5 Fakta Reza Arap Putuskan Pindah Agama, Nomor 4 Bikin Merinding

Reza Oktovian atau yang disapa Reza Arap sempat membuat geger publik lantaran membeberkan identitasnya termasuk keyakinannya.

Ia secara blak-blakan mengaku sebagai seorang ateis padahal sebelumnya Reza Arap besar dengan ajaran agama Islam. Lantas, bagaimana kisahnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Orang Tua Beda Agama

img_title
Foto : YouTube/Daniel Mananta Network
Reza Arap diketahui besar dengan orang tua yang berbeda keyakinan. Ibunya memeluk agama Islam sedangkan ayah Reza penganut agama Kristen. Hal inilah yang membuatnya belajar tentang dua agama tersebut.

Sayangnya, ayah Reza memilih untuk meninggalkannya sejak ia masih kecil. Reza akhirnya dibesarkan dengan ajaran agama Islam mengikuti sang ibu.

Hapus kata Muhammad dari Namanya


Lebih lanjut, Reza Arap ternyata memiliki nama lengkap yakni Muhamad Reza Oktovian. Namun, Reza kemudian menghapus kata ‘Muhammad’ dari namanya itu. Menurutnya, kata tersebut tidak pantas untuknya.

“Karena itu nama pemberian dari nyokap gua, gua enggak pernah memilih untuk punya nama itu. Tentu gue merasa terbebani dengan nama itu karena segala yang ada di tubuh gue, perilaku gue, pekerjaan gue, banyak lah. Gue merasa tidak layak menerima nama itu,”ucap Reza Arap kepada Deddy Corbuzier.

Jadi Ateis

img_title
Foto : Instagram/@ybrap
Walau diajarkan tentang ajaran agama Islam, Reza Arap justru menempuh pendidikannya di sekolah berbasis Kristen. Ia sekolah di sekolah non-muslim dari TK hingga akhir SMA. Hal ini yang membuat Reza Arap mengerti tentang dua agama sekaligus yakni Islam dan Kristen.

Uniknya, ia ternyata juga mempelajari agama lain yakni Hindu dan Buddha. Merasa sudah mempelajari semua agama, Reza Arap justru memutuskan untuk menjadi seorang ateis. Keputusannya ini pun tidak dilarang oleh ibunya.

“Gua juga punya right untuk memilih sebagai seorang manusia. Dia (ibunya) enggak pernah ngelarang gua mau masuk agama apa mau gapeduli dia,” ucap Reza.

Tidak Percaya Tuhan

img_title
Foto : Instagram/@ybrap
Reza Arap ternyata memiliki alasannya tersendiri hingga memutuskan untuk menjadi seorang ateis. Alasannya itu karena ia tidak merasakan keberadaan Tuhan walau sudah belajar beberapa agama. Ia bahkan blak-blakan menanyakan sosok Tuhan kepada publik.

“Gue tidak menyebut Agnostik, orang gue tidak memilih apa-apa. Apa Tuhan ada?” kata Reza

Putuskan Masuk Buddha

img_title
Foto : Instagram/@ybrap
Usai membeberkan menjadi seorang ateis, Reza Arap akhirnya memutuskan untuk mendalami agama Buddha mengikuti keyakinan istrinya, Wendy Walters.

Ia bahkan mempelajari lebih dalam agama Buddha dan belajar tentang kitab suci Buddha secara khusyuk. Istri Reza, Wendy mengatakan hal tersebut berasal dari niat Reza sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun.

“Dia udah agama Buddha dari lama kok. Secara sah di mata agama dan hukum. Kita dari awal sih nggak pernah bahas agama sama sekali, cuma pas dia udah komitmen mau ke tahap selanjutnya, tiba-tiba dia yang ngomong mau ke Buddha,” ucap Wendy.

“Dia yang pelajarin sendiri, baca-baca, sampai tanya ke Viara dan tanya-tanya Suhu dan Bhiiksu. Udah macam cari kitab suci sendiri, tapi ini benar-benar dia dari hati dia yang mau agama Buddha. Aku enggak pernah suruh dia ikut. Are you guys know, dia dari awal memang senang belajar agama apapun,” tutup Wendy Walters soal agama Reza Arap.

 3,129 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *