah GoKampus di gokampus.com, Senin (18/10/2021), GoKampus telah merangkum 10 jurusan IPS dengan gaji tinggi. Berikut ini daftarnya:

1. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah IPS dengan gaji tinggi yang pertama adalah Hubungan Internasional. Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan kuliah IPS yang paling bergengsi.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Cakupan ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini juga sangat beragam, mulai dari globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, gerakan sosial global, hukum internasional, hak asasi manusia, hingga konflik etnik.


Jenis pekerjaan yang bisa diilih setelah lulus dari jurusan kuliah anak IPS yang satu ini juga sangat beragam dan tentunya bergaji lumayan tinggi meskipun masih berada di entry level.

Umumnya, lulusan Hubungan Internasional bekerja menjadi seorang Diplomat dan menempatkan diri di Kementerian Luar Negeri RI. Selain itu, masih ada banyak pilihan karir yang bisa kamu coba seperti Politisi, Eksportir, Konsultan Pendidikan, Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri, dan beragam pilihan karir lainnya.

2. Jurusan Hukum

Jurusan Hukum juga bisa masuk ke jurusan IPS dengan gaji tinggi. Sesuai sama nama jurusannya, mahasiswa juga akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan sistem hukum dan kehidupan masyarakat.

Mahasiswa juga akan mempelajari seputar perundang-undangan, termasuk hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) dan hukum internasional yang cakupannya cukup luas.


Jadi, mau tidak mau nantinya mahasiswa harus bisa mengasah kemampuan menghafal karena ada banyak sekali aturan dan hukum yang harus diketahui.

Pilihan karir dari jurusan Ilmu Hukum memang sangat beragam, tetapi beberapa di antaranya mengharuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 maupun profesi. Seperti misalnya menjadi seorang pengacara, maka harus melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan IPS dengan gaji tinggi berikutnya adalah jurusan Ilmu Komunikasi, di mana perlu diketahui bahwa jurusan Ilmu Komunikasi merupakan hal yang penting di seluruh kehidupan aspek manusia.

Di jurusan Ilmu Komunikasi ini, mahasiswa akan mempelajari seluruh tingkatan komunikasi di jurusan ini. Beberapa di antaranya adalah komunikasi individu, media, periklanan, komunikasi media massa, komunikasi antar budaya, hingga hal-hal lain yang masih berkaitan dengan komunikasi.


Pekerjaan yang paling umum biasanya dikerjakan oleh para lulusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi seorang public relation, tetapi bisa juga memilih untuk terjun ke bidang periklanan, pemasaran, hingga penyiaran.

Source: SindoNews &  Minda.TV

 4,911 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *