Persyaratan Nikah Siri

Syarat dan Hukum Nikah Siri – 7 Alasan Kenapa Seseorang Nikah Siri

Akhir-akhir ini fenomena pernikahan siri online semakin banyak diperbincangkan di masyarakat terutama warganet karena menimbulkan kontroversi dari berbagai kalangan.

Hal ini membuat sebagian besar orang ‘penasaran’ dan iseng mencari informasi, dan yang paling mudah adalah secara online.

Apakah Nikah Siri Boleh Tinggal Serumah?

Adanya pro kontra tentang pernikahan siri, sebab pernikahan tanpa melibatkan lembaga resmi kadang menuai masalah di kemudian hari, yang bisa membuat pelakunya akan merasa terbebani.


Padahal menurut UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, pada bab 1 pasal 2 ayat 2, sudah jelas-jelas disebutkan bahwa:

Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penjelasan Tentang Nikah Siri

Apakah nikah siri itu? Apa hukumnya kalau orang nikah siri? Apakah Nikah Siri Boleh Tinggal Serumah?

Arti atau Pengertian nikah siri

Nikah siri artinya adalah pernikahan yang dilakukan secara diam-diam tanpa diketahui orang banyak. Ada yang dicatat memang, tapi harus dipastikan kalau itu benar-benar tercatat di catatan sipil.

Hukumnya Nikah Siri

Hukum nikah siri ini sendiri secara agama Islam apabila cukup syarat dan rukunnya maka SAH. Namun bukan nikah secara diam-diam atau sembunyi dari keluarga atau istri!  Kalau di Malaysia secara Hukum dari Pihak Jabatan Agamanya malah justru disahkan tidak perlu minta izin istri.


Tapi jangan negatif thinking dulu, sebelum berjalan kemana-mana ‘prewedding’ yang mana hal ini sering dijadikan peluang atau kesempatan curi start, alangkah lebih baik apabila nikah dulu secara syar’i atau agama sebelum di KUA dan secara publik atau besar-besaran nantinya, dengan syarat wali yang SAH dan saksi-saksi yang SAH, tidak masalah.

Nikah Siri online

Banyak jasa nikah siri yang bertebaran secara online. Harap waspada dan hati-hati. Resiko Tanggung sendiri.

Persyaratan Nikah Siri

Persyaratan Nikah siri tergolong mudah, tapi selain itu rukun-rukun nikah harus tetap terpenuhi.
1. Calon mempelai harus memenuhi lima rukun nikah
2. Bagi calon mempelai pria tidak boleh memiliki empat istri
3. Wali dari mempelai wanita telah memberikan izin
4. Nikah siri tidak boleh dilakukan secara sembunyi-sembunyi

Meski tata caranya lebih simpel ketimbang pernikahan resmi yang dicatat oleh KUA, nikah siri tetap tidak diperkenankan dilaksanakan secara sembunyi-sembunyi dari keluarga mempelai wanita.


Apalagi jika wali sahnya masih hidup, penunjukan wali hakim tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apabila dalam kondisi mendesak wali sah tidak dapat menikahkan, maka penunjukkan wali hakim harus diketahui dan atas seizin wali sah.
5. Nikah siri tidak dilakukan secara terpaksa
6. Tidak dilakukan dalam keadaan ihram atau umrah
7. Status pernikahan siri tetap tidak sah di mata hukum

Walau sah di sisi syariat atau agama, namun pernikahan siri statusnya tetap tidak sah di hadapan hukum negara. Jadi sebaiknya segera urus ke KUA.

Pernikahan mereka tidak tercatat di Kantor Urusan Agama, dan bisa berimbas pada dokumen-dokumen negara yang terkait seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, hingga akta kelahiran anak nantinya.


Itu dia tujuh syarat dalam pelaksanaan nikah siri yang penting untuk diketahui. Menurutmu lebih baik menikah siri atau melangsungkan pernikahan resmi?

Syarat Nikah Siri ke Nikah Resmi KUA
Syarat Nikah Siri Janda Tanpa Sepengetahuan Keluarga
Syarat Nikah Siri Bagi Pria Beristri
Syarat Nikah Siri Dengan Wali Hakim

Cara Nikah Siri

Biasanya yang akan menikah siri itu

Biaya nikah siri

Mengurus Nikah Siri ke Kua

cara nikah siri tanpa penghulu

Alasan Nikah Siri

Ada berbagai macam alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menikah siri. Di antaranya:

1. Menghindari perbuatan asusila

Meski alasannya tak selalu benar, nikah siri memang sering dijadikan jalan pintas bagi pasangan kekasih untuk menghindarkan diri dari perbuatan asusila.
Daripada tergoda melakukan dosa, mereka lebih memilih menikah siri karena dianggap sebagai solusi yang paling baik bagi kedua belah pihak.

2. Ingin serba praktis

Nikah siri sering dijadikan alasan bagi segelintir orang. Karena dianggap lebih praktis dan tidak harus repot mengurusi surat-surat persyaratan pernikahan yang dianggap berbelit-belit.
Meski tidak terdaftar dalam dokumen negara, pasangan yang menikah siri sudah bisa merasa lebih tenang. Karena sudah dianggap menjadi pasangan resmi oleh agama dan penduduk setempat.

3. Terganjal restu orangtua dan keluarga besar

Karena hubungan sepasang kekasih tidak direstui oleh orangtua dan keluarga besar, nikah siri sering dijadikan pembenaran saat seseorang sudah merasa siap menikah namun tidak didukung oleh keluarga.


Biasanya, nikah siri yang mereka lakukan dilakukan secara diam-diam dan tanpa diketahui kerabat-kerabat dekat. Biasanya sih hanya dihadiri saksi-saksi yang dianggap sah menurut hukum agama.

4. Terjepit masalah ekonomi

Karena biaya pernikahan menghabiskan biaya yang tidak murah, banyak pasangan kekasih lebih memilih menikah siri karena dianggap bisa lebih mengurangi biaya pengeluaran.
Daripada berhutang sana-sini demi sebuah pernikahan mewah, mereka lebih memilih nikah siri dengan acara yang sederhana dan hanya mengundang beberapa kerabat dekat.

5. Menghindari fitnah

Daripada menjadi bahan perbincangan orang banyak karena sering terlihat jalan berdua, banyak pasangan lebih memlilih meresmikan hubungannya melalui nikah siri untuk menghindari fitnah. Meski hanya nikah siri, mereka sudah bisa bernapas lega. Karena tidak lagi mendapat cibiran-cibiran negatif dari masyarakat tentang status hubungan keduanya.

6. Ingin melakukan poligami

Meski sudah memiliki istri yang cantik, ada saja sebagian suami ‘genit’ yang tergoda dengan perempuan lain dan nekat melakukan praktik poligami dengan berbagai alasan. Saat seorang suami ingin melakukan poligami sementara istri tidak menyetujui, nikah siri sering dijadikan jalan keluar paling efektif bagi seorang suami untuk meresmikan hubungannya.

7. Mengantisipasi adanya masalah di kemudian hari

Tak ada satu orang pun bisa menebak kejadian di kemudian hari. Ketika seseorang melakukan nikah siri, dan ternyata di kemudian hari mereka tertakdir untuk bercerai, maka kedua belah pihak tidak bisa menuntut hak apa pun menurut hukum. Karena status pernikahan mereka tidak terdaftar oleh negara.


Nikah siri hanya merupakan jalan darurat bagi pasangan kekasih yang ingin meresmikan hubungannya. Namun, alangkah baiknya jika hubungan diresmikan oleh negara melalui sebuah ikatan pernikahan yang suci.

Biaya Nikah Siri

Nominal tarif biaya pernikahan siri dengan penghulu nikah siri biasanya beragam tarifnya antara satu dg yg lainnya. Tidak ada pakem yg pasti untuk dapat menentukan berapa nominal biaya tersebut.

Namun selama ini paling murah biaya Nikah Siri biasanya adalah sekitar Rp 6.000.000,- an. (Wajib DP Minimal 50%).


Jika mengundang ke tempat Anda biasanya dikenakan biaya transportasi dengan besaran tergantung jarak lokasi.

Related Search: nikah siri adalah, biaya nikah siri,  cara nikah siri,  persyaratan nikah siri,  hukumnya nikah siri,  nikah siri artinya,  nikah siri online,  cara menghadapi suami yang nikah siri, cara menceraikan istri nikah siri, biaya nikah siri, kewajiban setelah nikah siri,

 321 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *